Kepemimpinan spiritual pada pesantren mahasiswa (studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Ulul Albab, Ulul Yaqin dan Ulul Hikam Malang) / Mokhamad Endri Julianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan spiritual pada pesantren mahasiswa (studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Ulul Albab, Ulul Yaqin dan Ulul Hikam Malang) / Mokhamad Endri Julianto

Julianto, Mokhamad Endri (2011) Kepemimpinan spiritual pada pesantren mahasiswa (studi multisitus pada Pesantren Mahasiswa Ulul Albab, Ulul Yaqin dan Ulul Hikam Malang) / Mokhamad Endri Julianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH. Ph.D. dan (III) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadlal M.Pd. Kata kunci kepemimpinan spiritual budaya organisasi pesantren mahasiswa nilai spiritual. Tipologi kepemimpinan dalam mengimplementasikan nilai-nilai spiritual untuk menciptakan budaya organisasi pesantren mahasiswa yang efektif. Tugas seorang pemimpin adalah mempengaruhi orang yang dipimpin untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan visi misi core values dan core belief organisasi. Pemimpin spiritual adalah pemimpin yang mempengaruhi orang yang dipimpin dengan cara mengilhamkan mencerahkan menyadarkan membangkitkan memampukan dan memberdayakan lewat pendekatan spiritualitas atau nilai-nilai etis religius. Nilai-nilai etis religius inilah yang berperan sebagai mission-focused vision-directed philosophy-driven dan value- based institution. Ada tiga fokus terbagi dalam beberapa sub fukus yang perlu dijawab dalam penelitian ini yakni (1) tipologi kepemimpinan terdiri dari (a) perspektif kepemimpinan spiritual (b) spiritualitas kepemimpinan (c) tipologi kepemim pinan spiritual. (2) tugas dan fungsi kepemimpinan spiritual dalam proses (a) pengambilan keputusan (b) pengendalian konflik dan (c) pembangun tim (3) Sistem nilai spiritual kepemimpinan dalam budaya organisasi pesantren mahasiswa meliputi (a) ragam nilai spiritual kepemimpinan dalam budaya organisasi pesantren mahasiswa (b) sistem nilai kepemimpinan spiritual dalam budaya organisasi pesantren mahasiswa (c) hambatan dan solusi penerapan nilai-nilai kepemimpinan spiritual di pesantren mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di tiga pesantren mahasiswa yaitu pesantren mahasiswa Ulul Albab Ulul Yaqin dan Ulul Hikam di kota Malang Jawa Timur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dirancang menggu nakan studi multi-situs. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi (1) teknik pengamatan partisipatif (2) teknik wawancara mendalam dan (3) teknik dokumentasi. Sedangkan informannya dipilih dengan menggunakan teknik purposive yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan credibility (keterpercayaan) transferability (keteralihan) dependability (kebergantungan) dan confirmability (kepastian). Begitu data secara keseluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan analisis dalam situs maupun analisis antar situs. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Perspektif kepemimpinan spiritual pesantren mahasiswa merupakan organisasi yang beranggotakan para pimpinan struktural universitas dan atau yayasan serta beberapa kyai senior kemudian disebut sebagai majelis pengasuh sebagai badan tertinggi di pesantren mahasiswa secara fungsional merupakan pengasuh pengurus harian dan sebagai pemimpin serta pengasuh santri mahasiswa. Segala bentuk pengadbiannya didasarkan pada pengemban amanah berdasarkan nilai-nilai spiritual keagamaan (Islam). (2) Spiritualitas kepemimpinan dalam majelis pengasuh teraktualisasi dalam mempengaruhi orang yang dipimpin dengan cara mengilhamkan mencerahkan menyadarkan membangkitkan memampukan dan memberdayakan lewat pendekatan spiritualitas atau berperan sebagai mission-focused vision-directed philosophy-driven dan value- based institution. (3) Tipologi kepemimpinan berkecenderungan pada perilaku kepemimpinan kolegialpartisipatif demokratis -religio spiritual bergantung kepada kapasitas peran dan otoritas yang dipenuhi majelis Pengasuh serta kewenangan yang diberikan kepada pengurus harian. (4) Pengambilan keputusan majelis pengasuh dan atau pengurus harian dilakukan melalui musyawarah dan inisitif-inisiatif sebagai proses penetapan tujuan dan sosialisasi program dalam memperkaya gagasan dan keterlibatan semua pihak. (5) Penyelesaian konflik bersifat individual mediasi klarifikasi (tabayyun) proses ikrar dan perjanjian (tajdidun niyah) dan proses meja hijau (mahkamah) sebagai upaya penegakan syari ah. (6) Pembangunan tim dilakukan melalui proses intensitas pertemuan dan pemerataan komunikasi di antara pengurus pemanfaatan moment-moment pelibatan para musrif dan musrifah di pesantren mahasiswa. (7) Ragam nilai kepemimpinan spiritual dalam budaya organisasi pesantren mahasiswa terdapat perbedaan skala nilai prioritas (scale priorities) pada warga pesantren mahasiswa. (8) Sistem nilai kepemimpinan spiritual dalam budaya organisasi pesantren mahasiswa terdapat kesepakatan nilai yang dianut bersama pada warga pesantren mahasiswa. (9) Terdapat beberapa hambatan dan solusi penyesaian dalam kepemimpinan spiritual di pesantren mahasiswa. Implikasi penelitian ini dapat mengilhami pola kepemimpinan pesantren mahasiswa yang selama ini dipimpin secara tradisional kompensional dan individual minded. Menggunakan kepemimpinan spiritual dalam pesantren mahasiswa akan mengembalikan (khitoh) sebagai lembaga mulia (noble industry) berbasis nilai-nilai spiritual keagamaan (religio spiritual) yang mampu menciptakan budaya organisasi pesantren mahasiswa lebih efektif dan bermutu. Disarankan kepada majelis Pengasuh dan para pengurus harian pesantren mahasiswa hendaknya senantiasa tidak henti-hentinya mengembangkan profesionalisme dan pesantren perlu kiranya semakin mendapat perhatian semua pihak (stake holders) untuk pengembangan dimasa mendatang sehingga menjadi lembaga pendidikan alternatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63838

Actions (login required)

View Item View Item