Hubungan antara kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, dan budaya organisasi dengan kinerja guru kimia SMA se Malang Raya / Abu Bakar - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, dan budaya organisasi dengan kinerja guru kimia SMA se Malang Raya / Abu Bakar

Bakar, Abu (2011) Hubungan antara kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, dan budaya organisasi dengan kinerja guru kimia SMA se Malang Raya / Abu Bakar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd dan (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (III) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH M.A. Ph.D Kata kunci kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi budaya organisasi kinerja guru Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan ikut bertanggung jawab atas penyiapan tenaga kerja terdidik dengan kualifikasi yang dapat diandalkan untuk menjamin prestasi dan performance yang sepadan dengan tuntutan masa depan. Keunggulan daya saing sangat tergantung dari kualitas guru Kualitas kinerja guru dapat ditingkatkan melalui proses pendidikan. Tantangan yang akan dihadapi oleh guru adalah perubahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang menyangkut kinerja guru telah banyak hal yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru antara lain pelatihan penataran workshop tetapi dalam kenyataannya belum terlihat secara signifikan dengan peningkatan mutu hasil belajar siswa. Manusia merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang paling mulia dan sempurna. Kemuliaan dan kesempurnaan itu ditandai dengan dikaruniainya akal untuk menjalankan fungsinya sebagai pemimpin. Allah SWT menciptakan manusia dari dua dimensi pertama dimensi non materi dan yang lainnya dimensi materi kecerdasan spiritual sebagai dimensi non materi manusia secara bersama-sama dengan variabel kecerdasan emosional motivasi berprestasi budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi dan budaya organisasi dengan kinerja guru kimia pada SMA se Malang Raya dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional Penelitian deskriptif berupaya untuk memperoleh informasi berkenaan dengan fenomena yang diamati sedangkan penelitian korelasional berupaya menjelaskan ada tidaknya hubungan diantara berbagai variabel berdasarkan besar kecilnya koefisien korelasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan subyek yang berkaitan dengan kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi budaya organisasi dengan kinerja guru pada pendidikan menengah atas di Malang Raya. Anggota populasinya adalah guru-guru kimia yang beragama Islam pada pendidikan menengah atas se Malang Raya yang berjumlah 327 orang. Sampel diambil dari anggota populasi sebesar 180 orang yang dapat mewakili populasi dengan teknik random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuessioner untuk menjaring data kelima variabel yaitu (1) data kecerdasan spiritual (2) data kecerdasan emosional (3) data motivasi berprestasi (4) data budaya organisasi (5) data kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kecerdasan emosional guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi berprestasi guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual guru dengan budaya organisasi guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual guru dengan kinerja guru guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (5) terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan budaya organisasi guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (7) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (8) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan budaya organisasi guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (9) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (10) terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri dan Swasta se Malang Raya (11) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kecerdasan spiritual melalui kecerdasan emosional dengan kinerja guru (12) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kecerdasan spiritual melalui motivasi berprestasi dengan kinerja guru (13) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kecerdasan spiritual melalui budaya organisasi dengan kinerja guru (14) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kecerdasan emosional melalui kecerdasan motivasi berprestasi dengan kinerja guru (15) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kecerdasan emosional melalui kecerdasan budaya organisasi dengan kinerja guru (16) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara motivasi berprestasi melalui budaya organisasi dengan kinerja guru dan (17) terdapat hubungan secara bersama-sama yang signifikan antara kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi budaya organisasi dengan kinerja guru kimia se Malang Raya. Berdasarkan temuan penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi dan budaya organisasi memiliki hubungan signifikan baik langsung maupun tidak langsung dalam mewujudkan kinerja guru yang efektif. Oleh karena itu disarankan kepada (1) Dinas Pendidikan Nasional agar dalam pelaksanaan rekrutmen seleksi dan pengangkatan guru tidak hanya melihat dari aspek kecerdasan intelektual saja melainkan dipadukan dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sehingga memperoleh guru yang berkualitas (2) kepada Kepala Sekolah agar pengembangan kapasitas kinerja guru lebih difokuskan pada pengembangan aspek-aspek kecerdasan spiritual kecerdasan emosional motivasi berprestasi dan budaya organisasi (3) kepada guru-guru diharapkan selalu meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya karena kecerdasan ini dapat dikembangkan tanpa mengenal batas umur dan (4) diharapkan memperluas variabel penelitian karena masih terdapat beberapa variabel yang dapat berpengaruh terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63848

Actions (login required)

View Item View Item