Pengembangan model manajemen kinerja organisasi dengan pendekatan balance scorecard dan analytical hierarchy process pada program studi teknik industri Universitas Muhammadiyah Gresik / Sunardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model manajemen kinerja organisasi dengan pendekatan balance scorecard dan analytical hierarchy process pada program studi teknik industri Universitas Muhammadiyah Gresik / Sunardi

Sunardi (2011) Pengembangan model manajemen kinerja organisasi dengan pendekatan balance scorecard dan analytical hierarchy process pada program studi teknik industri Universitas Muhammadiyah Gresik / Sunardi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. MA. Ph.D. (II) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. (III) Prof. Dr. Willem Mantja. Kata kunci model manajemen kinerja balance scorecard analytical hierarchy process program studi Teknik Industri. Model manajemen kinerja program studi teknik industri perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) dapat dikembangkan dengan menggunakan metode yang dapat membantu dan memudahkan upaya peningkatan kinerja organisasi di waktu yang akan datang Aspek penting dalam pengembangan model manajemen kinerja program studi teknik industri adalah mengidentifikasi dan mengembangkan indikator-indikator kinerja yang dianggap penting bagi organisasi pendidikan. Indikator-indikator kinerja yang dikembangkan digunakan sebagai dasar untuk mengimplementasikan strategi dalam upaya mencapai tujuan-tujuan. Indikator kinerja juga digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja serta upaya peningkatan kinerja melalui diagnosis dan perbaikan kinerja yang berkesinambungan. Universitas Muhammadiyah Gresik yang terletak di kabupaten Gresik propinsi Jawa Timur mempunyai peran dan potensi yang besar sehingga memerlukan suatu metode untuk meningkatkan kinerjannya. Balance scorecard merupakan salah satu sistem manajemen yang populer dan karena kelebihannya dipilih sebagai metode untuk mengembangkan model manajemen kinerja organisasi program studi teknik industri Universitas Muhammadiyah Gresik. Balance scorecard merupakan pendekatan konseptual dan analitik untuk memerikan model ke dalam perspektif-perspektif. Dengan mengimplementasikan balance scorecard diharapkan mampu melakukan perubahan manajemen dan peningkatan kinerja yang berkesinambungan. Balance scorecard dirancang untuk menterjemahkan visi misi dan strategi program studi ke dalam enam perspektif yaitu perspektif finansial perspektif mahasiswa dan lulusan perspektif jasa pemakai perspektif proses internal perspektif pemberdayaan sumberdaya manusia dan perspektif tumbuh dan belajar. Untuk menganalisis perspektif dan indikator kinerja pada perspektif digunakan metode analytical hierarchy process. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan model manajemen kinerja yang meliputi perancangan proses perencanaan pengukuran evaluasi diagnosis dan tindakan perbaikan kinerja dengan menerjemahkan visi misi dan strategi program studi ke dalam inisiatif strategi tujuan-tujuan dan indikator-indikator kinerja dari ke enam perspektif. Indikator kinerja proses menggambarkan inisiatif strategi dan indikator kinerja hasil menggambarkan tujuan-tujuan strategis. Selanjutnya untuk menilai keberhasilan suatu organisasi dengan menentukan faktor keberhasilan tiap perspektif pada indikator kinerja hasil. Perencanaan kinerja adalah suatu target kinerja yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja. Dengan menghubungkan indikator kinerja hasil dan indikator kinerja proses dapat dilakukan diagnosis dan tindakan perbaikan kinerja. Faktor-faktor keberhasilan yang dirancang yaitu penerimaan pembiayaan saving mahasiswa drop out tingkat kepuasan mahasiswa tingkat kepuasan lulusan kepuasan jasa pemakai terhadap lulusan yang bekerja dan studi lanjut produk lembaga rasio penelitian hibah dari jasa pemakai tingkat kemudahan mahasiswa kerja praktek dan magang rasio instansi kerja sama menggunakan lulusan IPK lulusan 8805 3 00 penguasaan lulusan terhadap IT % lulusan yang akan menjadi pengusaha emotional quotient Toefl lulusan lama studi 8804 4 tahun lama tunggu lulusan memperoleh pekerjaan pertama 8804 6 bulan % lulusan bekerja sesuai bidang ilmu % hasil penelitian yang dipublikasikan jumlah pengabdian masyarakat sesuai bidang ilmu % staf pengajar berpendidikan S2 dan S3 staf pengajar lektor kepala dan guru besar tingkat kepuasan kerja staf pengajar kualitas layanan tenaga kependidikan tingkat kepuasan kerja tenaga kependidikan tingkat kepuasan terhadap jaringan IT bagi mahasiswa tingkat kepuasan terhadap jaringan IT bagi staf pengajar tingkat kepuasan terhadap jaringan IT bagi tenaga kependidikan jumlah kerja sama penelitian utilitas kelas utilitas laboratorium utilitas perpustakaan kualitas iklim kerja tingkat kualitas kecendekiawanan staf pengajar dan komitmen staf pengajar terhadap visi dan misi lembaga. Untuk menganalisis perspektif dan indikator kinerja dengan bantuan software expert choice 11. Hasil pengembangan aalah model manajemen kinerja organisasi program studi teknik industri UMG berbasis balance scorecard dan analytical hierarchy process terdiri dari Buku I Pedoman Umum Buku II Manual Pengukuran Kinerja Instrumen Pengumpulan Data dan Cara pengolahan Data dan Buku III Manual Evaluasi Diagnosis dan Tindakan Perbaikan Kinerja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63837

Actions (login required)

View Item View Item