Anggraeni, Cici Meilindia (2016) Pengembangan e-module mata pelajaran IPA kelas IV semester II materi Energi dan Penggunaannya di MI Suna Kalijogo Karang Besuki Malang / Cici Meilindia Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraeni Cici.M. 2016. Pengembangan E-Module Mata Pelajaran IPA kelas IV Semester II Materi Energi dan Penggunaannya di MI Sunan Kalijogo Karang Besuki Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si Kata Kunci Pengembangan E-Module IPA Sekolah Dasar. E-module adalah media atau sarana pembelajaran yang digunakan secara mandiri berisi materi metode batasan-batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya secara elektronik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-module dengan materi Energi dan Penggunaannya yang valid. Sehingga e-module tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV semester II materi Energi dan Penggunaannya yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mandiri yang bisa menjadi sumber alternatif untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Dalam pengembangannya peneliti menggunakan model pengembangan Lee dan Owens yang memiliki cakupan tahapan yang dimulai dari tahap analisis yang terbagi atas tahap awal akhir (analisis siswa analisis teknologi analisis situasi analisis tugas analisis kejadian penting analisis isu analisis tujuan analisis media analisis data dan analisis biaya) lanjut ke tahap desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IV B MI Sunan Kalijogo Karang Besuki Malang yang berjumlah 23 siswa. Sedangkan Jenis data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tentang e-module energi dan penggunaannya. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari ahli media dan ahli materi yang berupa angket kuisioner data skoring dari angket tersebut digunakan untuk mengukur persentase hasil pengumpulan data pada penelitian awal. E-module tentang energi dan penggunaannya ini divalidasi oleh 1 ahli media 1 ahli materi dan 23 siswa. Berdasarkan hasil angket validasi ahli media diperoleh hasil dengan persentase 92 5% angket validasi ahli materi diperoleh hasil dengan persentase 96 25% dan dari uji coba lapangan terhadap ssiswa hasil angket validasi diperoleh hasil dengan persentase 96 17%. Dari hasil data validasi tersebut telah diketahui bahwa e-module mata pelajaran IPA kelas IV semester II dengan materi Energi dan Penggunaannya untuk siswa kelas IV B MI Sunan Kalijogo Karang Besuki Malang telah valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
View Item |