Pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah menengah kejuruan swasta di Kota Tricita (studi multisitus pada SMK kalimas, SMK Langsep dan SMK Ranaujajar) / Erwan Yuniardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah menengah kejuruan swasta di Kota Tricita (studi multisitus pada SMK kalimas, SMK Langsep dan SMK Ranaujajar) / Erwan Yuniardi

Yuniardi, Erwan (2014) Pengelolaan pembiayaan pendidikan pada sekolah menengah kejuruan swasta di Kota Tricita (studi multisitus pada SMK kalimas, SMK Langsep dan SMK Ranaujajar) / Erwan Yuniardi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniardi Erwan. 2013. Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kota Tricita (Studi Multisitus Pada SMK Kalimas SMK Langsep dan SMK Ranaujajar). Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A Ph.D. (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci pengelolaan pembiayaan pembiayaan pendidikan SMK swasta Pembiayaan pendidikan yang berhasil ditandai dengan tercapainya efisiensi artinya mendayagunakan sumber-sumber pendidikan yang terbatas dengan pencapaian optimalisasi yang tinggi. Dalam biaya pendidikan efisiensi hanya akan ditentukan oleh ketepatan di dalam mendayagunakan anggaran pendidikan dengan memberikan prioritas pada faktor-faktor input pendidikan yang dapat memacu pencapaian prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran cara pelaksanaan satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan swasta di Kota Tricita yakni SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita dalam hal (1) mengidentifikasi kebutuhan pembiayaan pendidikan di SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita (2) menetapkan kebijakan prioritas pembiayaan pendidikan di SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita (3) menggali sumber-sumber pembiayaan pendidikan di SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita yang meliputi sumber pembiayaan pendidikan dari masyarakat sumber pembiayaan pendidikan dari pemerintah dan sumber pembiayaan pendidikan dari pihak lain (4) langkah-langkah yang dilakukan SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita agar tidak defisit tiap tahun anggaran dan (5) proses pengawasan penggunaan anggaran pendidikan di SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita. Penelitian ini dilakukan di SMK Kalimas Tricita SMK Langsep Tricita dan SMK Ranaujajar Tricita dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Ditinjau dari sudut pandang pengelolaan pembiayaan pendidikan ketiga situs penelitian ini memiliki karakteristik yang sama oleh karena itu rancangan penelitian ini menggunakan rancangan multisitus. Dalam penelitian ini peneliti berusaha memaknai peristiwa serta interaksi dengan orang-orang dari sudut pandang partisipan guna memahami makna yang disusun oleh partisipan dalam aktivitasnya maka digunakan perspektif teoritik dengan pendekatan fenomenologis. Dalam penelitian ini digunakan analisis induksi analitik yang termodifikasi (modified analytic induction). Prosedurnya ditetapkan berdasarkan fokus penelitian. Pengumpulan datanya dilakukan secara berulang-ulang di mana pengumpulan data berikutnya dilakukan dianalisis dan digunakan untuk mengembangkan model deskriptif dari fenomena yang ada pada semua situs. Teori sementara yang dihasilkan melalui pengumpulan data sebelumnya dimodifikasi untuk menghasilkan teori yang lebih mantap. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses identifikasi kebutuhan pembiayaan pendidikan dilandasi oleh program sekolah seluruh pihak yang terlibat berperan serta dengan mengutamakan identifikasi yang berperan langsung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasil perhitungannnya realistis akuntabel dan dapat dipertangungjawabkan untuk diajukan pendanaannya (2) penetapan kebijakan prioritas pembiayaan pendidikan mengutamakan pada peningkatan kompetensi siswa disertai peningkatan sarana prasarana dengan melihat ketersediaan dana sehingga keputusan pembiayaan pendidikan yang diambil dapat diaplikasikan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan yang harus dipenuhi sekolah selama tahun anggaran berjalan (3) sumber pendanaan utama sebagai tulang punggung operasional sekolah berasal dari partisipasi masyarakat sedangkan sumber pendanaan pendukung untuk meningkatkan kualitas program serta sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah berasal dari pemerintah unit produksi yayasan dan dunia industri (4) langkah-langkah yang dilakukan agar tidak defisit tiap tahun anggaran dilakukan dengan menerapkan sistem keuangan yang efektif untuk mencegah arus kas negatif relasi yang baik dengan suplier untuk mendapatkan harga murah di pasaran efisiensi beban operasional untuk mencegah pemborosan dan penyediaan dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga dan (5) proses pengawasan penggunaan anggaran pendidikan melibatkan seluruh stakeholder dalam manajemen sekolah dan dilakukan sesuai dengan kewenangan masing-masing sedangkan penerapan ISO 9001 2008 dilakukan untuk memastikan prosedur manajemen keuangan diaplikasikan sesuai dengan sistem yang telah disepakati bersama. Implikasi dari penelitian ini antara lain (1) pihak sekolah dalam mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhannya secara konsisten akan mengacu pada RAPBS/RKA (2) penetapan kebijakan prioritas pembiayaan pendidikannya menitikberatkan pada hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi siswa (3) mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan yang ada (4) anggaran dikelola secara efisien dan tepat sasaran dan (5) seluruh stakeholder dilibatkan dalam proses pengawasan. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini antara lain (1) bagi sekolah hendaknya menyusun RAPBS/RKA berdasarkan visi dan misi sekolah serta memperluas peran komite sekolah dan dunia industri (2) bagi dinas pendidikan kota hendaknya proaktif terjun ke lapangan dan memperbaiki format Laporan Individu Sekolah (3) bagi direktorat pembinaan SMK hendaknya mencari angka ideal satuan biaya persiswa sesuai dengan karakteristik program keahlian disertai pembuatan format penyusunan laporan keuangan yang fleksibel bisa dipakai oleh sekolah negeri dan swasta untuk semua program keahlian (4) bagi peneliti selanjunya hendaknya mengembangkan penelitian ini pada aspek-aspek lainnya dan mengembangkan suatu model sistem pengelolaan pembiayaan pendidikan yang dapat dijadikan acuan untuk seluruh sekolah terutama SMK dan (5) bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya manajemen pendidikan hendaknya dikembangkan formula perhitungan yang khas yang betul-betul mencerminkan situasi yang dihadapi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63927

Actions (login required)

View Item View Item