Penerapan model bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Dessi Dianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Dessi Dianti

Dianti, Dessi (2016) Penerapan model bermain peran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Dessi Dianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dianti Dessi. 2016. Penerapan Model Bermain Peran Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Di Kelas V SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra. Hj. Sukamti M.Pd (II) Dra.Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd Kata Kunci Model Bermain Peran Aktivitas Hasil Belajar PKn SD. Bedasarkan observasi awal peda pembelajaran PKn kelas V di SDK Wingnya Mandala diketahui bahwa terdapat permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas V. Permasalahan tersebut antara lain (1) siswa asik berbicara sendiri bersama teman sebangku ketika guru menjelaskan pelajaran (2) rendahnya tingkat partisipasi aktif dalam pembelajaran (3) pembelajaran masih bersifat teacher centered. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan dominasi cermah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka model pembelajaran bermain peran perlu di kenalkan dan di terapkan sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan kerjasama tanggung jawab dan minat dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model bermain peran pada pembelajaran PKn siswa kelas V SDK Wignya Mandala (2) mendeskripsikan peningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan model bermain peran (3) mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model bermain peran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan pengamatan refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDK Wignya Mandala dengan jumlah siswa 17 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskrtitif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model bermain peran pada Pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDK Wignya Mandala. Hal ini dilihat dari perolehan observasi tentang aktivitas siswa yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai rata-rata sebelumnya (67 23) mengalami peningkatan peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar (85 82). Disarankan sebelum melaksanakan model bermain peran perlu adanya pengorganisasian waktu dan kelas dengan baik agar pembelajaran lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item