Santosa, Joko (2011) Hubungan manajemen sarana dan prasarana sekolah, dampak sertifikasi guru, iklim sekolah, dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru pada SMK Negeri di Malang Raya / Joko Santoso. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd dan (III) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. Kata Kunci manajemen sarana dan prasarana sekolah dampak sertifikasi guru iklim sekolah motivasi berprestasi guru kinerja guru Pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilaksanakan dengan peningkatan sumberdaya manusia khususnya kinerja guru. Berkaitan dengan kinerja guru peningkatannya dilakukan melalui banyak cara diantaranya dengan meningkatkan motivasi guru melalui pemenuhan atas kebutuhan guru dalam menjalankan tugasnya dengan meningkatkan kesejahteraannya dan mengusahakan adanya kenyamanan bekerja. Oleh karena itu untuk guru-guru SMK Negeri di Kota Malang Kabupaten Malang dan Kota Batu atau Malang Raya perlu dikaji dan diteliti tentang kondisi guru terhadap aspek-aspek yang diduga dapat meningkatkan kinerja guru yaitu manajemen sarana dan prasarana sekolah dampak sertifikasi guru iklim sekolah motivasi berprestasi guru dan kinerja guru serta perlu diteliti apakah terdapat hubungan antar aspek-aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakan persepsi guru terhadap kondisi manajemen sarana dan prasarana sekolah dampak sertifikasi guru iklim sekolah motivasi berprestasi guru dan kinerja guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung antara variabel manajemen sarana dan prasarana sekolah dampak sertifikasi guru iklim sekolah dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model survey yang menggunakan angket sebagai intrumen penelitian. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan 550 guru-guru yang sudah bersertifikat profesi pendidik sampai dengan tahun 2010. Dari jumlah populasi 550 orang guru tersebut diambil sampel 213 orang guru dengan menggunakan teknik random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala Likert yang termodifikasi untuk menjaring data lima variabel yaitu (1) manajemen sarana dan prasarana sekolah (2) dampak sertifikasi guru (3) iklim sekolah (4) motivasi berprestasi guru dan (5) kinerja guru. Analisis data dilakukan dengan pemodelan persamaan struktural (SEM) dan menggunakan Software AMOS 18.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil penelitian berupa deskripsi kondisi variable-variabel manajemen sarana dan prasarana sekolah berada pada kategori tinggi dampak sertifikasi guru berada pada kategori tinggi iklim sekolah berada pada kategori tinggi motivasi berprestasi guru berada pada kategori tinggi dan kinerja guru juga berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur model hubungan antar variabel tidak terbukti secara empiris karena hubungan variabel dampak sertifikasi dengan kinerja guru tidak signifikan. Temuan penelitian terkait dengan hubungan langsung antar variabel adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel manajemen sarana dan prasarana sekolah dengan motivasi berprestasi guru yang berarti makin baik pengelolaan sarana dan prasarana sekolah akan semakin meningkatkan motivasi berprestasi guru (2) terdapat hubungan yang signifikan antara dampak sertifikasi guru dengan motivasi berprestasi guru (3) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi guru yang berarti iklim sekolah yang baik akan meningkatkan motivasi berprestasi guru (4) terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen sarana dan prasarana sekolah dengan kinerja guru (5) tidak terdapat terdapat hubungan yang signifikan antara dampak sertifikasi guru dengan kinerja guru yang berarti bahwa dampak sertifikasi tidak secara langsung mempengaruhi kinerja guru (6) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru dan (7) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru. Terkait dengan hubungan tidak langsung antar variabel diperoleh temuan (1) terdapat hubungan secara tidak langsung yang signifikan antara manajemen sarana dan prasarana sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru (2) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara dampak sertifikasi guru dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru dan (3) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara variabel iklim sekolah dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru bagi guru-guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoretis dalam memberikan kejelasan dalam memperkuat teori-teori yang telah dipergunakan sebagai dasar pengajuan model penelitian ini. Sebagian besar hubungan variabel yang diteliti mendukung teori yang telah dikembangkan peneliti-peneliti terdahulu dan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya terkait dengan guru. Hasil penelitian ini memberikan implikasi secara praktis terhadap upaya peningkatan kinerja guru dalam kaitanya dengan manajemen sarana dan prasarana sekolah dampak sertifikasi guru iklim sekolah motivasi berprestasi guru dan kinerja guru bagi guru-guru SMK Negeri di Malang Raya. Terkait dengan hasil penelitian ini diberikan saran-saran kepada beberapa pihak yaitu (1) untuk pemerintah pusat disarankan agar dapat membuat program pengembangan dan peningkatan motivasi guru melalui kegiatan-kegiatan antara lain pelatihan pendidikan karakter karena temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan langsung antara dampak sertifikasi guru dengan kinerja guru melainkan harus melalui motivasi berprestasi guru (2) untuk Dinas Pendidikan kota/kabupaten agar program pembinaan guru difokuskan pada aspek yang terkait manajemen sarana dan prasarana sekolah iklim sekolah dan motivasi guru (3) untuk kepala sekolah dan guru agar dapat menjadikan temuan ini sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja guru dan (4) untuk para teoretisi manajemen pendidikan dan peneliti lebih lanjut agar dapat menjadikan temuan penelitian ini sebagai pelengkap rujukan dalam mengembangkan pendidikan dan dalam mengadakan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63849 |
Actions (login required)
View Item |