Hubungan kinerja sumberdaya manusia, proses pendidikan, dan fasilitas fisik dengan kepuasan mahasiswa dan citra lembaga pada Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya / Dwi Haryanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kinerja sumberdaya manusia, proses pendidikan, dan fasilitas fisik dengan kepuasan mahasiswa dan citra lembaga pada Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya / Dwi Haryanta

Haryanta, Dwi (2012) Hubungan kinerja sumberdaya manusia, proses pendidikan, dan fasilitas fisik dengan kepuasan mahasiswa dan citra lembaga pada Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya / Dwi Haryanta. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi . Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. Pembimbing II Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd. Pembimbing III Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. Kata kunci citra lembaga kepuasan mahasiswa kinerja sumberdaya manusia proses pendidikan fasilitas fisik perguruan tinggi swasta. Citra perguruan tinggi bagus melekat pada perguruan tinggi yang didukung sumberdaya dan dana yang cukup sehingga memberikan jaminan akan kualitas out put dan out come dan sekaligus menjadi perguruan tinggi yang mandiri. Perguruan tinggi membangun citra institusi dengan berbagai cara misalnya melakukan rebranding promosi menyelenggarakan open house pameran komunikasi intensif dengan stakeholder dan lain sebagainya. Citra lembaga pendidikan yang baik dan kuat akan memberikan manfaat (1) memperkuat daya saing lembaga dalam jangka menengah dan jangka panjang (2) menjadi perisai selama masa kritis (3) menjadi daya tarik handal (4) meningkatkan efektifitas strategi pemasaran dan (5) penghematan biaya operasional. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui keberadaan citra lembaga pendidikan dan faktor-faktor yang berpengaruh pada perguruan tinggi swasta di Surabaya dan (2) untuk mengetahui signifikansi hubungan langsung maupun tidak langsung antara citra lembaga pendidikan dengan kepuasan mahasiswa kinerja sumberdaya manusia proses pendidikan dan fasilitas fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskripsi korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa program Sarjana S-1 pada perguruan tinggi swasta di Surabaya. Sampel ditentukan dengan teknik memilih yang proporsional. Pemilihan perguruan tinggi lokasi berdasar pertimbangan-pertimbangan tertentu dan ditentukan lima lokasi yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Unversitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Universitas Wijaya Kusuma Surabaya STIE Perbanas Surabaya dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STIKOM Surabaya. Sampel berjumlah 400 orang mahasiswa. Sampel untuk masing-masing perguruan tinggi dan masing-masing fakultas/program studi ditetapkan secara proporsional berdasar jumlah mahasiswanya. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan angket kepada para calon responden yaitu seluruh mahasiswa yang lulus yudisium dari masing-masing perguruan tinggi/fakultas/program studi lokasi penelitian. Angket yang sudah diisi oleh responden kemudian dikumpulkan melalui kantor Pimpinan Perguruan Tinggi. Angket yang sudah terkumpul kemudian diperiksa dan diseleksi. Sampel dengan jumlah sebagaimana telah ditetapkan untuk masing-masing perguruan tinggi/fakultas/program studi dipilih dari angket-angket yang telah diisi secara lengkap oleh responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif dan analisis model persamaan struktural atau SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa terhadap citra lembaga pendidikan (perguruan tinggi) swasta di Surabaya masuk kategori baik. Citra lembaga pendidikan ditentukan oleh komitmen lembaga dalam memenuhi janji yang disampaikan kepada calon mahasiswa transparansi dalam pemenuhan janji dan keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain (2) Persepsi mahasiswa terhadap tingkat kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Surabaya pada tingkat yang tinggi. Tingkat kepuasan mahasiswa ditentukan oleh kepuasan atas output pendidikan ketercukupan pelayanan dan kemanfaatan pelayanan oleh perguruan tinggi (3) Persepsi mahasiswa terhadap fasilitas fisik pada perguruan tinggi swasta di Surabaya pada tingkatan baik. Fasilitas fisik yang sangat dibutuhkan mahasiswa adalah fasilitas pendidikan dan pengajaran jaminan berfungsinya fasilitas pengajaran dan ketersdiaan dan ketercukupan fasilitas kegiatan kemahasiswaan (4) Persepsi mahasiswa terhadap proses pendidikan secara umum telah berjalan dengan baik. Penilaian terhadap efektifitas proses pendidikan dilihat dari keandalan proses pembakuan proses dan lamanya waktu berproses dan (5) Persepsi mahasiswa terhadap kinerja sumberdaya manusia secara umum baik. Kinerja sumberdaya manusia ditentukan oleh tingkat ketanggapan para dosen dan karyawan empati para dosen dan karyawan dan kemampuan para dosen dan karyawan dalam memberikan layanan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi citra lembaga adalah kepuasan mahasiswa fasilitas fisik dan kinerja sumberdaya manusia. Sedangkan proses pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap citra lembaga. Oleh karena itu sebagai implikasi baik teoritis maupun praktis bila ingin meningkatkan atau membangun citra lembaga dapat dilakukan dengan meningkatkan variabel-variabel kepuasan mahasiswa fasilitas fisik dan kinerja sumberdaya manusia. Berdasarkan kesimpulan penelitian beberapa saran ditujukan kepada (1) Direktur Jendral Pendidikan Tinggi melalui Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta hasil penelitian dapat menjadi pertimbangan dalam merumuskan kebijakan terkait dengan kinerja sumerdaya manusia perguruan tinggi penyediaan fasilitas pendidikan efektifitas proses pengajaran dan melakukan pengawasan pengendalian dan pembinaan pada perguruan tinggi swasta (2) Para pimpinan perguruan tinggi (PTS) perlu mengembangkan strategi membangun citra lembaga dengan cara konsisten memenuhi janji yang disampaikan kepada calon mahasiswa transparansi dalam pemenuhan janji membangun keunggulan-keuanggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain fasilitas pendidikan dan pengajaran jaminan berfungsinya fasilitas pengajaran dan ketersediaan serta ketercukupan fasilitas kegiatan kemahasiswaan (3) para dosen hasil peneltian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk terus menigkatkan kualitas pembelajaran untuk menjamin terwujudnya layanan pendidikan yang berkualitas (4) para peneliti lain penelitian ini dapat dikembangkan dengan populasi semua jenjang pendidikan tinggi mempertimbangkan variabel harga dan dikembangkan sampai dengan pada loyalitas mahasiswa terhadap almamaternya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63874

Actions (login required)

View Item View Item