Manajemen lesson study sebagai teknik supervisi kolegial di Sekolah Menengah Pertama (Studi multi situs di SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Grati, dan SMPN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen lesson study sebagai teknik supervisi kolegial di Sekolah Menengah Pertama (Studi multi situs di SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Grati, dan SMPN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani

Yudiani, Indah (2013) Manajemen lesson study sebagai teknik supervisi kolegial di Sekolah Menengah Pertama (Studi multi situs di SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Grati, dan SMPN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yudiani Indah. 2013. Manajemen Lesson Study sebagai Teknik Supervisi Kolegial di Sekolah Menengah Pertama (Studi Multi Situs di SMPN 1 Pandaan SMPN 2 Grati dan SMPN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan). Desertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. H. A. Sonhadji M.A. Ph.D. (III) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci lesson study supervisi kolegial Sekolah Menengah Pertama 12288 12288 12288 12288 12288 Aktivitas supervisi kolegial guru dilakukan untuk memberi bantuan sesama guru. Lesson study sebagai teknik supervisi kolegial dilakukan dalam rangka meningkatkan kolegialitas dan kerjasama guru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang mengaktifkan kerjasama siswa. Manajemen lesson study diperlukan untuk mendukung terlaksananya supervisi kolegial. 12288 12288 12288 12288 12288 Berkaitan dengan latar belakang tersebut penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan supervisi kolegial berbasis LS yang dilaksanakan di SMPN 1 Pandaan SMPN 2 Grati dan SMPN 1 Gondangwetan (2) mendeskripsikan dan menjelaskan manajemen Lesson Study sebagai teknik supervisi kolegial yang dilaksanakan di SMPN 1 Pandaan SMPN 2 Grati dan SMPN 1 Gondangwetan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi multi situs. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (a) wawancara mendalam (b) observasi berperan serta (c) kajian dokumentasi data yang ditemukan kemudian dianalisis direduksi disajikan dan disimpulkan melalui analisis persitus dan analisis antar situs sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian di tiga situs menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik guru SMPN 2 Grati lebih baik daripada guru SMPN 1 Pandaan dan masih sedikit peningkatannya di SMPN 1 Gondangwetan. Kompetensi kepribadian ditunjukkan dengan kemampuan memberi apersepsi dan kompetensi sosial ditunjukkan dengan kemampuan kerjasama antar guru. Peningkatan kerjasama antar guru yang memuaskan terjadi di SMPN 2 Grati dan di SMPN 1 Pandaan sedangkan di SMPN 1 Gondangwetan menunjukkan masih dalam proses. Kompetensi profesional ditunjukkan dengan penguasaan materi ajar dan motivasi guru dalam lesson study. Motivasi dan penguasaan materi guru SMPN 1 Pandaan dalam melakukan lesson study sangat baik daripada guru SMPN 2 Grati dan SMPN 1 Gondangwetan. Peningkatan kompetensi guru juga berdampak pada tingkat kemandirian dan motivasi belajar siswa. Kemandirian mengalami peningkatan istimewa di situs 2 yaitu SMPN 2 Grati sedangkan situs 1 SMPN 1 Pandaan dan situs 3 SMPN 2 Gondangwetan mengalami peningkatan yang baik. Peningkatan motivasi belajar siswa ditandai oleh sangat antusiasnya perhatian peserta didik terhadap pembelajaran dan membaiknya konsentrasi dan ketekunan siswa selama proses pembelajaran dan keaktifan siswa sangat baik saat mengikuti pembelajaran. Manajemen Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) dilaksanakan di tiga situs dengan tahapan (a) perencanaan dilakukan dengan membentuk tim LSBS dan membuat program kegiatan (b) impelementasi dilakukan dengan plan do dan see dan (c) evaluasi manajemen LS sebagai teknik supervisi kolegial dilakukan dengan mengevaluasi pelaksanaan LS dan memperbaiki program kerja untuk tahun pelajaran berikutnya. 12288 12288 12288 12288 12288 Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) supervisi kolegial dapat dilakukan oleh sesama guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Lesson study dengan tahap plan (perencanaan pembelajaran) do (melaksanakan dan mengobservasi pembelajaran) dan see (diskusi refleksi pembelajaran) sebagai teknik supervisi kolegial tidak hanya mengawasi apakah guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik tetapi juga berusaha mencari jalan keluar terhadap masalah yang ditemukan. Empat kompetensi semakin baik. Kompetensi pedagogik guru ditunjukkan dengan kemampuan membuat RPP membuat LKS mengobservasi siswa memotivasi siswa dan menguasai metode pengajaran dan Kompetensi profesional ditunjukkan dengan penguasaan materi ajar dan motivasi guru dalam lesson study. Kompetensi kepribadian ditunjukkan dengan kemampuan mengadakan open lesson. Kompetensi sosial ditunjukkan dengan kemampuan kerjasama antar guru. Peningkatan kompetensi guru juga berdampak pada tingkat kemandirian dan motivasi belajar siswa. (2) Manajemen LSBS terlaksana dengan baik sehingga teknik supervisi kolegial dapat dilaksanakan dengan baik juga. Kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional guru dalam bentuk merancang dan melaksanakan pembelajaran juga semakin baik. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasar penelitian ini maka disarankan kepada (1) Guru untuk meningkatkan keprofesionalan guru khususnya kompetensi pedagogik. (2) Kepala sekolah/pengawas sekolah untuk melaksanakan manajemen LSBS sebagai teknik supervisi kolegial. (3) Dinas pendidikan kota/kabupaten untuk mendukung dan menjamin keterlaksanaan LSBS. (4) JICA bahwa lesson study dapat digunakan sebagai teknik supervisi kolegial untuk perbaikan proses belajar mengajar. (5) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa lesson study sebagai alternatif pelaksanaan supervisi kolegial. (6) Pengembang manajemen pendidikan bahwa lesson study dapat dijadikan alternatif pelaksanaan supervisi kolegial. (7) Bagi peneliti lain diharapkan mampu mengkaji tentang LSBS dari variabel yang lain sebagai upaya pengembangan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63917

Actions (login required)

View Item View Item