Supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di Kalimantan Tengah (Studi multisitus di SDN Mawar, SDN Melati dan SDK Anggrek Kota Cantik) / Sanasintani - Repositori Universitas Negeri Malang

Supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di Kalimantan Tengah (Studi multisitus di SDN Mawar, SDN Melati dan SDK Anggrek Kota Cantik) / Sanasintani

Sanasintani (2012) Supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di Kalimantan Tengah (Studi multisitus di SDN Mawar, SDN Melati dan SDK Anggrek Kota Cantik) / Sanasintani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci supervisi pengajaran pengawas SD wawasan Etnik Dayak Pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran melalui serangkaian kegiatan dengan menggunakan teknik dan pendekatan nilai norma dan budaya huma betang yang merupakan falsafah hidup etnik Dayak yang menjunjung tinggi kebersamaan kekeluargaan toleransi gotong royong demokrasi dan loyalitas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) program supervisi pengajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di SDN Mawar SDN Melati dan SDK Anggrek kota Cantik (2) prosedur supervisi pengajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di SDN Mawar SDN Melati dan SDK Anggrek kota Cantik (3) respon dan sikap guru etnik Dayak terhadap supervisi pengajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak di SDN Mawar SDN Melati dan SDK Anggrek kota Cantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi member chek dan konfirmabilitas. Data yang terkumpul diorganisir di tafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis situs tunggal maupun melalui analisis lintas situs guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Temuan penelitian (1) Program supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan Etnik Dayak disusun oleh sekelompok pengawas secara hakadohop dan habarubuh (bersama-sama dan bekerjasama) (2) prosedur supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak terdiri dari a) teknik manampayah dan maja akan kelas (observasi dan kunjungan kelas) b) bapander badue (percakapan pribadi) c) ngumpul arep huang kapakat (rapat guru-guru) dan d) Kelompok hakadohop (KKG). Pendekatan supervisi humanis dan kolaboratif dengan sikap mahargai kalunen (menghargai harkat dan martabat manusia ) itah ije jalahan (memiliki rasa kekeluargaan/persaudaraan yang erat) huang karandah atei dan huang sinta (memiliki sikap rendah hati dan kasih) itah hakawal (kemitraan) itah hakadohop/habarubuh (bekerjasama) dan itah hapakat (musyawarah-mufakat/demokrasi) (3) respon dan sikap guru terhadap supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak meliputi karakteristik guru etnik Dayak pambenyem (pendiam) bajenta bajorah (lemah lembut dan ramah tamah) suka hakawal (setia kawan) suka habarubuh handep (suka bekerjasama dan gotong royong). Tanggapan guru etnik Dayak a) guru-guru menyukai teknik manampayah atau maja akan kelas (observasi dan kunjungan kelas) bapander badue (percakapan pribadi) dengan mempergunakan kutak itah (bahasa Dayak Ngaju) apabila berlandaskan sikap hakawal (akrab dan bersahabat) bajenta bajorah (ramah tamah) dan saling mahargai oloh beken (saling menghargai/menghormati). b) guru-guru Etnik Dayak menyukai teknik ngumpul arep huang kapakat (rapat guru-guru) dan kelompok hakadohop (KKG) apabila berlandaskan hubungan sama kawal (kemitraan) kebersamaan dan saling mahargai pendapat oloh beken (saling menghargai). c) guru-guru etnik Dayak menyukai pendekatan supervisi pembelajaran oleh pengawas SD berwawasan etnik Dayak apabila berlandaskan hubungan itah sama arep/hapahari (persaudaraan/kekeluargaan) saling mahormati oloh beken (saling menghormati atau menghargai) huang karandah atei dan huang sinta (sikap rendah hati dan penuh kasih) hakawal (kemitraan) hakadohop (tolong menolong) habarubuh (bekerjasama). Berdasarkan temuan-temuan tersebut disarankan hal-hal berikut (1) bagi Kepala Sekolah sebagai bahan masukan dalam menyusun program supervisi pengajaran dengan melibatkan guru-guru dan memperhatikan budaya huma betang berlandaskan nilai-nilai hinje hapahari hinje huang kapakat habarubuh dan handep habaring hurung (nilai-nilai kekeluargaan demokrasi kebersamaan dan saling menghormati (2) bagi guru-guru SD untuk menambah wawasan guru Dayak maupun non Dayak tentang supervisi pengajaran berwawasan etnik Dayak sebagai bantuan dan layanan profesional yang berlandaskan nilai hinje hapahari hinje huang kapakat habarubuh dan handep habaring hurung (3) bagi Pengawas SD sebagai bahan masukan untuk menyusun program supervisi yang sesuai dengan kebutuhan guru di lapangan dengan memperhatikan karakteristik guru etnik Dayak di lapangan. Sehingga dalam pelaksanaan supervisi pengawas SD dapat mempergunakan teknik dan pendekatan yang sesuai dengan sifat guru etnik Dayak berlandaskan itah hinje hapahari hinje huang kapakat habarubuh dan handep habaring hurung (kekeluargaan demokrasi kerjasama dan gotong royong) (4) bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Palangka Raya temuan penelitian ini dapat menjadikan rujukan dalam menyusun dan merumuskan kebijakan pembinaan pengawas dan kepala sekolah dengan memperhatikan nilai-nilai hinje hapahari hinje huang kapakat habarubuh dan handep habaring hurung (kekeluargaan musyawarah mufakat kebersamaan dan saling menghormati) agar tepat sasaran (5) bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Tengah temuan penelitian ini dapat dijadikan informasi dalam menyusun anggaran dan merumuskan kebijakan peningkatan mutu pendidikan dasar khususnya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru kepala sekolah dan pengawas sekolah (6) peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi jika berminat mengkaji supervisi pembelajaran berwawasan etnik Dayak dikembangkan dengan pendekatan yang berbeda seperti pendekatan kuantitatif untuk melihat respon dan sikap guru agama Kristen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63899

Actions (login required)

View Item View Item