Supervisi pengajaran berwawasan spiritual di sekolah dasar (Studi multisitus pada SDK Ursulin, SDK Yasukel dan SDN kota Ratu di Kabupaten Kelimutu) / Natsir B. Kotten - Repositori Universitas Negeri Malang

Supervisi pengajaran berwawasan spiritual di sekolah dasar (Studi multisitus pada SDK Ursulin, SDK Yasukel dan SDN kota Ratu di Kabupaten Kelimutu) / Natsir B. Kotten

Kotten, Natsir B. (2011) Supervisi pengajaran berwawasan spiritual di sekolah dasar (Studi multisitus pada SDK Ursulin, SDK Yasukel dan SDN kota Ratu di Kabupaten Kelimutu) / Natsir B. Kotten. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci supervisi pengajaran wawasan spiritual sekolah dasar Supervisi pengajaran berwawasan spiritual adalah supervisi oleh supervi-sor yang memiliki perilaku membangun karakter berdasarkan kemampuannya mengelola kecerdasan spiritualnya dengan berlandaskan pada nilai-nilai religius dan etika sosial keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan (1) program supervisi pengajaran yang disusun oleh supervisor yang berwawasan spiritual (2) teknik supervisi pengajaran berwawasan spiritual (3) pendekatan supervisi pengajaran berwawasan spiritual dan (4) sikap dan perilaku guru terhadap pelaksanaan super-visi pengajaran oleh supervisor yang berwawasan spiritual. Penelitian ini menggunakan rancangan studi multisitus dengan metode komparatif konstan. Lokasi penelitian di SDK Ursulin SDK Yasukel dan SDN Kota Ratu. Informan dalam penelitian ini adalah pada kepala sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) peng-amatan peranserta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dua tahap yaitu (1) analisis data situs individu dan (2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data melalui (1) triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pe-ngumpulan data (2) pengecekan anggota dan (3) diskusi sejawat serta arahan Dosen Pembimbing. Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) program supervisi pengajaran yang disusun oleh supervisor yang berwawasan spiritual disusun secara bersama dan bekerjasama dengan melibatkan guru dalam suatu tim kerja. Kerjasama dan kebersamaan tersebut dibangun dengan berlandaskan pada visi misi kreatif inspiratif bijaksana dan peduli pada orang lain dan dibangun dengan nilai-nilai relegius yang didasarkan pada kearifan spiritual atau keluhuran nurani (kecerdas-an jiwa) yaitu sosok dan perilaku yang ramah dan akrab arif dan bijak toleran humanis dan berwibawa (2) teknik supervisi pengajaran berwawasan spiritual dibangun dengan berlandaskan pada nuansa kebersamaan dan kekeluargaan dan dibangun dengan nilai-nilai relegius yang didasarkan pada kearifan spiritual atau keluharan nurani (kecerdasan jiwa) yaitu mengedepankan doa sebagai sumber kekuatan motivasi sikap arif dan bijak toleran dan humanis serta sikap ramah dan akrab (3) pendekatan supervisi pengajaran berwawasan spiritual dibangun dengan berlandaskan pada motivasi sebagai wujud dari sikap memberikan bim-bingan dan penguatan membangun semangat kerja memiliki komitmen dedikasi enerjik dan menjunjung tinggi etika dan wibawa akademik (norma). Pendekatan tersebut juga dibangun dengan berlandaskan nilai-nilai relegius yang didasarkan pada kearifan spiritual atau keluhuran nurani (kecerdasan jiwa) yaitu sosok dan perilaku yang ramah dan akrab humanis bersahaja memiliki keteguhan dan kasih sayang serta menjaga keutuhan sebagai wujud dari sikap memupuk keber-samaan dalam nuansa kekeluargaan dan rasa persaudaraan (4) sikap dan perilaku guru terhadap pelaksanaan supervisi oleh supervisor yang berwawasan spiritual dibangun dengan berlandaskan pada persepsi dan motivasi yang positif yaitu kepemimpinannya sangat baik sangat tepat sesuai sangat senang dan sangat menguntungkan. Di samping itu membangun semangat kebersamaan dan kerja-sama yang baik membangun relasi yang dilandasi pada keterbukaan dan sema-ngat persaudaraan dan kekeluargaan serta dibangun dengan berlandaskan pada nilai-nilai religius yang didasarkan pada kearifan spiritual atau keluhuran nurani (kecerdasan jiwa) yaitu pembinaan dan pelayanan yang mengutamakan doa sebagai sumber kekuatan sikap ramah dan akrab sikap teguh dan kasih sayang sikap arif dan bijak sikap toleran sikap humanis berwibawa dan bersahaja serta menjaga keutuhan. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas disarankan kepada (1) pihak Dinas PPO Kabupaten Kelimutu untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatih-an (Diklat) kepada para kepala sekolah atau calon kepala sekolah tentang Mana-jemen Supervisi Pengajaran Berwawasan Spiritual sebagai sentuhan penting bagi penanaman nilai-nilai kerja sebagai fondasi untuk memfungsikan kekuatan inte-lektual dan emosional memberi motivasi dan produktivitas kerja atas dasar ibadah dan mengantarkan manusia pada ketenangan diri sejati (2) bagi kepala sekolah disarankan agar memiliki pemahaman akan konsep dasar supervisi hubungan timbal balik dan keterampilan teknis dan non teknik yang berkaitan dengan peran wawasan spiritual atau nilai-nilai religius yang didasarkan pada kearifan spiritual atau keluhuran nurani (kecerdasan jiwa) dalam pembinaan dan pelayanannya (3) bagi para guru disarankan bahwa pelaksanaan supervisi peng-ajaran berwawasan spiritual yang berkaitan dengan pemberian bantuan yang bercorak palayanan dan bimbingan profesional telah dilakukan namun keber-hasilannya sangat tergantung pada tekad dan kemauan guru itu sendiri untuk meningkatkan diri atau tidak. Sehubungan dengan itu kepada guru-guru disaran-kan agar dapat memanfaatkan kesempatan serta peluang yang dibuat itu untuk meningkatkan motivasi dan disiplin diri terutama motivasi berprestasi (4) bagi peneliti lain disarankan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran yang berwa-wasan spiritual dapat memperbaiki kualitas mengajar meningkatkan kinerja dan menumbuhkan sikap profesional guru. Agar dapat mengungkap lebih jauh me-ngenai supervisi pengajaran yang berwawasan spiritual sebaiknya dilakukan pe-nelitian lebih lanjut pada sekolah-sekolah lainnya. Apabila hendak diadakan penelitian lebih lanjut maka disarankan supaya dilaksanakan pada beberapa situs.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63850

Actions (login required)

View Item View Item