Kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah negeri di pondok pesantren ( Studi multikasus pada tiga sekolah negeri di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Kabupaten Jombang / Firman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah negeri di pondok pesantren ( Studi multikasus pada tiga sekolah negeri di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Kabupaten Jombang / Firman

Firman (2012) Kepemimpinan kepala sekolah pada sekolah negeri di pondok pesantren ( Studi multikasus pada tiga sekolah negeri di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Kabupaten Jombang / Firman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (2) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. dan (3) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd Kata kunci kepemimpinan kepala sekolah pondok pesantren sekolah negeri Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peranan yang kuat dalam mengkoordinasi menggerakkan dan menyerasikan semua sumberdaya pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi misi tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Negeri di Pondok Pesantren dengan sub tujuan adalah sebagai berikut (1) visi misi dan tujuan kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin sekolah negeri di pondok pesantren (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya pada sekolah negeri di pondok pesantren meliputi (a) gaya dalam pengambilan keputusan (b) gaya dalam berinteraksi dengan bawahan (c) gaya dalam berinteraksi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) dan (3) dampak kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multikasus dengan metode komparatif konstan. Lokasi penelitian adalah MIN Darul Ulum SMPN 3 Darul Ulum dan MAN Darul Ulum Rejoso Peterongan Kabupaten Jombang. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru-guru pimpinan pondok pesantren dan stakeholder. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) pengamatan peran serta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dua tahap yaitu (1) analisis data kasus individu dan (2) analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data melalui (1) triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data (2) pengecekan anggota dan (3) diskusi sejawat serta arahan dosen pembimbing. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) visi misi dan tujuan kepemimpinan kepala sekolah diilhami dari visi misi dan tujuan pendirian sekolah di pondok pesantren visi kepala sekolah merupakan visi bersama (share vision) visi yang diemban adalah menjadikan sekolah melahirkan siswa berkarakter (akhlaqul karimah) maju dan berprestasi internasional mandiri dan siap terjun dalam masyarakat (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah meliputi (a) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengambil keputusan adalah gaya konsultatif akomodatif dan demokratis. Konsultatif karena senantiasa berkonsultasi dengan pihak terkait Akomodatif karena mempertimbangan segala masukan yang ada Demokratis karena senantiasa menghargai aspirasi dan usulan dari pihak lain kemudian diambil keputusan terbaik (b) gaya dalam berinteraksi dengan bawahan adalah menekankan pada nilai dan sikap keteladanan (uswatun khasanah) menunjukkan sikap ramah dan rendah hati kekeluargaan (humanis) menanamkan sikap patuh dengan ikhlas (tawadhu) dan (c) gaya dalam berinteraksi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) adalah dengan melakukan koordinasi dan komunikasi secara fleksibel meliputi formal dan silaturahim informal dan (3) dengan gaya kepemimpinannya kepala sekolah berhasil dalam meningkatkan kinerja sekolah yang diindikasikan meningkatnya motivasi kerja guru tanggung jawab dan pencapaian prestasi sekolah pada skala lokal nasional maupun internasional. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas disarankan agar (1) kepada kepala sekolah agar selalu memperhatikan program-program yang berkaitan dengan visi misi dan tujuan sekolah di pondok pesantren (2) kepada Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Jombang agar (a) memperhatikan kebijakan-kebijakan dengan tetap mengacu pada kebijakan pondok (b) selalu melakukan pemantauan pelaksanaan pendidikan di pondok pesantren baik melalui kunjungan supervisi maupun kunjungan lainnya (3) Kepada Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama Yayasan-yayasan pendidikan dalam membina sekolah terkait agar selalu melakukan kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan sekolah dan (4) bagi peneliti lain agar dapat mengungkap lebih jauh lagi dari apa yang telah ditemukan dalam penelitian mengenai pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah negeri di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63878

Actions (login required)

View Item View Item