Pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam dan kepala madrasah ibtidaiyah swasta di Kota Karang (studi multisitus pada MIS Nusa Lontar, MIS Nusa Bahari, dan MIS Nusa Kenari) / Umar Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam dan kepala madrasah ibtidaiyah swasta di Kota Karang (studi multisitus pada MIS Nusa Lontar, MIS Nusa Bahari, dan MIS Nusa Kenari) / Umar Ali

Ali, Umar (2012) Pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam dan kepala madrasah ibtidaiyah swasta di Kota Karang (studi multisitus pada MIS Nusa Lontar, MIS Nusa Bahari, dan MIS Nusa Kenari) / Umar Ali. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. dan (3) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci supervisi pengawas pendidikan agama Islam madrasah ibtidaiyah Pelaksanaan supervisi di madrasah ibtidaiyah oleh pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dalam rangka untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja serta profesionalisme guru. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan (1) program supervisi pengawas Pendidikan Agama Islam dan Kepala Madrasah Madrasah Ibtidaiyah (2) tekhnik supervisi pengawas Pendidikan Agama Islam dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (3) pendekatan supervisi pengawas Pendidikan Agama Islam dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah dan (4) pandangan guru Pendidikan Agama Islam terhadap supervisi oleh pengawas Pendidikan Agama Islam dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangannya adalah studi multisitus dengan metode induksi analitik yang dimodifikasi. Lokasi penelitian ini adalah MIS Nusa Lontar MIS Nusa Bahari dan MIS Nusa Kenari. Informan dalam penelitian ini adalah pengawas PAI Korwas Kepala madrasah wakil kepala madrasah dan guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Tekhnik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) pengamatan peran serta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dua tahap yaitu (1) analisis data situs individu dan (2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data melalui (1) kredibilitas (2) dependibilitas (3) konfirmabilitas dan (4) transferbilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) program supervisi yang disusun oleh pengawas PAI dan kepala madrasah dilakukan pada awal tahun pelajaran dan disosialisasikan kepada guru-guru PAI pada rapat awal tahun pelajaran (2) tekhnik supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas PAI dan kepala madrasah meliputi kunjungan kelas pertemuan pribadi atau dialog dan rapat dengan semua guru (3) pendekatan supervisi yang digunakan pengawas PAI dan kepala madrasah meliputi pendekatan ilmiah pendekatan artistik dan pendekatan klinis dan (4) pandangan guru PAI terhadap pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas PAI dan kepala madrasah adalah positip karena dapat meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas disarankan agar (1) bagi pihak Seksi Kelembagaan Agama Islam dan Pemberdayaan Masjid Kementerian Agama Kota Karang untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada para supervisor (pengawas PAI dan kepala madrasah) atau calon supervisor tentang penerapan prosedur supervisi yang seharusnya dilaksanakan (2) bagi pengawas PAI dan kepala madrasah agar (a) lebih rutin dalam melaksanakan supervisi (b) pelaksanaan supervisi sebaiknya tidak hanya terfokus pada supervisi akademik saja melainkan juga administratif (c) perlu diperhatikan bahwa teknik-teknik yang diterapkan dalam melaksanakan supervisi sebaiknya mempertimbangkan situasi dan kondisi di madrasah kesiapan sarana prasarana situasi belajar mengajar dan selalu berpendekatan kolaboratif dan (d) selalu melakukan inovasi dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan secara memadai dalam bidang supervisi (3) bagi para guru PAI bahwa pelaksanaan supervisi di madrasah ibtidaiyah ini ditujukan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan agar menjadi guru yang profesional. Keberhasilan dari tujuanj ini sangat tergantung pada tekad dan kemauan guru itu sendiri. Sehubungan dengan itu maka kepada guru PAI disarankan agar dapat memanfaatkan kesempatan serta peluang yang ada untuk disupervisi dan (4) bagi peneliti lain agar dapat mengungkap lebih jauh lagi dari apa yang telah ditemukan dalam penelitian mengenai pelaksanaan supervisi di Madrasah Ibtidaiyah swasta ini maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada Madrasah Ibtidaiyah lainnya baik negeri maupun swasta serta jenjang pendidikan madrasah di atasnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63862

Actions (login required)

View Item View Item