Profesionalitas Kepala SMP standar nasional berbasis pondok pesantren (studi multikasus pada 3 SMP swasta standar nasional) / Fathor Rakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalitas Kepala SMP standar nasional berbasis pondok pesantren (studi multikasus pada 3 SMP swasta standar nasional) / Fathor Rakhman

Rakhman, Fathor (2012) Profesionalitas Kepala SMP standar nasional berbasis pondok pesantren (studi multikasus pada 3 SMP swasta standar nasional) / Fathor Rakhman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci profesionalitas kepala sekolah pondok pesantren. Lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren menyelenggarakan pendidikan nonformal informal dan pendidikan formal umum dengan beragam keunggulannya. Keunggulan Sekolah Menengah Pertama(SMP) Standar Nasional berbasiskan pondok pesantren terletak pada sistem dan nilai pendidikan. Jenjang pendidikan ini dipersiapkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan ketrampilan dan budi pekerti luhur serta emosi dan spiritual yang baik sehingga mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat mengisi lapangan kerja atau memiliki jiwa kewirausahaan terutama mampu hidup di tengah masyarakat sebagai warganegara yang baik dan berbakti. Dalam penyelenggaraan SMP Standar Nasional telah diprogramkan pemerintah terus menerus sebagai upaya menyesuaikan tuntutan zaman dan mampu memenuhi kebutuhan kualitas lulusan yang pada gilirannya merupakan perbaikan pada kualitas sumberdaya manusia. Keprofesionalan kepala sekolah tercermin dalam sikap dan perilaku sebagai sosok pribadi yang patut digugu dan ditiru menjadi panutan dalam pelaksanaan tugas kepemimpinan berlandaskan keahlian baik dalam kemampuan manajerial kemampuan manajemen rasa tanggungjawab loyalitas rasa kesejawatan kesetiakawanan serta kebersamaan diantara sesama tenaga pendidik. SMP Swasta di Provinsi Jawa Timur yang telah memperoleh predikat Sekolah Standar Nasional (SSN) di lingkungan pondok pesantren. di antaranya (1) SMP Nurul Jadid di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo (2) SMP Darus Sholah di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember dan (3) SMP A. Wahid Hasyim di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Ketiga lembaga tersebut sebagai latar penelitian. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Profesionalitas kepemimpinan kepala SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren pada SMP Nurul Jadid Kab. Probolinggo SMP Darus Sholah Kab. Jember dan SMP A Wahid Hasyim Kab. Jombang. (2) Mendiskripsikan Profesionalitas kepala SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren dalam penerapan manajemen pada SMP Nurul Jadid Kab. Probolinggo SMP Darus Sholah Kab. Jember dan SMP A Wahid Hasyim Kab. Jombang. (3) Mendiskripsikan implementasi program kepala SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren dalam pelaksanaan program SMP Standar Nasional pada SMP Nurul Jadid Kab. Probolinggo SMP Darus Sholah Kab. Jember dan SMP A Wahid Hasyim Kab. Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus pada 3 SMP swasta standar nasional. Data diperoleh dengan cara wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan secara tetap dan analisis induktif deskriptif dengan alur reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk keabsahan data digunakan uji trianggulasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profesionalitas kepala SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren di tiga kasus yang berbeda memunculkan karaktersitik yg berbeda. (2) Penerapan fungsi-fungsi manajemen oleh kepala sekolah menunjukkan keprofesionalannya dengan melibatkan pihak lain (working with people). (3) Implementasi program sekolah teraplikasi melalui kerjasama warga sekolah dan pihak lain. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Profesionalitas kepala sekolah di SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren di tiga kasus yang berbeda memunculkan karaktersitik berbeda namun ada beberapa kesamaan yaitu profesionalitas dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai kepala sekolah tangkas visioner dan kredibel. Penerapan manajemen kepala sekolah mampu menjalankan fungsinya sederhana dan taktis melibatkan pihak-pihak terkait (working with people). Implementasi program SMP Standar Nasional berbasis pondok pesantren kepala sekolah memperhatikan masukan dari pihak Yayasan warga sekolah dan pihak lain yang terkait. Selain itu secara profesional kepala sekolah bersama guru dan warga sekolah yang lain tetap menjalankan visi dan misi sekolah yang berbasis pesantren. Dengan memperhatikan kesimpulan tersebut ada beberapa saran yang disampaikan yaitu (1) Profesionalitas kepala sekolah agar lebih ditingkatkan dengan memahami prinsip-prinsip profesionalisme itu sendiri. -(2) Dalam penerapan manajemen profesionalisme kepala sekolah perlu menjiwai dan memahaminya prinsip-prinsip mmanajemen dan disosialisasikan secara menyeluruh (3) Kepala sekolah dituntut supaya lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sekolah standar nasional (SSN) dan (4) sebagai kajian ilmiah lebih lanjut dengan topik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63901

Actions (login required)

View Item View Item