Profil kesalahan dalam mengerjakan soal pengukuran sudut pada siswa kelas III SDN Tumpang 03 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septi Selfia Ajang - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan dalam mengerjakan soal pengukuran sudut pada siswa kelas III SDN Tumpang 03 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septi Selfia Ajang

Ajang, Septi Selfia (2016) Profil kesalahan dalam mengerjakan soal pengukuran sudut pada siswa kelas III SDN Tumpang 03 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septi Selfia Ajang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ajang Septi Selfia. 2016. Profil Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas III SDN Tumpang 03 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata kunci profil kesalahan pengukuran sudut sekolah dasar Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pengukuran sudut dengan satuan baku. Untuk itu peneliti mengadakan penelitian di kelas III SDN Tumpang 03 tentang bagaimana profil kesalahan yang dilakukan siswa kelas III SDN Tumpang 03 dalam menyelesaikan soal pengukuran sudut dengan satuan baku dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pengukuran sudut dengan satuan baku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pengukuran sudut dengan satuan baku dan penyebabnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya dengan validasi instrumen soal tes dan wawancara dengan sumber data siswa kelas III sebanyak 43 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Berdasarkan hasil analisis dari data tes dan wawancara menunjukkan profil kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pengukuran sudut dengan satuan baku antara lain siswa melakukan kesalahan yaitu salah satu kaki sudut tidak sejajar dengan garis nol pada busur derajat siswa melakukan kesalahan dalam menentukan skala sudut siswa melakukan kesalahan yaitu dengan tidak menuliskan satuan sudut. Dari hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pengukuran dengan satuan baku antara lain siswa tidak memahami peraturan dalam mengukur sudut menggunakan busur derajat dan siswa terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan soal pengukuran sudut sehingga siswa kurang teliti dalam menentukan hasil pengukuran pada skala busur derajat. Berdasarkan fakta yang ada dilapangan siswa telah mendapatkan materi tentang mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat namun ketika mengerjakan soal tentang pengukuran sudut dengan satuan baku hanya 2% yang mampu mengerjakan dengan baik dan benar. Saran bagi guru dan peneliti selanjutnya agar membuat soal pengukuran sudut yang bervariasi dan tidak hanya melakukan penelitian dalam satu sekolah saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item