Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif (Studi multi kasus sekolah dasar panglima Sudirman, Sekolah Dasar Abdul Rahman, dan Sekolah dasar Welirang di kota Batu) / Budi Budaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif (Studi multi kasus sekolah dasar panglima Sudirman, Sekolah Dasar Abdul Rahman, dan Sekolah dasar Welirang di kota Batu) / Budi Budaya

Budaya, Budi (2011) Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif (Studi multi kasus sekolah dasar panglima Sudirman, Sekolah Dasar Abdul Rahman, dan Sekolah dasar Welirang di kota Batu) / Budi Budaya. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen pembiayaan sekolah dasar efektif sekolah dasar negeri sekolah dasar swasta. Pengelolaan pembiayaan dipandang sebagai komponen yang dominan dalam penyelenggaraan operasional sekolah. Sekolah dasar dipandang sebagai satuan pendidikan yang eksistensinya paling urgen. Sebagai salah satu bentuk pendidikan dasar sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling urgen keberadaanya. Dapat diketahui hal paling urgen di dalamnya yaitu pertama melalui jenjang pendidikan dasar peserta didik dibekali kemampuan dasar yang akan sangat berguna dalam menopang jenjang pendidikan yang ditempuh di atasnya. Kedua sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang menanamkan dasar-dasar bagi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya. Masalah dalam penelitian ini adalah difokuskan pada upaya-upaya sekolah untuk mengatasi pembiayaan pendidikan terutama ketika mulai tahun ajaran baru sementara dana BOS belum keluar. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah sekolah merencanakan mengupayakan mengevaluasi serta mempertanggung-jawabkan pembiayaan sekolah. Sehubungan dengan perihal tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan cara pelaksanaan satuan pendidikan sekolah dasar merencanakan anggaran pendapatan belanja sekolah (2) mengupayakan pendapatan dan mengatur belanja sekolah (3) melakukan evaluasi terhadap pendapatan dan belanja sekolah (4) mempertanggungjawabkan pembelanjaan sekolah. Penelitian ini menggunakan lima metode pendekatan sebagai berikut. (1) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan multikasus. (2) kehadiran peneliti peran peneliti sangat penting. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang berfungsi menetapkan fokus penelitian memilih situasi sosial dan informan sebagai sumber data melakukan pengumpulan data menilai kualitas data analisis data dengan menggunakan analisis komparasi konstan menafsirkan data dan membuat kesimpulan dari hasil temuan di lapangan. (3) lokasi penelitian ada tiga lokasi penelitian peneliti menentukan lokasi sebagai berikut SD Panglima Sudirman Kota Batu SD Abdul Rahman Kota Batu dan SD Welirang Kota Batu sebagai lokasi penelitian yang dianggap memiliki karakteristik khusus dalam reformasi bidang pendidikan di Kota Batu. (4) teknik pengambilan data. (5) teknik analisis data pengumpulan dan analisis data dalam penelitian kualitatif tidak mungkin dipisahkan satu sama lain karena keduanya berlangsung secara simultan. Hasil penelitian terkait urgensi dari pengelolaan pembiayaan sekolah utamanya di satuan pendidikan dasar ditemukan hasil-hasil sebagai berikut (1) pelaksanaan sekolah dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (a) merencanakan pembiayaan sekolah yang diilhami oleh visi dan misi (b) didasarkan adanya identifikasi kebutuhan sekolah dan melibatkan seluruh komponen sekolah (c) dikonsultasikan kepada komite sekolah (2) mengupayakan anggaran pendapatan dan belanja sekolah dapat digali melalui (a) sumber dari pemerintah pusat dan daerah (b) masyarakat dan wali murid serta kegiatan usaha sekolah (c) melalui kerjasama dengan masyarakat dunia usaha dan industri (3) dalam evaluasi anggaran pendapatan dan belanja sekolah maka sekolah akan melibatkan beberapa pihak (a) melibatkan pihak sekolah dan komite sekolah dalam melakukan evaluasi (b) melakukan evaluasi secara rutin baik secara formatif maupun sumatif (c) dalam mengevaluasi sekolah menggali saran dan masukan dari komponen sekolah (4) dalam mempertanggungjawabkan anggaran pendapatan dan belanja sekolah ada beberapa laporan (a) laporan pertanggung-jawaban terhadap pendapatan dan belanja sekolah yang diberikan kepada seluruh warga sekolah dan stakeholdernya (b) laporan disusun yang berorientasi akuntabilitas responsibilitas dan transparansi (c) membuat laporan kemajuan berkala atau progress report oleh pihak sekolah sehingga akan menghasilkan pembiayaan yang efektif. Adapun saran-saran dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut (1) bagi sekolah yaitu hendaknya berpedoman pada visi dan misi tujuan serta cita-cita dan keinginan stakeholder dalam melaksanakan asessment pembiayaan pendidikan yang didukung oleh data yang akurat representatif dan berwawasan ke masa depan (2) bagi pemerintah yaitu alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% maka hendaknya secara berkelanjutan dapat terwujud karena sektor pendidikan merupakan sektor yang vital dalam pembangunan daerah pemerintah kota harus dapat mencari sumber-sumber pembiayaan khusus sektor pendidikan yang menjadi wewenang pemerintah daerah (3) bagi pemerintah provinsi yaitu dalam menentukan dana pendidikan perlu memperhati-kan mengetahui sumber-sumber dan kebutuhan riil yang dibutuhkan oleh penye-lenggara pendidikan di tingkat provinsi dan kota atau kabupaten (4) bagi kementerian pendidikan nasional adalah mencari sumber-sumber pembiayaan khusus sektor pendidikan yang menjadi wewenang pemerintah pusat dan juga pembiayaan sektor pendidikan 20% adalah perhitungan secara mekanik yang bersifat relatif dari kecukupan hendaknya memperhatikan pembiayaan sektor pendidikan (5) bagi komite sekolah adalah peran komite sekolah cukup besar artinya maka perlu ditingkatkan melalui peran-peran yang lain seperti peran perencanaan pengawasan demi terciptanya pembiayaan yang transparan akuntabel efektif dan berkeadilan dan (6) bagi peneliti lain perlu pengembangan pengkajian dan penelitian tentang aspek yang lain dalam pembiayaan pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63857

Actions (login required)

View Item View Item