Manajemen "Moving Class" sebagai pengorganisasian sumber daya pembelajaran (Studi multikasus di SMA Charis Malang, SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan SMA Negeri 3 Malang) / Edy Widayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen "Moving Class" sebagai pengorganisasian sumber daya pembelajaran (Studi multikasus di SMA Charis Malang, SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan SMA Negeri 3 Malang) / Edy Widayat

Widayat, Edy (2012) Manajemen "Moving Class" sebagai pengorganisasian sumber daya pembelajaran (Studi multikasus di SMA Charis Malang, SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan SMA Negeri 3 Malang) / Edy Widayat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen pembelajaran moving class sumber daya pembelajaran. Moving class adalah bentuk pembelajaran yang merupakan bagian dari manajemen kelas. Namun dalam pelaksanaannya moving class sangatlah luas cakupannya karena sangat berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran penge-lolaan kelas serta strategi pembelajaran. Manajemen moving class mencakup pengelolaan iklim pembelajaran dan pengelolaan alat. Pengelolaam iklim menyangkut pengelolaan manusianya (human) sedangkan pengelolaan alat menyangkut sarana dan prasarana (tools). Penelitian ini bertujuan pertama mendiskripsikan dan menjelaskan peren-canaan moving class sebagai pengorganisasian sumber daya pembelajaran di tiga SMA yang meliputi a) pembelajaran yang dilakukan oleh guru b) aktivitas guru mengontrol perilaku siswa c) penyediaan sarana prasarana belajar d) pengaturan tata ruang belajar mengajar e) pengaturan perpindahan peserta didik dan f) penga-turan dan penyusunan jadwal pembelajaran. Kedua mendiskripsikan dan menje-laskan pelaksanaan moving class sebagai pengorganisasian sumber daya pembel-ajaran di tiga SMA yang meliputi a) pembelajaran yang dilakukan oleh guru b) aktivitas guru mengontrol perilaku siswa c) penyediaan sarana dan prasarana belajar d) pengaturan tata ruang belajar mengajar e) pengaturan perpindahan peserta didik dan f) pengaturan dan penyusunan jadwal pembelajaran. Ketiga mendiskripsikan dan menjelaskan pengendalian moving class sebagai pengorga-nisasian sumber daya pembelajaran di tiga SMA yang meliputi a) proses dan b) hasil/produk pembelajaran Moving Class. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologis untuk memahami makna yang sesungguhnya atas suatu pengalaman dan mene-kankan pada kesadaran yang disengaja (intentionallity of consciousness) atas pengalaman karena pengalaman mengandung penampilan ke luar dan kesadaran di dalam yang berbasis pada ingatan gambaran dan makna. Penelitian dirancang dengan rancangan studi multikasus dimana analisis data menggunakan metode komparatif konstan (the constant comparative method) merupakan rangkaian ta-hapan-tahapan kerja yang berlangsung secara serempak atau sekaligus dan analisis datanya senantiasa berbalik ulang ke tahap pengumpulan data dan pengkodean. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth intervie-wing) observasi berperan serta dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan tehnik triangulasi pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Sedangkan pengecekan audibilitas data penelitian oleh para pembimbing sebagai independent auditor untuk mengauditnya. Data yang terkumpul melalui ketiga tehnik tersebut diorganisir ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis dalam kasus (individual cases analysis) maupun analisis lintas kasus (cross cases analysis) guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Langkah penelitian yang dilaksanakan Pertama dilakukan pengamatan dan pengumpulan data pada SMA Charis Malang. Data terkumpul dipelajari diberi sandi dan dikerjakan dengan memperhatikan kategori yang dikembangkan dalam tema sehingga menjadi temuan konseptual yang masih tentatif. Kedua dilakukan pengamatan dan pe-ngumpulan data pada SMAN 3 Sidoarjo. Ketiga dilakukan pengamatan dan pengumpul-an data pada SMAN 3 Malang. Hasil penelitian menunjukan Pertama perencanaan pembelajaran yang dilaku-kan oleh guru pada tiga sekolah dilihat dari persiapan mengajar administrasi pembelajar-an kegiatan remidial praktikum dan penilaian hasil pembelajaran harus dilakukan guru dengan tertib baik dalam pembelajaran tim maupun secara mandiri. Kedua kontrol guru terhadap siswa meliputi penciptaan iklim dan kondisi pembelajaran bimbingan konseling dan kegiatan ekskul perlu dilakukan agar kondisi kelas kondusif yang memungkinkan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Ketiga perencanaan untuk pengadaan sa-rana dan prasarana sebagai bagian moving class perlu terus diprogramkan pengadaannya untuk pangkarakteran kelas mata pelajaran. Keempat penataan ruang belajar yang bercirikan mata pelajaran perlu diupayakan oleh guru mata pelajaran dengan didukung penyiapan sarana dan prasarana pembelajaran. Kelima perpindahan kelas perlu dirancang melalui jadwal dan disesuaikan dengan denah gedung agar pembelajaran bisa berjalan efektif. Keenam Penyusunan jadwal perlu dibuat dengan mekanisme yang ada serta memperhatikan masukan karena menentukan efektifitas belajar. Ketujuh pelaksanaan pembelajaran administrasi kelas remidi praktikum dan penilaian yang dilakukan guru tidak harus pembelajaran tim walau guru harus mengajar 24 jam. Kedelapan kontrol guru terhadap siswa baik di kelas dan luar kelas perlu dilakukan agar pembelajaran dapat berjalan efektif. Kesembilan sarana dan prasa-rana belajar wajib disediakan untuk mendukung pembelajaran yang berciri mata pelajaran. Kesepuluh penataan ruang belajar dengan sarana dan media yang mendukung karakter mata pelajaran perlu disiapkan untuk efektifitas belajar. Kesebelas perpindahan kelas perlu untuk melatih disiplin siswa refreshing dan belajar bertanggung jawab terhadap pembelajaran yang diikuti. Keduabelas penyusunan jadwal perlu disusun agar baik siswa dan guru dapat mentaati jam pelajaran yang ada sehingga mengatur pembelajaran secara mekanis. Ketigabelas pengendalian proses dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung supervisi kepada guru dan pengendalian terhadap perilaku siswa serta terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Keempatbelas pengendalian hasil/produk dilakukan agar pembelajaran prestasi siswa tetap berkualitas serta guru dituntut meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saran-saran dari penelitian ini antara lain disampaikan kepada 1) Pimpin-an dan guru sekolah yang diteliti sebagai masukan bermanfaat dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan khususnya dalam mengelola moving class agar mendasarkan hasil temuan baik aspek perencanaan pelaksanaan maupun pengendalian. 2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur untuk menjadi bahan masukan yang bermanfaat dalam perumusan kebijakan bidang manajemen moving class agar mendasarkan pada hasil temuan. 3) DinasPendidik-an dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo dan kota Malang untuk menjadi bahan masukan yang bermanfaat dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputus-an menyangkut pengelolaan moving class 4) peneliti lain yang menaruh minat ter-hadap manajemen moving class sebagai pengorganisasian sumber daya pembela-jaran di sekolah dan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63879

Actions (login required)

View Item View Item