Hubungan kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, profesionalisme dosen, dan Organization Citizenship Behavior (OCB) dengan kinerja dosen PTS di Kota Samarinda / La Ode Hasiara - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, profesionalisme dosen, dan Organization Citizenship Behavior (OCB) dengan kinerja dosen PTS di Kota Samarinda / La Ode Hasiara

Hasiara, La Ode (2013) Hubungan kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, profesionalisme dosen, dan Organization Citizenship Behavior (OCB) dengan kinerja dosen PTS di Kota Samarinda / La Ode Hasiara. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasiara La Ode 2013. Hubungan Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi Kepri badian Profesionalisme Dosen dan Organization Citizenship Behavior (OCB) dengan Kiner ja Dosen PTS di kota Samarinda. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Son hadji. K.H. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (III) Prof. Dr. H. Bam bang Budi Wiyono M.Pd. Kata kunci kepuasan kerja komitmen organisasi kepribadian profesinalisme organization citizen ship behavior kinerja dosen. Perguruan tinggi swasta (PTS) sebagai mitra perguruan tinggi negeri (PTN) me mi liki keduduk an yang setara setelah dikeluarkannya PP No.30 Tahun 1990 ten tang pen di di kan Tinggi. Tujuan pember lakuan peraturan tersebut menun jukkan bahwa tanpa PTN dan PTS pendidikan di Indoesia tidak berjalan secara mak simal. Hanya unsur yang paling mem bedakan adalah adannya Badan Penye leng gara PTS (BP-PTS) yang berupa Yayasan per kumpulan sosial atau badan wa kaf (BW-PTS). Kopertis Wilayah XI PTS sen diri se lama ini merupakan lem baga pendidikan tinggi yang lebih mandiri dalam penyediaan dana sarana dan pra sarana personil pendi dikan dan me ne rima mahasiswa di ban dingkan dengan PTN. Keberadaan Yayasan di PTS ikut berperan serta dalam mencapai efisiensi mana jemen dan ke efek tifan perguruan tinggi swasta. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana kepuasan kerja komitmen organisasi kepribadian pro f esi ona lis me dosen OBC dan kinerja dosen PTS di kota Samarinda (2) mengetahui apakah kepuasan kerja berhubungan langsung dengan kinerja dosen. (3) mengetahui kepuasan kepuasan kerja berhubungan tidak lang sung dengan kiner ja dosen melalui OCB. (4) mengetahui apakah komitmen organi sasi yang berhubungan langsung dengan kinerja dosen.(5) mengetahui apakah komit men organisasi berhubungan tidak langsung deng an kinerja dosen melalui OCB. (6) mengetahui apakah kepribadian berhubungan langsung dengan kinerja dosen. (7) mengetahui kepribadian berhubungan tidak langsung dengan kinerja dosen melalui OCB. (8) mengetahui apakah profesinalisme dosen berhubungan langsung dengan ki ner ja dosen. (9) mengetahui apakah profesional dosen yang berhubungan tidak lang sung dengan kinerja dosen (melalui OCB) dan (10) mengetahui apakah OCB ber hubung an langsung dengan tingkat kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pende katan ini merupakan pendekatan penelitian yang bekerja dengan angka datanya ber wujud bilangan dianalisis menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan atau peng ujian terhadap hipotesis penelitian yang bersifat spesifik dan melakukan prediksi bahwa suatu varia bel tertentu mempengaruhi variabel yang lain nya. Pendekatan kuantitatif men dasarkan kajian prinsip rasional empirik. 12288 12288 12288 12288 Teknik analisis data menggunakan PLS karena PLS tepat untuk dipakai sebagai alat analisis dalam studi ini. Berdasarkan populasi yang tampak pada bab 3 dari disertasi ini selain hal tersebut juga PLS sangat sistematis karena tidak memerlukan populasi maupun sampel besar. Untuk mem berikan gambaran yang jelas tentang perkiraan sampel yang diambil dalam penelitian ini maka dapat dilihat bab 3 dalam penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepuasan kerja berhubungan lang sung dengan kinerja dosen (2) demikian pula kepuasan kerja ber hu bung an tidak langsung dengan kinerja dosen melalui OCB (3) komitmen orga nisasi ber hu bungan lang sung dengan kinerja dosen (4) demikisn pula bahwa komitmen orga nisasi ber hu bungan tidak lang sung dengan kinerja dosen melalui OCB (5) kepribadian berhu bungan lang sung dengan kinerja dosen (6) dan kepribadian berhubungan tak lang sung dengan kinerja dosen melalui OCB (7) Pro fesi onalisme dosen ber hu bung an lang sung dengan kinerja dosen (8) dan profesi onalisme dosen juga pro fesi onalisme dosen ber hu bungan tak langsung dengan kinerja dosen melalui OCB (9) demikian pula dengan OCB menemukan bahwa tidak terdapat cukup bukti bahwa OCB ber hu bungan lang sung dengan kinerja dosen. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan sebelumnya maka saran yang dapat di sampaikan adalah (a) untuk peneliti selanjutnya agar penerapan OCB dapat dila kukan pada objek yang berbeda seperti di lingkungan pemerintah daerah selain pendidikan. Selain hal tersebut juga menambahkan beberapa variabel-variabel lain di ang gap masih kurang dalam penelitian ini (b) penelitian ini hanya terbatas pada lingkup PTS yang ada khususnya di kota Sama rinda Kaliman tan Timur sehingga disarankan kepada peneliti berikutnya un tuk lebih menjangkau di seluruh Wilayah Kalimantan (c) memelihara kepuasan kerja yang telah terbina selama ini diharapkan pim pinan PTS tetap memelihara dan memperhatikan kepusan kerja dosen wa lau pun kepuasan kerja ini tidak diartikan hanya kebutuhan material namun kepuasan kerja dipenaguhi oleh faktor yang lain diantaranya adalah lingkungan kerja hu bungan dengan atasan yang har monis hubungan sesama teman sekerja hubungan dengan balas jasa yang diberikan organisasi (d) memelihara komitmen organisasi yang telah terbina selama ini agar pim pinan orga nisasi dari periode A sampai dengan peride Z komitmen tersebut menjadi per hatian utama selama organisasi tersebut masih hidup dan berkembang (e) kepribadian merupakan modal utama dalam menjalankan berbagai aktivias oleh karena itu secara personal baik pimpinan organisasi maupun persoal pribadi dari masing-masing dosen PTS sangat menentukan kinerja organisasi secara kese lu ruh an (f) profesionalime dosen hendaknya menjadi fondasi utama dalam mengembangkan profei sebagai pengembang ilmu pengeta huan oleh karena itu pemerintah menge luarkan UU guru dan dosen agar guru dan dosen diharapkan memiliki berbagi kompetensi seperti kompetensi pedagogik kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang mantap (g) penelitian ini masih menemukan OCB yang tidak memiliki hubungan langsung dengan kinerja dosen. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti berikut nya agar OCB dikelompokkan dalam beberapa kelompok sehingga dimung kinkan OCB memiliki hubungan langsung jika dosen membentuk tim/kelompok mata kuliah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63921

Actions (login required)

View Item View Item