Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, budaya organisasi sekolah dan kompetensi guru dengan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Mohammad Naim Musafik - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, budaya organisasi sekolah dan kompetensi guru dengan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Mohammad Naim Musafik

Musafik, Mohammad Naim (2012) Hubungan antara supervisi pengawas sekolah, budaya organisasi sekolah dan kompetensi guru dengan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Mohammad Naim Musafik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Supervisi pengawas sekolah budaya organisasi sekolah kompetensi guru kinerja guru Keberhasilan suatu sekolah untuk mencapai tujuannya ditentukan oleh ber-bagai hal salah satu diantaranya adalah Supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah. Supervisi merupakan bagian penting dalam proses manajemen demikian juga dalam pengelolaan persekolahan. Supervisi sangat berkaitan dengan budaya organisasi sekolah kompetensi dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan data pada variabel (a) Supervisi Pengawas Sekolah (b) Budaya Organisasi Sekolah (c) Kompetensi Guru dan (d) Kinerja Guru (2) mendiskripsikan hubungan antara supervisi pe-ngawas sekolah budaya organisasi sekolah dan kompetensi guru dengan kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di kota Malang dan (3) mendeskripsikan analisis hasil uji kecocokan model struktural antara data dengan model konstruk. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Rancangandalampenelitianiniadalahkorelasionaldengan teknik survei. Pengambilan sampel untuk penelitian ini sebanyak 302 guru yang ditentukan secara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesener yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk mendiskripsikan dan menguji pola hubungan model yang dibentuk digunakan analisis yang mampu menjelaskan secara simultan hubungan tersebut yaitu menggunakan Structured Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Analysis ofMoment Structured (AMOS) versi 4.01. Deskripsi penelitian ini menunjukkan bahwa untuk data tentang (1) supervisi pengawas sekolah berkategori tinggi dan cenderung sangat tinggi (2) Budaya Organisasi Sekolah berkategori tinggi dan cenderung sangat tinggi (3) Kompetensi Guru berkategori sangat tinggi dan (4) Kinerja Guru berkategori sangat tinggi. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa Supervisi Pengawas Sekolah memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung yang positif dan signifikan dengan Budaya Organisasi Sekolah Kompetensi Guru dan Kinerja Guru. Sehingga seluruh hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya. Hasil penelitian ini juga berhasil mengkonfirmatori teori-teori dan temuan-temuan penelitian sebelumnya tentang hubungan antara Supervisi Pengawas Sekolah Budaya Organisasi Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Analisis struktural juga mengungkapkan model yang cocok antara data dengan model struktural yang diuji. Lebih lanjut temuan penelitian ini mendukung teori-teori dan penelitian sebelumnya. Dari temuan penelitian dapat disarankan hal-hal sebagai berikut (1) kepada Kementerian Pendidikan Nasional agar dalam mengambil kebijakan yang berkaitan upaya meningkatkan kinerja guru perlu memperhatikan dan meng-evaluasi program supervisi pengawas sekolah yang telah ditetapkan serta perlunya memperhatikan faktor budaya organisasi sekolah yang berkembang serta kompe-tensi yang dimiliki para guru khususnya pada lembaga pendidikan dasar.(2) kepadaDinasPendidikankota Malang agar dalam pengembanganmanajemenlembagapendidikankhususnya yang berkaitandengankinerja guru perlumem-perhatikanhal-hal yang terkaitdenganperilakuorganisasional yang meliputisupervisipengawassekolah budayaorganisasisekolah dankompetensi yang dimilikiolehpara guru (3) kepada para Kepala Sekolah SD Negeri di Kota Malang hendaknya dalam pembuatan program untuk peningkatan kinerja guru perlu memperhatikan program supervisi yang kontinyu dan memperhatikan pula budaya organisasi serta kompetensi para guru yang dipimpinnya (4) kepada para Gurudiharapkan lebih meningkatkan pemahaman tentang pentingnya budaya organisasi sekolah yang kondusif dan inovatif untuk proses pembelajaran yang mendukung peserta didiknya lebih kreatif dan mampu beradaptasi dengan ling-kungannya. Aspek pokok yang perlu diperhatikan antara lain peningkatan per-hatian dan komitmen terhadap tugas memperkuat kepercayaan diri memiliki standar prestasi peningkatan partisipasi dalam pengambilan keputusan serta ke-dekatan antar warga sekolah dan pemangku kepentingan lainnya (5)kepada para peneliti yang tertarik untuk mengkaji dalam bidang ini disarankan untuk me-lakukan penelitian yang serupa dengan menambahkan variabel lain yang berhu-bungan dengan kinerja guru serta menggunakan alat analisis yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63887

Actions (login required)

View Item View Item