Hubungan kepemimpinan partisipatif, transparasi, pengelolaan, akuntabilitas kinerja, dan partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng / I Putu Suarnaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan partisipatif, transparasi, pengelolaan, akuntabilitas kinerja, dan partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng / I Putu Suarnaya

Suarnaya, I Putu (2012) Hubungan kepemimpinan partisipatif, transparasi, pengelolaan, akuntabilitas kinerja, dan partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng / I Putu Suarnaya. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan partisipatif transparansi penge lola an akunta bilitas kinerja partisipasi masyarakat keefektifan sekolah Era globalisasi menuntut adanya reformasi disegala bidang aspek kehidupan termasuk reformasi dalam bidang pendidikan dalam bentuk otonomi pendidikan dengan prinsif good governance atau pengelolaan yang baik. Pengelolaan pendidikan sesuai dengan Sisdiknas adalah manajemen berbasis sekolah. Dalam hal ini karakteristik manajemen berbasis sekolah adalah mutu kepemimpinan kemandirian partisipasi masyarakat transparansi dan akun tabilitas. Pilar-pilar tersebut diimplentasikan di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidi kan atau mewujudkan sekolah yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai ke pemimpinan partisipatif transparansi penge lola an akunta bilitas kinerja partisipasi masyarakat keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng. Disamping itu penelitian ini juga untuk mengetahui hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Populasi penelitian ini adalah 1.404 orang guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di kabupaten Buleleng. Dengan menggunakan formula Krejcie Morgan dan formula Warwick dan Lininger diperoleh jumlah sampel 302 orang. Penetapan besaran sampel tiap sub populasi menggunakan teknik proporsional random sampling dan pengambilan individu menjadi anggota sampel digunakan teknik undian. Pengumpulan data digunakan kuisioner model skala Likert lima pilihan. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik multivariat SEM-AMOS dengan bantuan program Software SEM-AMOS4.01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi kepemimpinan partisipatif berada dalam kategori baik transparansi pengelolaan berada pada kategori sangat baik akuntabilitas kinerja berada pada kategori baik partisipasi masyarakat berada pada kategori baik keefektifan sekolah berada pada kategori sangat baik (2) ada hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dengan transparansi pengelolaan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (3) ada hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dengan partisipasi masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (4) ada hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dengan akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (5) ada hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (6) ada hubungan langsung yang signifikan antara transparansi pengelolaan dengan akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (7) ada hubungan langsung yang signifikan antara transparansi pengelolaan dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (8) ada hubungan langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan transparansi pengelolaan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (9) tidak ada hubungan yang signifikan secara langsung antara partisipasi masyarakat dengan akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (10) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (11) ada hubungan langsung yang signifikan antara akuntabilitas kinerja dengan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (12) tidak ada hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara kepemimpinan partisipatif dengan keefektifan sekolah melalui transparansi pengelolaan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (13) tidak ada hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara kepemimpinan partisipatif dengan keefektifan sekolah melalui partisipasi masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (14) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan partisipatif dengan keefektifan sekolah melalui akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (15) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara transparansi pengelolaan dengan keefektifan sekolah melalui akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng (16) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah melalui transparansi pengelolaan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng dan (17) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah melalui akuntabilitas kinerja pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng. Berdasarkan hasil analisis data dan kesimpulan penelitian serta manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut. (1) disarankan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Buleleng dapat dijadikan masukan sebagai acuan untuk menetukan strategi manajemen sekolah dalam meningkatkan keefektifan sekolah dengan cara lebih meningkatkan gaya kepemimpinan partisipatif dengan penekanan pada konsep pendelegasian dan desentralisasi yang sesuai dengan kapasitas lingkungan sekolah (2) disarankan kepada guru di kabupaten Buleleng agar hasil penelitian ini juga dapat menambah salah satu segmen penting dari kepemimpinan partisipatif adalah konsultasi dari kepala sekolah pada para guru. (3) disarankan kepada Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Buleleng agar temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengambilan kebijakan paling tepat dalam membina dan mengembangkan sekolah efektif melalui pembinaan kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan partisipatif (4) disarankan kepada peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan yang ingin mengungkapkan masalah kepemimpinan partisipatif transparansi pengelolaan partisipasi masyarakat akuntabilitas kinerja serta keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Buleleng sehingga temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari dan atau menelusuri variabel-variabel lain di luar variabel kepemimpinan partisipatif transparansi pengelolaan partisipasi masyarakat akuntabilitas kinerja serta keefektifan sekolah. Dengan demikian peneliti lain agar melakukan kajian teoretis dan empirik lebih memadai sebelum melakukan penelitian sehingga temuan penelitiannya diharapkan dapat menyempurnakan temuan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63891

Actions (login required)

View Item View Item