Perubahan budaya organisasi sekolah potensial, standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional di Kabupaten Malang (studi multi kasus pada SMP potensial Kepanjen 5, SMP-SN Kepanjen 1 dan SMP-RSBI Kepanjen 4) / Sukirno Adianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan budaya organisasi sekolah potensial, standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional di Kabupaten Malang (studi multi kasus pada SMP potensial Kepanjen 5, SMP-SN Kepanjen 1 dan SMP-RSBI Kepanjen 4) / Sukirno Adianto

Adianto, Sukirno (2011) Perubahan budaya organisasi sekolah potensial, standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional di Kabupaten Malang (studi multi kasus pada SMP potensial Kepanjen 5, SMP-SN Kepanjen 1 dan SMP-RSBI Kepanjen 4) / Sukirno Adianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.H.Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (III) Prof. Dr.H. Ibrahim Bafadal M.Pd. Kata kunci budaya organisasi norma sikap standar sekolah. Pengembangan sekolah Potensial didasari filosofi kecakapan hidup (life skill).Maksudnya bahwa kenyakinan yang mendasar pada ketrampilan esensial kehidupan agar peserta didik mampu memecahkan dan mengatasi permasalah kehidupan yang di hadapi. Sedangkan pengembangan sekolah Standar Nasional didasari filosofis inovatif maksudnya bahwa sekolah berkeyakinan mampu melaksanakan inovasi inovasi khususnya dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pengembangan sekolah rintisan bertaraf Internasional didasari filosofis eksistensialisme dan filosofis esensialisme. Maksudnya berkeyakinan bahwa pendidikan harus menyuburkan dan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitas proses pendidikan yang bermartabat. organisasi merupakan pergeseran norma-norma sikap dan kebiasaan yang diterim Perubahan budaya a sebagai suatu kebenaran oleh semua orang dalam organisasi untuk melakukan suatu pekerjaan secara bersama sama diperlukan kemampuan dalam mengelola perubahan budaya organisasi yang perkembangan dilingkungan sekolah. Agar perubahan budaya organisasi sekolah dapat tercapai dengan maksimal maka sangat perlu motivasi inovasi sumber daya manusia yang selalu berorientasi pada hasil memberikan pelayanan yang baik jujur inovatif respons terhadap perubahan akuntanbilitas dan memiliki keinginan besar untuk berubah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan perubahan budaya norma-norma yang terjadi pada SMP Potensial Kepanjen 5. (2) mendiskripsikan perubahan budaya sikap yang terjadi pada SMP Standar Nasional Kepanjen 1. (3) mendiskripsikan perubahan kebiasaan yang terjadi pada SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari dua macam yaitu informan seperti kepala sekolah guru siswa staf sekolah dan komite sekolah pada SMP Potensial Kepanjen 5 SMP SN Kepanjen 1 dan SMP RSBI Kepanjen 4 sebagai data utama sedangkan data pelengkap dari peneliti sendiri. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode interaktif meliputi wawancara dan pengamatan peran serta metode dokumentasi untuk mengumpulkan data melalui dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yakni peneliti sendiri dan panduan pengumpulan data. Untuk menjaga kredibilitas (validitas) data dilakukan dengan kegiatan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perubahan dalam pelaksanaan norma-norma pada sekolah potensial standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional berubah menjadi lebih baik secara menyeluruh berkualitas terhadap lingkungan sekolah yang bersih tertib rapi sehat indah dan nyaman sesuai dengan aturan budaya organisasi dan tata krama yang berkembang dalam lingkungan sekolah. (2) sikap sekolah potensial standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional terhadap disiplin kerjasama kebijakan lingkungan ketertiban dan perkembangan sekolah secara menyeluruh dan berkualitas berubah menjadi lebih baik.(3) kebiasaan pada sekolah potensial standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional berubah menjadi lebih baik secara menyeluruh dalam kebiasaan melakukan kegiatan di sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku dalam budaya organisasi yang perkembangan dilingkungan sekolah. Sebagai kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa peruabahan budaya organisasi sekolah potensial standar nasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional terjadi perubahan yang sangat baik terhadap budaya norma-norma di sekolah sikap di sekolah dan kebiasaan di sekolah. Hal ini dapat terjadi karena sekolah mampu dengan baik mengelola perubahan yang terjadi di sekolah secara professional. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada (1) kepala sekolah dapat memahami menguasai untuk mengelola perubahan yang terjadi disekolah dengan baik untuk mewujudkan sumberdaya manusia berkualitas agar sekolah cepat berkembang menjadi lebih maju unggul dan mampu berdaya saing tinggi baik tingkat regional nasional dan internasional. (2) kepada guru-guru agar dapat memahami menguasai untuk mengelola perubahan budaya organisasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan dalam proses pembelajaran yang berkualitas untuk mewujudkan lulusan yang bermutu dan mampu berdaya saing tinggi ditingkat regional nasional dan internasional. (3)pemerintah Kabupaten Malang Dinas Pendidikan Kota Kabupaten dan Provinsi sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan kebijakan dalam mengembangkan sekolah potensial menjadi Sekolah SN dan Sekolah RSBI. Disamping itu bagi dinas pendidikan Kabupaten Kota dan Propinsi dapat dipakai untuk mempercepat perwujudan mutu pendidikan yang lulusannya mampu bersaing ditingkat regional nasional maupun internasional. (4) dengan perubahan budaya organisasi yang dikelola dengan baik maka pengawas sekolah dapat meningkatkan cara supervisi yang lebih professional terhadap perkembangan sekolah Potensial SN dan RSBI sehingga dapat mendorong perkembangan sekolah yang unggul dan berkualitas. (5) kepada peneliti lain dapat sebagai referensi dan memperkaya teori dalam pembahasan penelitian yang judul dan landasan teorinya sama. (6) bagi komite sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam membantu mewujudkan sarana dan prasarana sekolah yang layak dan usaha penggalian dana pengembangan pendidikan untuk mendukung perkembangan sekolah yang maju unggul dan bermutu seperti sekolah harapan masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63841

Actions (login required)

View Item View Item