Hubungan antara kepemimpinan visioner, kondisi lingkungan kerja, budaya mutu dan status sosial ekonomi dengan kepuasan kerja guru SMP swasta di kabupaten Banyuwangi / Fransisxus Xaverius Sukarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepemimpinan visioner, kondisi lingkungan kerja, budaya mutu dan status sosial ekonomi dengan kepuasan kerja guru SMP swasta di kabupaten Banyuwangi / Fransisxus Xaverius Sukarno

Sukarno, Fransisxus Xaverius (2012) Hubungan antara kepemimpinan visioner, kondisi lingkungan kerja, budaya mutu dan status sosial ekonomi dengan kepuasan kerja guru SMP swasta di kabupaten Banyuwangi / Fransisxus Xaverius Sukarno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan visioner kondisi lingkungan kerja budaya mutu status sosial ekonomi kepuasan kerja guru Profesi guru sebagai pekerjaan yang mulia dan luhur karena guru adalah orang yang berilmu berakhlak jujur baik hati disegani serta menjadi teladan masyarakat. Guru merupakan agen pembaharuan berperan sebagai pemimpin dan pendukung nilai-nilai masyarakat. Guru memiliki peran dan tanggungjawab yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Perubahan menuju sekolah yang berkualitas sangat diperlukan. Untuk seorang pemimpin pendidikan dituntut mempunyai visi kedepan yang dapat meraih sukses secara efektif dan efisien khususnya yang berkaitan dengan perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing) pengarahan (directing) dan pengawasan (controlling) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh stafnya. Kepala sekolah dalam kepemimpinannya harus mampu menciptakan visi yang jelas lingkungan kerja yang kondusif menumbuhkan status sosial ekonomi yang tinggi sehingga target membudayakan mutu akan tercapai dan kepuasan kerja bagi para guru akan terwujud. Dengan demikian kepemimpinan visioner kondisi lingkungan kerja budaya mutu dan status sosial ekonomi diduga sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru SMP swasta di Kabupaten Banyuwangi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran hubungan antara variabel kepemimpinan visioner kondisi lingkungan kerja budaya mutu status sosial ekonomi dan kepuasan kerja guru SMP swasta di Kabupaten Banyuwangi. Apakah terdapat hubungan langsung atau tidak langsung dari variabel-variabel tersebut dan bagaimana model hubungan antar variabel secara struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kepemimpinan visioner kondisi lingkungan kerja budaya mutu status sosial ekonomi dan kepuasan kerja guru SMP swasta di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian survey. Sampel penelitian sebanyak 297 guru diambil dari populasi sebesar 1.300 guru SMP Swasta yang menyebar di 24 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner status sosial ekonomi dan kepuasan kerja guru berada dalam kategori sedang kondisi lingkungan kerja dan budaya mutu berada dalam kategori tinggi Sementara analisis hubungan antar variabel menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95% terdapat (1) hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan visioner dengan kepuasan kerja guru (2) hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan visioner dengan budaya mutu (3) hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan visioner dengan kondisi lingkungan kerja (4) hubungan langsung yang signifikan antara kondisi lingkungan kerja dengan kepuasan kerja guru (5) hubungan langsung yang signifikan antara kondisi lingkungan kerja dengan budaya mutu (6) hubungan langsung yang signifikan antara budaya mutu dengan kepuasan kerja guru (7) hubungan langsung yang signifikan antara status sosial ekonomi dengan kondisi lingkungan kerja dan (8) hubungan langsung yang signifikan antara status sosial ekonomi dengan kepuasan kerja guru SMP swasta di Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) Disarankan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyuwangi agar hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam melakukan perbaikan status sosial ekonomi bagi guru-guru yang masih belum baik melakukan pelatihan terhadap kepala sekolah yang masih belum berwawasan visioner secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kondisi lingkungan kerja dan budaya mutu (2) bagi kepala sekolah SMP swasta di Kabupaten Banyuwangi hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengembangan kepemimpinan yang selama ini dijalankan membuat kondisi lingkungan kerja yang kondusif melakukan pembinaan yang tepat kepada semua pelaksana kegiatan pembelajaran disekolah (3) bagi guru-guru sangat diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk membenahi diri dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya guna meningkatkan tujuan pendidikan nasional (3) sangat diharapkan bagi peneliti berikutnya untuk mengkaji juga variabel-variabel lain yang mungkin saja berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru misalnya perilaku kepala sekolah motivasi kerja guru sarana prasarana dan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63895

Actions (login required)

View Item View Item