Pembinaan karakter guru TK melalui doa bersama dan kartu kebajikan (studi multisitus di Sabitara) / Soesiana Tri Ekawati Silver - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembinaan karakter guru TK melalui doa bersama dan kartu kebajikan (studi multisitus di Sabitara) / Soesiana Tri Ekawati Silver

Silver, Soesiana Tri Ekawati (2012) Pembinaan karakter guru TK melalui doa bersama dan kartu kebajikan (studi multisitus di Sabitara) / Soesiana Tri Ekawati Silver. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd (III) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. Kata-kata kunci pembinaan karakter guru TK doa bersama kartu kebajikan. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter sehingga pembinaan karakter guru Taman Kanak-kanak (TK) merupakan hal yang penting. Fokus penelitian ini adalah proses pembinaan karakter guru melalui doa bersama lintas agama dan berbagi pengalaman menjalankan sifat baik dalam kartu kebajikan di TK Pala TK Ara dan TK Baya yang terletak di Kecamatan Sabitara. Fokus ini dirinci menjadi (1) Komponen-komponen dalam pelaksanaan pembinaan. (2) Sistem pengorganisasian pembinaan. (3) Implementasi program pembinaan yang dibagi menjadi deskripsi makna di balik kegiatan (a) doa bersama dan (b) berbagi pengalaman mempraktekkan kebajikan. (4) Proses pengawasan dalam pembinaan. (5) Peran Kepala TK dalam pembinaan. Penelitian kualitatif dengan rancangan studi multi-situs di tiga TK Yayas-an Satu Bangsa yang terletak di provinsi Warnabara ini merupakan penelitian fenomenologi yang menggunakan pendekatan grounded theory yang menerap-kan metode induksi analisis termodifikasi dalam mengembangkan teori pembi-naan karakter guru TK. Para peserta penelitian ini adalah para guru dan Kepala TK yang masih aktif serta beberapa mantan guru dan Kepala TK di tiga seko-lah itu. Data dikumpulkan oleh peneliti sebagai instrumen kunci yang hadir langsung di lapangan dengan menggunakan teknik-teknik wawancara menda-lam observasi peran serta dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data member checking audit trail auditor eksternal dan rich atau thick description. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peserta pembinaan yang melibatkan semua warga dan kepemimpinan pembinaan yang dilakukan secara kolaboratif dapat memupuk kebersamaan dan kerjasama. Tempat dan peralatan pembinaan yang sederhana dapat memupuk kreativitas. Kontinuitas dan rutini-tas pelaksanaan pembinaan memungkinkan warga menjalin kebersamaan. (2) Pengorganisasian pembinaan memerlukan peran kepemimpinan dalam koordi-nasi memerlukan musyawarah untuk meningkatkan komunikasi antar warga sehingga kemampuan koordinasi dapat ditingkatkan. (3) Implementasi program pembinaan dengan pendekatan multikultural melalui (a) Doa bersama lintas agama sebagai sarana komunikasi bila dilakukan secara kontinu dapat meng-hilangkan prasangka keagamaan memupuk keakraban dan persatuan warga sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung pengem-bangan karakter. (b) Berbagi pengalaman sebagai sarana komunikasi bila dilakukan secara kontinu dapat memupuk keakraban sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi pengembangan karakter yang pada gilirannya dapat menciptakan lingkungan yang aman. Pengembangan karakter memerlukan pedoman pengingat tingkat kebebasan dan refleksi. Pengembangan suatu sikap mental positif membentuk sikap mental positif lainnya dan menciptakan lingkungan yang aman. (4) Pengawasan yang dilakukan secara kolektif dalam pembinaan karakter yang dilakukan secara kontinu dan rutin dapat membentuk budaya yang memberdayakan melalui pemupukan inisiatif dan pembiasaan baik. (5) Tidak adanya peran khusus Kepala TK dalam pembi-naan karakter yang bersifat kolegial di mana status para pesertanya adalah setara sehingga membentuk organisasi yang nonhirarkhis dapat memupuk iklim demokratis yang diperlukan dalam pengembangan karakter. Dari temuan-temuan itu dapat disimpulkan teori pengembangan karakter guru TK sebagai berikut (1) Pengembangan karakter memerlukan iklim demokratis budaya yang memberdayakan pedoman pengingat dan refleksi. (2) Pendekatan multikultural dapat menciptakan lingkungan yang aman yang bebas dari prasangka dan memupuk persatuan sehingga dapat memupuk pengembangan karakter yang pada gilirannya dapat memupuk lingkungan yang aman. (a) Doa bersama lintas agama sebagai bagian dari pendekatan multi-kultural jika dilakukan secara kontinu dapat menciptakan lingkungan yang aman yang bebas dari prasangka keagamaan dan memupuk keharmonisan dan persatuan. (b) Berbagi pengalaman sebagai bagian dari pendekatan multi-kultural jika dilakukan secara kontinu dapat menciptakan lingkungan yang aman untuk pengembangan karakter yang pada gilirannya dapat memupuk lingkungan yang aman. (3) Pengorganisasian pembinaan karakter memerlukan (a) peran kepemimpinan dalam koordinasi (b) musyawarah demi meningkat-kan komunikasi dan koordinasi. (4) Pengawasan pembinaan karakter secara kolektif dan kepemimpinan pembinaan karakter secara kolaboratif dapat mendukung pengembangan karakter. Berdasarkan hasil penelitian ini saran-saran diberikan kepada beberapa pihak berikut ini. (1) Para KTK dari semua TK YSB dan pimpinan YSB dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pembinaan karakter guru melalui doa bersama dan kartu kebajikan sebagai landasan atau konteks bagi pembinaan lainnya seperti dalam hal proses belajar mengajar dan menggalang dukungan dari masyarakat. (2) Para Kepala TK dari TK lain dan Yayasan pemilik TK serta Kepala Dinas Pendidikan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pembinaan karakter guru melalui doa bersama dan kartu kebajikan karena murah mudah dan sederhana dapat memupuk iklim kepemimpinan dan budaya sekolah yang demokratis serta selaras dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan memupuk persatuan. (3) Peneliti Manajemen Pendidikan dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai dasar bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63876

Actions (login required)

View Item View Item