Penyelenggaraan pendidikan berbasis olahraga (studi multi kasus pada sekolah sepak bola) di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga Universitas Negeri Surabaya) / Amrozi Khamidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan pendidikan berbasis olahraga (studi multi kasus pada sekolah sepak bola) di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga Universitas Negeri Surabaya) / Amrozi Khamidi

Khamidi, Amrozi (2011) Penyelenggaraan pendidikan berbasis olahraga (studi multi kasus pada sekolah sepak bola) di Surabaya, Sekolah Menengah Atas Negeri Sidoarjo dan Prodi S1, S2, S3 Olahraga Universitas Negeri Surabaya) / Amrozi Khamidi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (III) Prof. Dr. Soepartono. Kata kunci penyelenggaraan pendidikan pendidikan berbasis olahraga Penyelenggaraan pendidikan sebagai proses pengembangan manusia yang berlangsung seumur hidup peran olahraga didalam rangka perkembangan dan pertumbuhan manusia seutuhnya adalah mutlak. Olahraga dapat merupakan alat yang ampuh untuk pembentukan fisik dan mental bangsa. Pembentukan fisik dimana dengan latihan-latihan olahraga akan memperkuat anggota tubuh maupun fungsi tubuh manusia. Fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik penyelenggaraan sekolah olahraga meliputi visi misi keunikan dan prestasi sekolah (2) karakteristik kurikulum dan proses kegiatan belajar mengajar terdiri atas acuan kurikulum target dan tujuan kurikulum dan metode pembelajaran dan proses kegiatan belajar mengajar (3) karakteristik profil sumber daya manusia terdiri atas perencanaa strategis SDM pembagian tugas dan keefektifan manajemen SDM dan (4) karakteristik sarana dan prasarana pendidikan terdiri atas gedung laboratorium lapangan multi media media informasi dan komunikasi dan sarana penunjang. Penyelenggaraan sekolah adalah upaya bersama membentuk sebuah lembaga pendidikan dan meliputi banyak komponen seperti tujuan kurikulum sumber daya manusia dan sarana prasarana sekolah. Karena menyangkut banyak komponen dan banyak orang yang bekerja di dalamnya maka perlu adanya pengaturan dan pembagian kerja yang baik disinilah fungsi dari manajemen pendidikan. Pendidikan berbasis olahraga adalah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri mendalami tentang ilmu olahraga baik itu berupa sekolah khusus olahraga kelas khusus olahraga maupun fakultas dan jurusan khusus olahraga. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Proses analisis data dengan deskriptip dilakukan dengan tiga jalur kegiatan yaitu (1) reduksi data atau penyederhanaan data (data reduction) (2) paparan data (display) (3) penarikan kesimpulan (conclusion verifying). Dalam penelitian ini akan diadakan pengecekan keabsahan data yang meliputi kredibilitas depentabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) visi dan misi lembaga pendidikan berbasis olahraga menjadi acuan penciptaan program dan pencapaian tujuan lembaga yang memadukan ilmu umum dan ilmu olahraga keunikan lembaga menggambarkan perbedaan dengan lembaga pendidikan umumnya prestasi lembaga mencerminkan keberhasilan yang memadukan antara keberhasilan pendidikan umum dan prestasi olahraga (2) acuan kurikulum lembaga pendidikan berbasis olahraga adalah dasar yang digunakan dalam pengembangan materi pengajaran yang memadukan kurikulum pelajaran umum dan ilmu olahraga target dan tujuan kurikulum lembaga merupakan keseimbangan antara keberhasilan pendidikan umum dan olahraga dan pembentukan atlit-atlit berprestasi metode dan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) memadukan antara pemberian materi pelajaran dan praktek olahraga mampu menghasilkan keberhasilan pendidikan umum dan prestasi olahraga (3) perencanaan strategis sumber daya masyarakat menjadi acuan pengembangan lembaga yang terprogram mampu mensejajarkan lembaga dalam mengikuti tuntutan perubahan zaman pengelolan pembagian tugas mengacu pada struktur organisasi diatur oleh lembaga pendidikan yang lebih tinggi mampu menjembatani proses manajemen yang efektif dan dinamis peningkatan keefektifan manajemen diawali dengan pembagian tugas yang tepat sesuai peningkatan kualitas SDM berdampak pada keberhasilan (4) pengelolaan sarana gedung dilakukan dengan memperhatikan manfaat serta kebutuhan dalam penyampaian materi dan disesuikan dengan kapasitas siswa serta tuntutan perkembangan lembaga penerapan pendidikan melalui sarana laboratorium mempermudah siswa menerima materi serta pendalaman kemampuan siswa mengikuti perubahan pengembangan sarana lapangan mutlak dilakukan khususnya terhadap cabang olahraga yang ada dan mengikuti rencana pengembangan sekolah penyediaan dan pengelolaan sarana multi media mempermudah proses belajar mengajar juga menjadikan lulusan yang menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi penyediaan dan pengelolaan sarana media informasi dan komunikasi mempermudah dan menambah wawasan dan menjadikan lulusan yang menguasai dan mengikuti perkembangan informasi penyediaan dan pengadaan sarana penunjang pendidikan tidak mutlak milik sekolah tetapi pemanfaatan dan kerjasama dengan pihak lain dapat ditempuh untuk mencapai tujuan lembaga. Penelitian ini merekomendasikan (1) pentingnya penyelenggaraan pendidikan berbasis olahraga diselenggarakan secara formal serta berjenjang dan berkelanjutan (2) adanya kurikulum yang tepat dan ditunjang SDM yang berkualitas yang sesuai dengan bidang ilmunya mutlak harus ada (3) peningkatan SDM melalui rekrutmen dan peningkatan kualitas melalui pendidikan lanjut sandwich penataran dan pelatihan sangat dibutuhkan (4) penambahan fasilitas agar semakin lengkap di tunjang perawatan dan optimalisasi penggunaan sarana prasarana sangat diperlukan (5) pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Negara Pemuda Olahraga memberi dukungan serta memfasilitasi terbentuknya pendidikan berbasis olahraga berjenjang dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63853

Actions (login required)

View Item View Item