Hubungan antara budaya organisasi, motivasi, kerja, kepuasan kerja, kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kota Surabaya / Murtedjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara budaya organisasi, motivasi, kerja, kepuasan kerja, kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kota Surabaya / Murtedjo

Murtedjo (2012) Hubungan antara budaya organisasi, motivasi, kerja, kepuasan kerja, kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kota Surabaya / Murtedjo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci budaya organisasi motivasi kerja kepuasan kerja kecerdasan emosional manajemen diri kinerja guru sekolah dasar. Era globalisasi dan reformasi mendorong bangkitnya harapan masyarakat terhadap keberhasilan pembangunan nasional. Di dalam pembangunan nasional pendidikan mempunyai kedudukan yang strategis karena melalui pendidikan dihasilkan sumber daya pembangunan yang berkualitas. Ini berarti bahwa peran guru dalam menghasilkan sumber daya pembangunan yang berkualitas sangat sentral. Peran ini akan tampak pada kinerja guru dan pencapaian tujuan organisasi sehingga kinerja guru harus terjaga kualitasnya. Kualitas kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di kota Surabaya ditengarai mengalami penurunan. Penurunan kinerja guru akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dari latar belakang tersebut timbul permasalahan sebagai berikut (1) bagaimanakah gambaran tentang kinerja guru budaya organisasi motivasi kerja kepuasan kerja kecerdasan emosional dan manajemen diri (2) apakah terdapat hubungan langsung yang signifikan antara budaya organisasi motivasi kerja kepuasan kerja kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan kinerja guru sekolah dasar negeri di kota Surabaya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menggambarkan tentang kinerja guru budaya organisasi motivasi kerja kepuasan kerja kecerdasan emosional dan manajemen diri (2) mengetahui ada tidaknya hubungan langsung yang signifikan antara budaya organisasi motivasi kerja kepuasan kerja kecerdasan emosional dan manajemen diri dengan kinerja guru Melalui kajian model struktural variabel-variabel tersebut disusun di dalam bentuk diagram jalur untuk menemukan model hubungan antar variabel. Pengujian hipotesis dengan menggunakan ToolsSmart PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 18 hipotesis yang diajukan terdapat 4 hubungan variabel yang tidak signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru terbukti ada hubungan langsung yang signifikan kecuali hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja guru kecerdasan emosional dengan kinerja guru motivasi kerja dengan kinerja guru dan motivasi kerja dengan manajemen diri. Oleh karena itu sebagai implikasi teoritis maupun praktis apabila ingin meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja guru baik langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk memberikan saran kepada guru-guru Sekolah Dasar Negeri dalam melaksanakan tugas-tugasnya bagi sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar pembinaan kinerja bagi guru-guru bagi Dinas Pendidikan Kota Surabaya hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya guru-guru sekolah dasar dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar di kelas. Bagi peneliti lain yang tertarik dengan hasil penelitian ini dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan populasi guru jenjang sekolah menengah baik umum maupun kejuruan di kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63896

Actions (login required)

View Item View Item