Sumardi (2012) Hubungan antara jender, masa kerja, semangat kerja dan aktifitas pelatihan dengan pengambilan keputusan Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jember / Sumardi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd dan (III) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd Kata kunci jender masa kerja semangat kerja aktivitas pelatihan pengambilan keputusan Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan. Melalui pendidikan kualitas SDM akan semakin meningkat. Guna mewujudkan pendidikan yang benar-benar mampu menghasilkan sumber daya yang handal dibutuhkan proses manajemen yang baik. Manajemen pendidikan merupakan proses pengembangan kegiatan kerja sama sekelompok organisasi atau pimpinan organisasi untuk mencapai tujuan atau kompetensi pendidikan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah dalam pengelolaan satuan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan sumber daya sekolah terutama mendayagunakan guru dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Pengelolaan pendidikan di sekolah berkaitan dengan pendelegasian wewenang kepada kepala sekolah. Agar wewenang yang diberikan dapat dijalankan dengan baik maka diperlukan kepala sekolah yang kompeten dalam menjalankan program-program sekolah termasuk segala wewenang yang dilimpahkan untuk mengambil keputusan. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa ada kecenderungan para kepala sekolah tunduk kepada birokrasi yakni dengan menggunakan kekuasaan mereka saja dalam implementasi program-program dari pusat. Pola ini nampak berlangsung secara mekanistik. Sebaliknya kepemimpinan kepala sekolah di masa yang akan datang hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip demokrasi di bidang pendidikan sesuai semangat reformasi dan desentralisasi. Pengambilan keputusan oleh KS menjadi sangat urgen dibicarakan karena pada saat ini keputusan yang tidak populer dan melalui tahapan yang aspiratif cenderung menimbulkan ketidakpuasan stakeholder sehingga akan berakibat kurang baik terhadap kerja dan kinerja secara keseluruhan. Dalam mengambil keputusan seringkali dihadapkan pada berbagai kondisi antara lain unik tidak pasti dinamis jangka panjang dan kompleks. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran hubungan antara variabel jender masa kerja semangat kerja aktivitas pelatihan dan pengambilan keputusan kepala sekolah menengah pertama di Kabupaten Jember. Apakah terdapat hubungan langsung atau tidak langsung dari variabel-variabel tersebut dan bagaimana model hubungan antar variabel secara struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jender masa kerja semangat kerja aktivitas pelatihan dan pengambilan keputusan kepala sekolah menengah pertama di Kabupaten Jember. Selain itu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan subyek yang berkaitan dengan jender masa kerja semangat kerja aktivitas pelatihan dengan pengambilan keputusan kepala sekolah pada pendidikan menengah pertama di Kabupaten Jember. Sampel penelitian sebanyak 154 kepala sekolah pada taraf signifikan 0 05% diambil dari populasi sebesar 260 kepala sekolah SMP yang menyebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember dengan teknik proporsional random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa jender masa kerja semangat kerja guru aktivitas pelatihan dan pengambilan keputusan Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jember berada dalam kategori tinggi. Sementara analisis hubungan antar variabel menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0 05% atau taraf kepercayaan 95% terdapat (1) hubungan langsung yang signifikan antara jender dengan pengambilan keputusan (2) hubungan langsung yang signifikan antara masa kerja dengan semangat kerja (3) hubungan langsung yang signifikan antara masa kerja dengan aktivitas pelatihan (4) hubungan langsung yang signifikan antara masa kerja dengan pengambilan keputusan (5) hubungan langsung yang signifikan antara semangat kerja dengan pengambilan keputusan (6) hubungan langsung yang signifikan antara aktivitas pelatihan dengan pengambilan keputusan (7) hubungan tidak langsung antara masa kerja dengan pengambilan keputusan melalui semangat kerja (8) hubungan tidak langsung antara masa kerja dengan pengambilan keputusan melalui aktivitas pelatihan dan (9) hubungan yang signifikan secara simultan antara jender masa kerja semangat kerja dan aktivitas pelatihan dengan pengambilan keputusan Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Jember. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) bagi pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan selaku pembina kepala sekolah dalam menjalankan tugas agar hasil penelitian dijadikan dasar pengambilan keputusan dan kebijakan yang tepat dalam melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan sehingga kepala sekolah yang ada di kabupaten Jember terus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik (2) bagi kepala sekolah SMP di Kabupaten Jember agar hasil penelitian dapat menambah pengetahuan tentang pengambilan keputusan semangat kerja dan aktivitas pelatihan. Dengan hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan masukan bagi para kepala sekolah untuk terus menerus mengevaluasi diri dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jember dan (3) sangat diharapkan bagi peneliti berikutnya untuk mengkaji juga variabel-variabel lain yang mungkin saja berpengaruh terhadap pengambilan keputusan misalnya perilaku kepala sekolah partisipasi guru kepuasan kerja budaya mutu dan komitmen organisasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63873 |
Actions (login required)
View Item |