Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan boneka jari siswa kelasa II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Antiora - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan boneka jari siswa kelasa II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Antiora

Antiora (2016) Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan boneka jari siswa kelasa II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Antiora. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antiora. 2016. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Penggunaan Boneka Jari dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd (2) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd Kata kunci Peningkatan Keterampilan menyimak Boneka Jari. SD Berdasarkan hasil observasi penelitian dalam pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak dongeng masih rendah hal itu disebabkan metode dan teknik yang digunakan guru kurang tepat guru tidak menggunakan media sebagai pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menyenangkan tidak adanya media yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng maka mengunakan media yang menarik dan dekat dengan dunia siswa yaitu Boneka Jari. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan boneka jari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan boneka jari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dengan jumlah 30 siswa dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan dan Observasi (3) Refleksi (4) Perbaikan Rencana. Instrument pada penelitia ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan boneka jari dapat meningkatkan hasil belajar siswa meliputi keterampilan menyimak menceritakan kembali dan penguasaan materi. Saran kepada guru agar menggunakan boneka jari dalam pembelajaran menyimak dongeng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item