Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar melalui kegiatan kelompok kerja guru (studi multisitus pada tiga gugus sekolah dasar di Kota Malang) / Djoko Andrijono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar melalui kegiatan kelompok kerja guru (studi multisitus pada tiga gugus sekolah dasar di Kota Malang) / Djoko Andrijono

Andrijono, Djoko (2011) Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar melalui kegiatan kelompok kerja guru (studi multisitus pada tiga gugus sekolah dasar di Kota Malang) / Djoko Andrijono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (2) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd dan (3) Prof. H. Ahmad Sonhadji K. H. M.A. Ph.D. Kata kunci kelompok kerja guru profesionalisme guru sekolah dasar gugus sekolah dasar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap (1) program kerja kegiatan KKG (2) mekanisme pelaksanaan kegiatan KKG dan (3) keterlibatan personel dalam kegiatan KKG. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multisitus yang merupakan suatu bentuk rancangan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di (1) Gugus III Dinoyo 2 Malang (2) Gugus II Bandungrejosari 1 Malang dan (3) Gugus II Purwantoro 1 Malang. Informan dalam penelitian ini meliputi (1) Kepala Dinas Pendidikan (2) Kepala SD Inti/Ketua Gugus SD (3) Kepala SD Imbas (4) Ketua KKG (5) Sekretaris KKG (6) Bendahara KKG (7) guru kelas SD Inti dan (8) guru kelas SD Imbas. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) observasi peranserta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan 2 (dua) tahap yang mencakup (1) analisis data situs tunggal (2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data melalui (1) kredibilitas (2) transferabilitas (3) dependabilitas (4) pengecekan anggota (5) diskusi dengan teman sejawat dan (6) dosen pembimbing. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) program kerja kegiatan KKG dalam Gugus disusun melalui (a) perencanaan program kerja kegiatan KKG dalam Gugus Ketua KKG perlu melakukan koordinasi dengan KKKS agar sesuai dengan kebutuhan guru-guru yang ada di SD Inti dan SD Imbas (b) jadual kegiatan KKG dalam Gugus memerlukan waktu kegiatan KKG yang diatur secara periodik dan berkesinambungan sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru-guru yang ada di SD Inti dan SD Imbas dan (c) materi kegiatan KKG dalam Gugus yang dibahas sudah sesuai dengan KBM (2) mekanisme pelaksanaan KKG diatur melalui (a) pola kegiatan KKG dalam Gugus yang digunakan oleh pengurus KKG adalah memberi surat undangan bagi guru-guru yang ada di SD Inti dan SD Imbas (b) strategi kegiatan KKG dalam Gugus untuk menyampaikan materi kegiatan KKG bagi guru-guru SD Inti dan SD Imbas menggunakan berbagai macam metode dan (3) keterlibatan personel dalam KKG menunjukkan bahwa (a) keterlibatan guru pada kegiatan KKG dalam Gugus dapat ditunjuk sebagai (1) Ketua (2) Sekretaris (3) Bendahara (4) Tutor dan (5) GPMP (b) keterlibatan GPMP pada kegiatan KKG dalam Gugus mempunyai peranan penting untuk membantu guru-guru SD Inti dan SD Imbas yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu (c) keterlibatan Tutor pada kegiatan KKG dalam Gugus mempunyai peranan penting untuk membantu guru-guru SD Inti dan SD Imbas yang mengalami kesulitan terkait dengan proses pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran dan (d) keterlibatan Pembina pada kegiatan KKG dalam Gugus mempunyai peranan penting dalam SPP karena Pembina dituntut memiliki kepekaan terhadap faktor yang mempengaruhi PBM dan hasil belajar yang menjadi tanggungjawabnya serta berperan sebagai penasehat atau fasilitator. Kesimpulan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut (1) program kerja kegiatan KKG untuk meningkatkan profesionalisme guru SD menunjukkan bahwa program kerja kegiatan KKG merupakan kebutuhan yang harus direncanakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas PBM serta hasil belajar (2) mekanisme pelaksanaan kegiatan KKG untuk meningkatkan profesionalisme guru SD menunjukkan bahwa mekanisme pelaksanaan kegiatan KKG sesuai dengan pola yang diterapkan oleh Ketua KKG dengan cara menyampaikan surat undangan yang ditanda tangani Ketua KKG dan Ketua Gugus. Penyusunan surat undangan disesuaikan dengan jadual kegiatan KKG yang tercantum dalam program kerja KKG. Surat undangan yang dibuat oleh Ketua KKG bersifat mengingatkan bagi para guru. Sedangkan strategi kegiatan KKG untuk pemberian tugas kepada guru menggunakan metode diskusi kelompok strategi kegiatan KKG yang lain yaitu memberikan pengarahan menggunakan metode ceramah apabila ada guru-guru yang belum mengerti menggunakan metode tanya jawab. Kegiatan KKG dalam Gugus dilaksanakan di SD Inti dengan SD Imbas sebagai anggota Gugus atau dilaksanakan di SD Imbas secara bergiliran dalam satu Gugus. Kegiatan KKG dalam Gugus terdiri atas SD Inti dan SD Imbas yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan (3) keterlibatan personel dalam pelaksanaan kegiatan KKG untuk meningkatkan profesionalisme guru SD menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam pelaksanaan kegiatan KKG dapat ditunjuk sebagai pengurus kegiatan KKG dengan kriteria tertentu. Keterlibatan guru dalam pelaksanaan kegiatan KKG meliputi (a) Ketua KKG (b) Sekretaris KKG (c) Bendahara KKG dan (d) koordinator kegiatan KKG kelas 1 s.d 6. Keterlibatan GPMP sangat memberikan manfaat bagi guru-guru SD Inti dan SD Imbas untuk mata pelajaran tertentu. Keterlibatan GPMP bermanfaat bagi guru SD Inti dan SD Imbas yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran maupun pengelolaan kelas. Keterlibatan GPMP mempunyai tugas (a) menularkan dan mengembangkan hasil penataran/diklat (b) mengimbaskan gagasan baru dan (c) memandu jalannya kegiatan KKG sesuai mata pelajaran. Keterlibatan Tutor bermanfaat untuk membantu guru-guru SD Inti dan SD Imbas yang mengalami kesulitan terkait dengan PBM. Keterlibatan Tutor dalam membantu guru-guru SD Inti dan SD Imbas dapat dilayani secara tutorial di PKG dan di dalam kelas. Tutor merupakan guru yang memiliki kemampuan menguasai seluruh mata pelajaran yang ada di SD Inti dan SD Imbas. Keterlibatan Pembina dapat memberikan motivasi bagi guru-guru SD Inti dan SD Imbas untuk berpartisipasi dalam setiap pertemuan kegiatan KKG. Keterlibatan Pembina pada pelaksanaan kegiatan KKG sifatnya memberikan pengarahan kepada guru-guru SD Inti dan SD Imbas terkait dengan proses pembelajaran. Keterlibatan Pembina pada pelaksanaan kegiatan KKG memberikan peranan sebagai penasehat bagi guru-guru SD Inti dan SD Imbas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63851

Actions (login required)

View Item View Item