Manajemen penyelenggaraan supervisi akademik (study kasus di Dinas Pendidikan Kabupaten Bahari) / Asmaun Saleh - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penyelenggaraan supervisi akademik (study kasus di Dinas Pendidikan Kabupaten Bahari) / Asmaun Saleh

Saleh, Asmaun (2012) Manajemen penyelenggaraan supervisi akademik (study kasus di Dinas Pendidikan Kabupaten Bahari) / Asmaun Saleh. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Pascasarjana (S3) Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M. Pd (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M. Pd dan (III) Prof. Dr. Ahmad Sonhadji K.H MA. Ph. D. Kata kunci manajemen pendidikan supervisi akademik dinas pendidikan kabu-paten. Manajemen supervisi akademik mengambil dari konsep manajemen secara umum yaitu kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya meliputi peren-canaan pengorganisasian pengaktifan pengawasan. Fungsi-fungsi tersebut sekaligus menjadi tujuan dari proses pembimbingan dari pihak yang berkom-peten kepada guru-guru dan para personalia sekolah lainnya yang langsung menangani belajar para siswa untuk memperbaiki situasi proses belajar mengajar. Orang yang melakukan supervisi disebut supervisor. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menjelaskan (1) penyusunan program kerja yang meliputi proses perencanaan dan sistem perencanan pembinaan dalam bentuk supervisi (2) pembagian tugas yaitu mekanisme ker-ja antar pengawas yang meliputi komponen organisasi uraian tugas dan pro-sedur kerja (3) sosialisasi program supervisi pembinaan yang meliputi sosia-lisasi oleh Kepala Dinas dan materi sosialisasi pembinaan dalam bentuk su-pervisi (4) pengaktifan yang meliputi persiapan pelaksanaan dan tindak lanjut hasil supervisi dan (5) pengendalian/ pengawasan yang meliputi pe-mantauan/ monitoring dan pengolahan hasil data pemantauan/ monitoring untuk perbaikan atau peningkatan. Penelitian dilakukan pada dinas pendidikan kabupaten Bahari dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta dirancang berdasarkan rancangan studi kasus observasional teknik pengumpulan data meliputi pengamatan berperan serta wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan de-ngan snowball sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang dilakukan baik pada saat maupun setelah pengumpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan jalan (1) perpanjangan waktu tinggal di setting penelitian (prolonged engagement) (2) pengamatan terus-menerus (persistent observation) (3) pengecekan ang-gota (member chek) (4) diskusi teman sejawat (peer debrifing) dan (5) tri-angulasi. Hasil-hasil penelitian berupa temuan-temuan yaitu (1) perencanaan super-visi akademik dilakukan berdasarkan perencanaan dari bawah (bottom up planning) dengan sistem partisipatif (2) proses perencanaan dimulai dari pe-ngawas bidang studi pengawas sekolah binaan korwas dan akhirnya koor-dinator pengawas (3) perencaaan terdiri dari program semester dan tahunan (4) pengorganisasian tertata dengan baik uraian pekerjaan didasarkan kepada PERDA No.28 Tahun 2008 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan PERBUP No.41 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja di Dinas Pendidikan serta Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No.420/134/ 434.101/2009 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional penga-was sekolah (5) pengaktifan (khususnya penyelenggara supervisi) dilakukan dengan pengarahan kepada pengawas sekolah kepala sekolah guru-guru serta pegawai tata usaha untuk melaksanakan tugas. Untuk meningkatkan kemam-puannya pengawas sekolah diikutksertakan dalam penataran/ seminar (6) fungsi pengendalian/ pengawasan dengan meminta pertanggungjawaban pe-ngawas sekolah melalui laporan-laporan yang bersifat terjadwal maupun temporer (7) evaluasi program dilakukan berupa kegiatan monitoring atau pe-mantauan terhadap kinerja pengawas sekolah tindak lanjut dari evaluasi prog-ram supervisi adalah dengan penyusunan program-program baru yang bisa dilaksanakan atau menyusun ulang program yang telah dilakukan selama per-iode program (8) pelaksanaan sosialisasi berupa penyampaian pengertian tu-juan prinsip pendekatan serta teknik-teknik supervisi kepada pengawas ke-pala sekolah guru dan semua pihak yang terkait melalui rapat-rapat dan atau melalui surat edaran. Selain itu terdapat temuan-temuan teori substantif berdasarkan data yaitu (1) proses perencanaan berdasarkan sistem perencanaan dari bawah (bottom up planning) dapat mendorong peningkatan peranan serta partisispasi penga-was sekolah dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan khususnya pembinan pe-ningkatan profesionalisme (2) sub organisasi supervisi satu jalur dan bersifat monistis serta pengorganisasiannya menekankan pada pendekatan non direk-tif dapat mendorong peningkatan aktifitas kerjasama koordinasi dan partisi-pasi aktif pada pembinan dalam bentuk supervisi (3) penggunaan pola pen-dekatan kolaboratif dalam memobilisasi kegiatan supervisi dapat menciptakan iklim dan kondisi kerja yang sehat dan kondusif (4) pengawasan dengan menggunakan pendekatan auto control mampu mempertahankan sistem pe-ngawasan dalam jangka panjang serta pengawas sekolah terbiasa untuk berini-siatif sekaligus melakukan koreksi terhadap diri sendiri dari berbagai penyim-pangan yang mungkin dilakukannya. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dikemukakan saran agar (1) Kepala Dinas lebih meningkatkan penggunaan sistem perencanaan dari bawah dalam perencanaan pembinaan dalam benuk supervisi (2) Kepala Dinas lebih me-ningkatkan penggunaan pola pendekatan kolaboratif dalam pengorganisasian sumber-sumber daya manusia dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dalam bentuk supervisi (3) Kepala Dinas lebih meningkatkan pola pendekatan auto control dalam pengembangan manajerial (4) Kepala Dinas lebih mening-katkan pendekatan pola auto control dalam pelaksanaan pengawasannya (5) Kepala Dinas lebih meningkatkan frekwensi sosialisasi supervisi agar tujuan supervisi dapat dipahami (6) pemerintah memberikan kesempatan kearah pe-ningkatan profesionalisme pengawas sekolah dengan melalui pendidikan khusus untuk calon pengawas dan (7) dilanjutkan penelitian mengenai aspek-aspek manajemen supervisi akademik dengan kasus yang sama di instansi lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63863

Actions (login required)

View Item View Item