Peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Susilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Susilawati

Susilawati (2016) Peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Susilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilawati. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas I SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S. Pd. M. Pd (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S. Pd. M. Pd Kata kunci Media Flash Card Keterampilan Membaca Nyaring Sekolah Dasar Berdasarkan hasil obervasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SDN karangrejo 02 ditemukan masih ada siswa yang belum dapat membaca dengan lancar dan ada siswa yang masih mengeja sehingga terhambat kemampuannya untuk membaca dengan lancar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca nyaring dengan menggunakan media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN Karangrejo 02 dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi membaca nyaring pada siswa kelas 1 yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dengan mengumpulkan lembar pengamatan terhadap aktivitas gurudan hasil tes keterampilan membaca siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Pada penelitian ini ditemukan bahwa (1) siswa dapat membaca lancar dengan benar menggunakan media flash card (2) siswa lebih percaya diri membaca teks sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat (3) aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran membaca semakin aktif dan antusias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dalam pembelajaran membaca nyaring yang dilaksanakan oleh guru berjalan dengan lancar semua indikator sudah tampak.Hasil tes keterampilan membaca nyaring pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68 86 dan ketuntasan klasikal 57% atau 17 siswa pada siklus II meningkat menjadi 82 3 dan ketuntasan klasikal 84% atau 25 siswa. Nilai rata-rata hasil tes keterampilan membaca nyaring juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II menjadi 13 44% dengan ketuntasan klasikal sebesar 27%. Berdasarkan uraian di atas peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas 1 SDN Karangrejo 02. Peneliti juga memberikan saran agar penggunaan ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran membaca bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam menggunakan media yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item