Implementasi manajemen tutorial program pendidikan dasar dalam peningkatan mutu (studi multi kasus di Kab. Bojonegoro, Kab. Ponorogo, Kab. Sumenep, UPBJJ-UT Surabaya) / S. Adi Suparto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen tutorial program pendidikan dasar dalam peningkatan mutu (studi multi kasus di Kab. Bojonegoro, Kab. Ponorogo, Kab. Sumenep, UPBJJ-UT Surabaya) / S. Adi Suparto

Suparto, S. Adi (2013) Implementasi manajemen tutorial program pendidikan dasar dalam peningkatan mutu (studi multi kasus di Kab. Bojonegoro, Kab. Ponorogo, Kab. Sumenep, UPBJJ-UT Surabaya) / S. Adi Suparto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi Manajemen Tutorial Program Pendidikan Dasar Peningkatan mutu (Studi Multi Kasus di UPBJJ-UT Surabaya). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (2) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (3) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd Kata kunci manajemen tutorial pendidikan dasar Universitas Terbuka. Eksistensi implemetasi manajemen tutorial program pendidikan dasar terhadap peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001- 2000 berdampak terhadap pelaksanaan tutorial program pendidikan dasar di Universitas Terbuka Surabaya. Dampak tersebut memiliki nuansa positif bagi pengembangan manajemen mutu. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan Implementasi manajemen tutorial program pendidikan dasar terhadap peningkatan mutu Berdasarkan ISO 9001- 2000 Surabaya yang meliputi (1) perencanaan tutorial (2) pelaksanaan tutorial (3) Monitoring dan evaluasi tutorial di UPBJJ-UT (4) kendala dalam implementasi peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001 2000 terhadap pelaksanaantutorial di UPBJJ-UT. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) observasi peran serta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan 2 (dua) tahap yang mencakup (1) analisis data kasus tunggal (2) analisis data lintas kasus. Pengecekankeabsahan data melalui (1) kredibilitas (2) dependabilitas dan (3) konfirmabilitas (5) diskusi dengan teman sejawat (6) dosen pembimbing. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) program tutorial dalam UPBJJ-UT disusun melalui (a) perencanaan program tutorial dalam pendidikan dasar pimpinan UT perlu melalukan koordinasi dengan tutorial agar rekrutmentutorial sesuai dengan kebutuhan yang ada di kelompok belajar (pokjar) Bojonegoro pokjar Ponorogo dan pokjar Sumenep (b) jadwal kegiatan tutorial dalam UT memerlukan waktu kegiatan tutor diatur secara periodik dan berkesinambungan sebagai upaya peningkatan profesionalisme tutorial yang ada di tiga kelompok belajar tersebut. dan (c) materi kegiatantutorial dalam UPBJJ-UT dibahas sudah sesuai dengan jadwal (2) mekanisme pelaksanaan tutorial diatur melakui (a) pola kegiatan tutor dalam UPBJJ-UT digunakan oleh koordinator pelaksanaharian memberi informasi bagi tutor yang ada ketiga kelompok belajar tersebut (b) strategi kegiatan tutor dalam menyampaikan materi kegiatan menggunakan berbagai macam metode dan (3) keterlibatan tutor dalam UPBJJ-UT menunjukkan bahwa (a) keterlibatan pada kegiatan sebagai tutor dalam UPBJJ-UT dapat ditunjukkan sebagai tutor professional dan mempunyai peranan penting untuk membantu mahasiswa pada ketiga lokasi penelitian yang mengalami kesulitas dalam proses pembelajaran untuk mata kuliah tertentu (c) keterlibatan tutor pada kegiatan UPBJJ-UT akan berpengaruh pada faktor hasil belajar yang menjadi tanggungjawaba serta berperan sebagai penasihat atau tutorial. Kesimpulan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut (1) perencanaan program tutorial pendidikan dasar adalah untuk meningkatkan professional mahasiswa dalam peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001-2000. Dengan program manajemen tutorial kebutuhan mahasiswa yang harus direncanakan akan lebih baik dan efektif (2) pelaksanaan program tutorial untuk meningkatkan profesionalisme mahasiswa (3) monitoring dan evaluasi kegiatan tutorial sesuai dengan pola yang ditetapkan oleh pimpinan UT. (4) implementasi manajemen program tutorial pendidikan dasar berdasar peningkatan mutu ISO 9001-2000 sudah sesuai dengan yang tercantum dalam program kerja UPBJJ-UT Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan temuan penelitian diharapan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yaitu (1) Bagi pemerintah Propinsi Jawa Timur dan UPBJJ-UT di Surabaya dengan lokasi penelitian berikut kelompokbelajar Bojonegoro kelompok belajar Ponorogo dan kelompok belajar Sumenep sebagai bahanpeninjauan kembali beberapa butir aturan yang ada dalam peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001- 2000 untuk disesuaikan dengan kebutuhan.bahan evaluasi (2) Bagi Dinas Pendidikandan Kebudayaan pada umumnya dan kelompok belajar di tiga lokasi penelitian khususnya. Temuan penelitian ini diharapkan dapat dipertimbangkan sebagai salah satu dasar atau masukan dalam pelaksanaan monitoring terhadap manajemen tutorial di pendidikan dasar UT. Dengan demikian ke depan dapat dilakukan tindakan-tindakan perbaikan dan pengembangan ke arah yang lebih efektif guna mencapai tujuan sesuai dengan harapan lembaga UT masyarakat sebagai pengguna dan pemerintah di Surabaya. (3) bagi peneliti lain temuan penelitian ini dapat menambah khasanah pengembangan sehingga dapat evaluasi dan meningkatkan kualitas layanan akademik pada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dan harapan masa depan.(4) Bagi pengembangan ilmuwan manajemen pendidikan tinggi khususnya yang berkenaan dengan implementasimanajemen tutorial pada layanan akademik di UPBJJ-UT dapat lebih ditingkatkan pelayanan kepada mahasiswa. (5) Bagi pelaksana UPBJJ-UT lain yang menyelenggarakan program peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001-2000 dapat dijadikan sebagai rujukan (6) Bagi peneliti lain diharapkan temuan penelitian ini baik temuan fakta (empirik) maupun teorik dapatdipertimbangkan sebagai bahan rujukan bagi yang ingin melakukan penelitian lanjut dengan menggunakan pendekatan rancangan (desain) penelitian yang sejenis dan/atau pendekatan penelitian yang berbeda.(7) Bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Republik Indonesia sebagai input dan bahan pertimbangan dalam memformulasi kebijakan tentang peningkatan mutu serta pola pembinaan melalui sistem peningkatan mutu di UPBJJ-UT. (8) bagi tenaga tutorial dan mahasiswa temuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan proses peningkatan mutu semua komponen baik Supervisor Tutor dan staf di UPBJJ UT perlu partisipasi aktif dan pengembangan keprofesian secara berkesinambungan dan diharapkan pihak-pihak yang berkewenangan di UPBJJ UT lebih efektif dalam mensosialisasikan mewujudkan peran dan komitmen manajemen bagi terselenggaranya peningkatan mutu Tutorial program Pendidikan dasar.mengakomodasi dan menindaklanjuti berbagai kendala dalam implementasi Peningkatan mutu berdasarkan ISO 9001 2000 di lapangan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63908

Actions (login required)

View Item View Item