Kepemimpinan "Kyai Nasib" dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren (Studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Pesantren Luhur Husna Surabaya dan Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya) / Muhammad Shodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan "Kyai Nasib" dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren (Studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Pesantren Luhur Husna Surabaya dan Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya) / Muhammad Shodiq

Shodiq, Muhammad (2012) Kepemimpinan "Kyai Nasib" dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren (Studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Pesantren Luhur Husna Surabaya dan Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya) / Muhammad Shodiq. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan kyai nasib mutu pendidikan pesantren. Tumbuhnya pesantren di perkotaan menunjukkan telah terjadi perubahan pada dunia pesantren itu sendiri. Sebagai salah satu contoh pesantren yang sampai saat ini tetap eksis di perkotaan adalah Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya dan Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya. Setelah penulis mengadakan penulisan terhadap ketiga pesantren tersebut maka terlihat adanya dua perubahan yakni 1) perubahan dari segi kyai seiring dengan dinamika yang terjadi dalam dunia pesantren maka muncullah tipologi kyai nasib yaitu seseorang pendiri dan pengasuh pesantren yang bukan keturunan kyai nasab (pesantren) akan tetapi karena keilmuan agama dan manajerialnya serta kharisma yang ada pada dirinya maka umat menyebutnya kyai (disebut kyai nasib ). 2) perubahan dari segi pendidikan pesantren pesantren kyai nasib lebih terbuka dan penuh inovasi yang mana tidak hanya mengajarkan khazanah intelektualisme Islam klasik tetapi juga mengajarkan santrinya dengan ilmu-ilmu modern. Penulisan ini bermaksud untuk mengungkap lebih mendalam tentang kepemimpinan kyai nasib dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren yakni (a) tipe kepemimpinan kyai nasib (b) strategi kyai nasib dan (c) dampak kepemimpinan kyai nasib . Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi member check dan diskusi teman sejawat. Sedangkan pengecekan auditabilitas data penulisan dilakukan dengan para pembimbing sebagai dependent auditor untuk mengauditnya. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis dalam kasus maupun melalui analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penulisan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa Pertama ditemukan tipe kepemimpinan kyai nasib dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren yaitu (a) mengedepankan prinsip egaliter dilingkungan pesantren sehingga ada kedekatan hubungan antara kyai ustad dan santri sehingga tercipta suasana pesantren yang lebih dinamis dan dialogis antara kyai ustad dan santri (b) mengedepankan prinsip demokratis di lingkungan pesantren maka otoritas sepenuhnya didelegasikan ke para ustad dan santri yang mana masing-masing bisa menyadari akan tugas dan kewajibannya (c) seorang motivator di lingkungan pesantren sehingga ustad dan santri merasakan senang dan gairah tinggal di lingkungan pesantren dengan suasana yang menyenangkan (d) merupakan pemimpin karismatik dilingkungan pesantren yang mana segala pesona pribadi kemampuan dan keahlian pemimpin menjadi kekuatan yang membuat ustad dan guru setia loyal dan taat kepada sang kyai nasib . Kedua ditemukan strategi kyai nasib dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren meliputi (a) Bidang Pendidikan dan Pengajaran yaitu 1) meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pesantren dan manajemen pesantren 2) pengurus dan para ustad diajak berjalan bersama-sama dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren 3) mendirikan pusat kegiatan santri yaitu Masjid Ruang belajar dan Asrama atau pondok dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat 4) menyusun materi dirosah dan kurikulum pesantren sesuai perkembangan zaman 5) menggunakan tiga macam sistem pengajaran pesantren yakni pengajaran klasikal pengajaran kolektif dan pengajaran individual. (b) Bidang Ubudiyah dan Keagamaan yaitu memberikan pelayanan pesantren terhadap 1) pelayanan masjid dan mushola 2) pengelolaan badan amil zakat infak dan shodaqoh 3) penyelenggaraan manasik haji dan umroh 4) pelaksanaan qurban 5) khotib (c) Bidang Mu amalah dan Sosial yaitu 1) memberikan pelayanan pesantren terhadap pengelolaan koperasi pondok pesantren (koppontren) 2) pelayanan pondok pesantren terhadap pengelolaan wartel dan 3) memberikan pelayanan pesantren terhadap pengelolaan Pos Kesehatan Pesantren (poskestren). Ketiga dampak kepemimpinan kyai nasib dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren yaitu 1) Interaksi sosial antar komunitas pesantren nasib yang penuh kekeluargaan 2) visi misi dan tujuan pesanten nasib beorientasi ke depan dan 3) sistem pendidikan dan pengajaran pesantren nasib bersifat komprehensif. Saran-saran dalam penulisan ini antara lain disampaikan kepada (1) Kyai melestarikan suasana pesantren lebih dinamis dan dialogis antara kyai ustad dan santri (2) Santri agar selalu menjaga komunikasi yang efektif kepada kyai ustad dan sesama santri (3) Pesantren lain hasil penulisan sebagai masukan dan informasi keilmuan tentang peningkatan mutu pendidikan pesantren (4) Penulis para ahli ilmuwan cendekiawan muslim dan penulis selanjutnya agar dijadikan sebagai bahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kepemimpinan kyai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren (6) Perguruan Tinggi Islam supaya memberikan masukan dan informasi baru tentang keilmuan tentang kepemimpinan kyai nasib dalam peningkatan mutu pendidikan pesantren (7) Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) supaya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa tingkat doktor dalam mengkaji tentang manajemen pendidikan tidak hanya sebatas sekolah formal atau perguruan tinggi umum saja akan tetapi juga penulisan-penulisan yang mengkaji manajemen di dunia pesantren (8) IAIN Sunan Ampel Surabaya tempat penulis sebagai Dosen Fakultas Dakwah merupakan kontribusi yang luar biasa bagi lembaga IAIN Sunan Ampel Surabaya karena telah ditemukan tipologi kyai dari terminologi loka yang belum pernah ditulis dan dikaji oleh penulis lain yakni tipologi Kyai Nasib (seseorang yang biasa dipanggil masyarakat kyai akan tetapi bukan keturunan dari kyai nasab) (9) Kementerian Agama agar selalu memberikan motivasi dan dukungan baik moril maupun material dalam setiap penulisan dan pengembangan dalam dunia pesantren kyai dan santri serta (10) Rabithah Ma ahid Islamiyah (RMI/Organisasi Pesantren) memberikan kontribusi baru tentang model kepemimpinan dan strategi kyai nasib dalam peningkatan mutu pendidikan pesantren.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63880

Actions (login required)

View Item View Item