Sutikno, Tri Atmadji (2011) Hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru, komunikasi organisasi, strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja dengan produktivitas kerja guru pada sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Tri Atmadji Sutikno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Ma-najemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (2) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (3) Prof. Dr. Wahjoedi M.E Kata kunci produktivitas kerja persepsi sertifikasi strategi konflik motivasi kerja. Guru menduduki posisi strategis un tuk meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas karena guru sebagai tenaga pendi dik terlibat langsung dalam aktivitas proses pembelajaran di kelas dan selu ruh proses pendidikan di sekolah. Agar tujuan tersebut dapat tercapai guru harus selalu meningkatkan produktivitas kerjanya. Produktivitas kerja guru dapat diukur dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pembimbingan penelitian dan penulisan artikel penggunaan media pembelajaran dan ketercapaian kenaikan dan kelulusan serta pelatihan yang diikuti. Tinggi rendahnya produktivitas kerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya persepsei tentang sertifikasi guru komunikasi organisasi strategi penyelesaian konflik dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan variabel-variabel persepsi tentang sertifikasi guru komunikasi organisasi strategi penyelesaian konflik motivasi kerja dan produktivitas kerja guru SMKN di Malang Raya. Disamping itu penelitian ini juga untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas baik secara langsung maupun tidak langsung dengan variabel terikat. Penelitian menggunakan rancangan analisis deskriptif dan korelasional dengan populasi guru SMKN di Malang Raya yang berjumlah 830 orang dan diambil sampel 264 orang. Instrumen yang mencakup variabel-variabel persepsi tentang sertifikasi guru komunikasi organisasi strategi penyelesaian konflik motivasi kerja dan produktivitas kerja dikembangkan dengan menggunakan skala Likert. Data dikumpul-kan dengan teknik proporsional random sampling yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis multivariat SEM-PLS dengan bantuan program SmartPLS 2. Hasil analisis ditemukan (1) persepsi tentang sertifikasi guru pada kategori baik komunikasi organisasi dalam kategori sangat baik strategi penyelesaian konflik pada kategori baik motivasi kerja pada kategori baik dan produktivitas kerja pada kategori baik (2) ada hubungan langsung yang signifikan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan motivasi kerja (3) ada hubungan langsung yang signifikan antara komunikasi organisasi dengan motivasi kerja (4) ada hubungan langsung yang signifikan antara strategi penyelesaian konflik dengan motivasi kerja (5) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan produktivitas kerja (6) ada hubungan langsung yang signifikan antara komunikasi organisasi dengan produktivitas kerja (7) ada hubungan langsung yang signifikan antara strategi penye lesaian konflik dengan produktivitas kerja (8) ada hubungan langsung yang signifikan antara motivasi dengan produktivitas kerja (9) ada hubungan tidak lang-sung yang signifikan antara persepsi tentang sertifikasi guru komunikasi organisasi strategi penyelesaian konflik dengan produktivitas kerja melalui motivasi kerja (10) ada hubungan langsung secara simultan antara persepsi tentang sertifikasi guru komu-nikasi organisasi strategi penyelesaian konflik dengan motivasi kerja dan (11) ada hubungan langsung secara simultan antara komunikasi organisasi strategi penyelesa-ian konflik motivasi dengan produktivitas kerja. Berdasar temuan penelitian disarankan sebagai berikut (1) untuk kepala sekolah hasil penelitian ini sebagai acuan dalam menentukan kebijakan dan strategi dalam mengelola organisasi sekolah khususnya dalam memotivasi guru untuk meningkatkan produktivitas kerjanya (2) untuk guru-guru hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan khususnya tentang produktivitas kerja (3) untuk pengawas sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membina guru dan kepala sekolah diwilayahnya dalam meningkatkan produkti vitas kerjanya dan kemampuan profe-sionalnya (4) untuk Kepala Dinas Pendi dikan di Malang Raya temuan penelitian ini dapat sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam memotivasi dan meningkatkan produktivitas kerja guru dan (5) untuk peneliti lain dibidang manajemen pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan khususnya yang berhubungan dengan produktivitas kerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63844 |
Actions (login required)
View Item |