Suandi, I Wayan (2012) Pengelolaan kemitraan SMK dengan dunia kerja (studi multisitus pada tiga SMK di Provinsi Bali) / I Wayan Suandi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata-kata kunci kemitraan pengelolaan lingkungan input proses produk outcome. Tuntutan akan mutu lulusan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja merupakan hal yang tidak bisa ditunda tunda. Cepatnya perubahan masyarakat karena kemajuan teknologi serta ketatnya persaingan global yang terjadi saat ini semakin mengisyaratkan kepada sekolah menegah kejuruan untuk selalu menyesuaikan input proses produk dan outcome pada kebutuhan dunia kerja. Kemitraan SMK dengan dunia kerja merupakan solusi yang dapat menjawab tantangan ini. Kemitraan dalam pengelolaan input proses produk dan outcome diharapkan dapat menjaga kelangsungan hidup sekolah . Penelitian ini dilakukan di tiga SMK Negeri di Bali yaitu di SMK Negeri 1 Sukawati di SMK Negeri 5 Denpasar di SMK Negeri 1 Sukasada. Gambaran tentang bagaimana sekolah-sekolah tersebut melakukan kemitraan dengan dunia Kerja ditinjau unsur pengelolaan. Ada lima unsur yang dideskripsikan dalam fokus yaitu (1) Pemberdayaan lingkungan dalam kemitraan SMK dengan dunia kerja (2) Penyiapan input dalam kemitraan SMK dengan dunia kerja (3) Pengelolaan proses pembelajaran dalam kemitraan SMK dengan dunia kerja (4) Pengelolaan produk dalam kemitraan SMK dengan dunia kerja (5) Pengumpulan dan merekfleksikan informasi tentang outcome dalam kemitraan SMK dengan dunia kerja demi kelangsungan hidup sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus menggunakan metode induktif analitik termodifikasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam observasi berperan serta dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah pada ketiga latar. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Data yang telah terkumupul diperiksa kemudian dianalisis dengan analisis dalam situs (situs tunggal) dan analisis lintas situs. Dalam penelitian ini diperoleh temuan-temuan teoritik sebagai berikut. Pertama penggelolaan keadaan alam sekitar sekolah kemampuan ekonomi tingkat pendidikan akomodasi sekolah terhadap keinginan orang tua tuntutan inovasi DUDI dan Pemda dan intensitas sosialisasi program sekolah pada orang tua siswa mendukung pengelolaan kemitraan SMK dengan dunia kerja Berkembang tidaknya sekolah tergantung pada akomodasi sekolah terhadap aspirasi lingkungan sekolah dalam pengelolaan kemitraan SMK dengan dunia kerja. Kedua Pengelolaan siswa baru penyusunan serta revisi KTSP penyiapan tenaga kependidikan tenaga pendidik/guru dan sarana prasarana mendukung penglolaan kemitraan SMK dengan dunia kerja. Kesiapan seluruh komponen input sangat tergantung dari upaya warga sekolah untuk mengoptimalkan kemitraan sekolah dengan dunia kerja. Ketiga Pengelolaan proses pembelajaran di sekolah dan di dunia industri untuk menghasilkan produk terintegrasi baik akademik dan non akademik memenuhi harapan dunia kerja. Lomba lomba yang diikuti siswa baik perorangan dan kolektif mampu menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan pasar . Pelaksanaan teaching factory sangat membantu menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sehingga produk sekolah siap untuk bersaing di pasar kerja. Keempat Pengelolaan hasil produksi dan kreativitas siswa sebagai tugas sekolah baik akademik dan nonakademik dalam beberapa lomba-lomba yang bersifat kolektif dan perorangan mengharumkan nama sekolah. Pengelolaan output secara terpadu oleh pihak sekolah dan industri dalam bentuk promosi terbuka (open promotion ) secara berkelanjutan dapat memperbaiki produk sekolah serta mempertahankan kelangsungan hidup sekolah. Kelima Pengelolaan kemitraan dalam mengumpulkan dan merefleksi informasi outcome yang berkaitan dengan bagaimana lulusan SMK berkinerja di industri dan di perguruan tinggi secara berkelanjutan dapat membantu kelangsungan hidup sekolah. Berdasarkan temuan-temuan disarankan kepada (1) kepala SMK agar memahami prinsip nilai dan konsep dasar serta praktek pengelolaan kemitraan serta mengimplementasikan dalam pemberdayaan lingkunngan penyiapan input pelaksanaan pembelajaran pengelolaan output serta mengumpulkan dan merefleksi infromasi outcome. Melaksanakan dan mengkaji pelaksanaan teaching factory transfer skill dan open promotion. (2) Kepala Dinas Pendidikan kabupaten dan Provinsi agar meningkatkan kualitas layanan birokrasi dan profesional dalam pengelolaan kemitraan SMK khusunya dalam melengkapi keterbatasan sumberdaya yang ada di sekolah dan di industri untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja lokal dan internasional Memfasilitasi pelaksanaan open promotion untuk proses dan produk SMK di dalam dan di luar negeri melalui berbagai jalur saluran informasi dengan melakukan kerja sama dengan pihak perguruan tinggi serta pihak swasta lainnya. (3) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Bali ( LPMP Bali ) menyediakan layanan fasilitasi untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan penjaminan mutu pendidikan di SMK (4) Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan agar memberikan dukungan pelaksanaan serta pengkajian teaching factory transfer skill open promotion sebagai best practise kebijakan kreatif kepala SMK untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.(5 ) Bagi peneliti dilakukan penelitian lanjutan dengan mengembangkan focus dan situs lain untuk membangun teori pengelolaan kemitraan SMK dengan dunia kerja
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63864 |
Actions (login required)
View Item |