Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pemanfaatan buku cerita bergambar big book pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang / Andrias - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pemanfaatan buku cerita bergambar big book pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang / Andrias

Andrias (2016) Peningkatan kemampuan membaca cerita melalui pemanfaatan buku cerita bergambar big book pada siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang / Andrias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrias. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Cerita Melalui Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Big Book Pada Siswa Kelas I SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman S. Pd M. Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M. Pd Kata kunci cerita bergambar big book membaca teknis SD Berdasarkan hasil obervasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN Karangrejo 02 ditemukan masih ada sebagian besar siswa belum dapat membaca dengan lancar dan ada siswa yang masih mengeja sehingga terhambat kemampuannya untuk membaca kalimat dengan lancar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan buku cerita bergambar big bookuntuk meningkatkan kemampuan membaca cerita siswa kelas I SDN Karangrejo 02 dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca cerita siswa kelas I SDN Karangrejo 02 setelah belajar melalui pemanfaatan buku cerita bergambar big book. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi membaca cerita pada siswa kelas 1 SDN Karangrejo 02 yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dengan mengumpulkan lembar pengamatan terhadap aktivitas guru dalam pembelajaran hasil tes kemampuan membaca siswa dan hasil tes pemahaman siswa dalam membaca cerita. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis data. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa (1) siswa dapat membaca lancar dengan benar melalui buku cerita bergambar big book (2) siswa lebih percaya dirimembaca teks cerita pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat (3) aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran membaca semakin aktif dan antusias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan buku cerita bergambar big bookdalam pembelajaran berjalan dengan baik sehingga terjadi peningkatan nilai rata- rata hasil tes kemampuan membaca cerita juga mengalami peningkatan 13 42% dengan ketuntasan klasikal sebesar 27% . Berdasarkan uraian di atas dapat dsimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar big bookdapat meningkatkan keterampilan membaca cerita siswa kelas 1 SDN Karangrejo 02. Peneliti juga memberikan saran agar penggunaan ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran membaca Bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam menggunakan media yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6388

Actions (login required)

View Item View Item