Implementasi pengelolaan gugus sekolah dasar sebagai wadah pembinaan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan (studi multisitus pada tiga Gugus Sekolah Dasar di Kota Malang) / Agung Suprihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pengelolaan gugus sekolah dasar sebagai wadah pembinaan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan (studi multisitus pada tiga Gugus Sekolah Dasar di Kota Malang) / Agung Suprihatin

Suprihatin, Agung (2014) Implementasi pengelolaan gugus sekolah dasar sebagai wadah pembinaan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan (studi multisitus pada tiga Gugus Sekolah Dasar di Kota Malang) / Agung Suprihatin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suprihatin Agung. 2014. Implementasi Pengelolaan Gugus Sekolah Dasar sebagai Wadah Pembinaan Kemampuan Profesional Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Multisitus pada Tiga Gugus di Kota Malang). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd (III) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. Kata Kunci gugus sekolah dasar pengelolaan gugus pembinaan kemampuan 12288 professional dan sekolah dasar. 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam rangka memberikan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan dengan menekankan bantuan pelayanan profesi sesuai dengan kebu-tuhan di lapangan dibentuklah Gugus Sekolah Dasar sebagai wadah pelaksanaan sistem pembinaan profesional. Agar dapat berfungsi sebagai wadah pembinaan secara efektif maka Gugus harus dikelola dengan baik dan ditumbuhkembangkan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan pengelolaan gugus Sekolah Dasar sehingga mampu meningkatkan profesionalime pendidik dan tenaga kependidikan. Secara khusus bertujuan mendeskripsikan perencanaan pengembangan model pengorganisasian pihak yang terlibat dalam manajemen faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan kegiatan dan prosedur pengawasan dan evaluasi program pada gugus. 12288 12288 12288 12288 Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan studi multisitus data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara studi dokumen-tasi dan observasi pada Gugus 4 Kecamatan Kedungkandang Gugus 2 Kecamatan Sukun dan Gugus 2 Kecamatan Blimbing. Analisis data meliputi analisis situs individu dan lintas situs. Pengecekan keabsahan data dengan uji validitas meliputi (1) kredibilitas mencakup observasi terus-menerus triangulasi sumber data dan metode dan pengecekan anggota diskusi teman sejawat serta pengecekan kecukupan referensi (2) dependabilitas dan (3) konfirmabilitas. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian sesuai fokus pertama perencanaan pengembangan gugus meliputi Rencana Pengembangan Gugus (RPG) program tahunan gugus program tahunan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) perumusannya mengacu pada dokumen perencanaan yang lebih tinggi melibatkan pembina dan pengurus serta mengakomodasi kebutuhan pembinaan kemampuan profesional anggota yang menjadi sasaran programnya. Kedua unsur utama kepengurusan gugus meliputi pembina administratif dan teknis ketua sekretaris dan bendahara gugus yang ditentukan berdasarkan penetapan dan pemilihan serta masing-masing menjalankan peran fungsi sesuai dengan ketentuan dalam pedoman pengelolaan gugus Sekolah Dasar. Sekolah Inti dan Imbas yang memiliki kedudukan setara dan hubungan kolaboratif. Wadah pembinaan kemampuan profesional utama di dalam gugus adalah KKKS dan KKG yang bermitra dan berkolaborasi dalam mendukung pencapaian tujuan gugus sedangkan wadah pembinaan penunjang adalah Paguyuban Penjaga Sekolah dan Paguyuban/Forum Komite Sekolah. Ketiga seluruh anggota gugus terlibat dalam pengelolaan gugus sebagai pengurus donatur atau sponsor dan anggota atau peserta. Pihak eksternal yang terlibat adalah unsur pemerintah dan non-pemerintah sebagai pembina nara sumber donatur alat/bahan dan dana kegiatan sharing/ peminjaman alat/bahan kegiatan. Keempat keberhasilan kegiatan gugus ditunjang oleh SDM internal yang memiliki kompetensi sikap dan perilaku positif terhadap bidang tugasnya kemampuan melakukan inovasi dan hubungan personal yang baik juga SDM eksternal yang berkomitmen melakukan pembinaan rutin terprogram dan inovatif serta monitoring berkala. Faktor sumber daya lain yang menunjang keberhasilan kegiatan gugus meliputi sumber daya fisik atau fasilitas finansial dan sistem atau struktur organisasi. Kelima pengawasan internal program gugus dilakukan oleh ketua gugus secara kontinyu dan melekat pada setiap proses evaluasinya dilaksanakan secara periodik pada setiap akhir program atau semester dengan melibatkan seluruh pengurus gugus. Pengawasan eksternal dilakukan oleh pembina pada setiap kesempatan pembinaan dan evaluasinya dilakukan pada pembinaan akhir atau awal semester yang dihadiri seluruh anggota gugus. Hasilnya dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dan acuan pengembangan strategi dan kebijakan periode berikutnya termasuk rekomendasi sebagai tempat studi banding. 12288 12288 12288 12288 Saran-saran bagi Dinas Pendidikan setempat melaksanakan monitoring dan evaluasi terprogram dan terfokus pada manajemen berbasis sekolah dan PAKEM serta memanfaatkan hasilnya bagi kebijakan pembinaan selanjutnya mempromosikan program Gugus kepada masyarakat sekitar untuk mengoptimal-kan tingkat partisipasi. Bagi Gugus yang bersangkutan mempertahankan pola penyusunan program dengan menampung aspirasi kebutuhan anggota dan memadukannya dengan kebijakan pendidikan terbaru mengefektifkan peran Paguyuban Penjaga dan Komite Sekolah dan menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan partner program sharing Gugus. Bagi sekolah anggota Gugus berperan aktif dalam setiap kegiatan Gugus mempertahankan model diseminasi dari tingkat Gugus ke KKG mini secara rutin dan terprogram dan mengimple-mentasikan dan mengembangkan hasil kegiatan tingkat Gugus di sekolah masing-masing. Bagi para pendidik di lingkup Gugus berperan aktif dalam pertemuan KKG tingkat Gugus maupun KKG mini dan menerapkan dan mengembangkan hasil pertemuan KKG tingkat Gugus maupun KKG mini dalam proses belajar mengajar. Bagi peneliti lain temuan penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam penelitian serupa dengan situs fokus atau pendekatan berbeda. Bagi partner program sharing gugus hendaknya mempertahankan komitmen dan lebih proaktif dalam mendukung keterlaksanaan program sharing gugus dan bila memungkinkan dikembangkan lagi melalui program Parents Day dan Balas Budi .

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63931

Actions (login required)

View Item View Item