Penerapan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan swasta 9studi multi kasus pada Yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Yayasan Pendidikan Islam Al Huda Kediri, dan The Naff Sidoarjo) / Hamam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan swasta 9studi multi kasus pada Yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Yayasan Pendidikan Islam Al Huda Kediri, dan The Naff Sidoarjo) / Hamam

Hamam (2014) Penerapan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan swasta 9studi multi kasus pada Yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Yayasan Pendidikan Islam Al Huda Kediri, dan The Naff Sidoarjo) / Hamam. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hamam. 2013. Penerapan Manajemen Mutu Total pada Lembaga Pendidikan Swasta (Studi Multi Kasus pada Yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri YPI Al Huda Ngadirejo Kota Kediri dan The Naff Sidoarjo Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. H.Ahmad Sonhadji KH M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (III) Prof. Dr.H. Bambang Budi Wiyono M.Pd Kata-kata kunci penerapan manajemen manajemen mutu total lembaga pendidikan swasta. Sebuah penelitian dengan temuan menarik dan cukup mengejutkan pernah dipaparkan oleh dua pakar yaitu Deming dan Juran tahun 1950-an yang diperbaharui tahun 1986. Deming membentuk suatu kerangka implementasi manajemen mutu total yang telah diterapkan pada lingkungan akademik berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari The Air Force Academy.Deming yang secara luas dikenal sebagai Bapak dari gerakan manajemen mutu total dengan konsep 3 C yang berfokus pada Customer (pelanggan) Culture (budaya) dan Capacity (kapasitas) untuk perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab atau mengetahui tentang penerapan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan swasta. Pemilihan lembaga pendidikan swasta karena eksistensi lembaga swasta ditentukan oleh pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Sedangkan keberhasilan ditentukan oleh peran pimpinan dalam mengelola dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan mutu lembaga pendidikan dalam konteks manajemen mutu total pelaksanaan manaje-men mutu lembaga pendidikan dalam konteks manajemen mutu total. Selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen mutu dan diakhiri dengan pola peningkatan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Pada yayasan Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri YPI Al Huda Ngadirejo Kota Kediri dan The Naff Sidoarjo.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi member check dan diskusi teman sejawat. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisikan ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis dalam kasus maupun melalui analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian.Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis konteks. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama perencanaan mutu lembaga pendidikan diawali dengan perumusan visi misi tujuan kemudian merumuskan langkah-langkahnya sesuai dengan komponen manajemen mutu total yaitu produk proses organisasi kepemimpinan dan komitmen. Kedua pelaksanaan manajemen mutu total setiap lembaga mengalami proses yang berbeda sesuai dengan karakter lembaga pendidikan. Ketiga hasil. evaluasi pelaksanaan manajemen mutu digunakan untuk melihat kelebihan dan kekurangan pelaksanaan yang menjadi pijakan untuk peningkatan manajemen mutu total pada lembaga pendidikan. Keempat pola peningkatan manajemen mutu meliputi peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang terdiri atas peningkatan pembelajaran dan reward pembenahan budaya meliputi budaya belajadan dan organisasi peningkatan kapasitas dengan cara pemberian tugas dan workshop. Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah penerapan manajemen mutu total dibutuhkan pemahaman aspek filosofis dalam memaknai atau merespon mutu (quality). Sebab mutu adalah sesuai yang distandarkan (conformance to requirement) yaitu sesuai dengan standar mutu yang telah ditentukan baik input proses maupun outputnya.Selain itu Sallis (2010 54-56) juga menekankan bahwa manajemen mutu total pendidikan umumnya berlandaskan pada kepuasan pelanggan sebagai sasaran utama. Untuk memposisikan lembaga pendidikan sebagai industri jasa harus memenuhi standar mutu yang ditentukan oleh dua faktor yaitu terpenuhinya spesifikasi yang diharapkan menurut tuntutan dan kebutuhan pengguna jasa yang disebut mutu sesungguhnya (quality in fact) dan yang kedua disebut mutu persepsi (quality in perception). Implikasi praktis bahwa lembaga pendidikan yang menerapkan manajemen mutu total sebaiknya memiliki standar yang ditetapkan dalam perencanaan. Standar tersebut meliputi (1) standar produk (2) standar proses (3) standar sarana prasarana (4) standar organisasi dan (5) standar kepemimpinan. Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran yaitu antara lain (1) bagi ketua yayasan dituntut memiliki visi misi dan tujuan yang mendukung perencanaan masa depan untuk mengembangkan mutu yayasan kemudian diikuti oleh komitmen yang kuat dari berbagai pihak mulai dari pimpinan sampai dengan pendidik dan tenaga kependidikan (2) bagi Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan Kementrian Agama memberikan dorongan dan dukungan kepada lembaga pendidikan yang menerapkan manajemen mutu total (3) bagi peneliti berikutnya sebaiknya mengkaji lebih mendalam dengan topik dan fokus pada medan kasus lain untuk memperoleh perbandingan sehingga memperkaya penelitian (4) bagi kemajuan ilmu pengetahuan dapat menyumbangkan pemikiran bahwa penerapan manajemen mutu difokuskan pada pelanggan karena hakekatnya pelanggan adalah raja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63929

Actions (login required)

View Item View Item