Hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD negeri di Kota Kupang / Petrus Maupula - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD negeri di Kota Kupang / Petrus Maupula

Maupula, Petrus (2010) Hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, profesionalisme guru, kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD negeri di Kota Kupang / Petrus Maupula. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perilaku kepemimpian kepala sekolah iklim organisasi sekolah profesionalisme guru kepuasan kerja guru kinerja guru. Peningkatan kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu handal dan professional. Guru merupakan tenaga professional yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan penentu kualitas pendidikan perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kinerja guru. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja guru antara lain perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah profesionalisme guru dan kepuasan kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah profesionalisme guru kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (2) hubungan langsung dan tidak langsung antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah profesionalisme guru dan kepuasan kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Kupang. Populasi penelitian ini adalah 684 orang guru pada SD Negeri di Kota Kupang. Dengan menggunakan formula Cochran dan Warwick diperoleh jumlah sampel 277 orang guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik proporsional random sampling dan pengumpulan data digunakan kuesioner model Skala Likert. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik multivariate SEM-AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berada pada ketegori cukup baik. Sementara hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0 05 % atau taraf kepercayaan 95% terdapat (1) hubungan langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di kota Kupang (2) hubungan langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang (3)hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang (4) hubungan tidak langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru melalui iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di Kota Kupang (5) hubungan langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di kota Kupang (6) hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (7) hubungan langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (8) hubungan langsung yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui iklim organisasi sekolah pada SD Negeri di Kota Kupang (9) hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang (10) hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kupang (11) hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (12) hubungan langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (13) hubungan langsung yang signifikan antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang (14 hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru melalui profesionalisme guru pada SD Negeri di Kota Kuapng (15) hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang dan (16) hubungan tidak langsung yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru pada SD Negeri di Kota Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Kupang disarankan kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi untuk dipertahankan bahkan disikapi untuk dikembangkan terhadap penilaian kinerja kepala sekolah maupun guru sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya (2) bagi kepala sekolah disarankan kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi yang berguna dalam rangka memperbaiki perilaku kepemimpinan menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan meningkatkan profesionalisme guru sehingga pada gilirannya dapat meningkat pula kinerja guru di sekolah (3) bagi guru disarankan kiranya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk dipertahankan dan ditingkatkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (4) bagi pengembangan manajemen pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan pengembangan teori ilmu manajemen pendidikan khususnya yang berkaitan dengan variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini dan (5) bagi peneliti lanjutan disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan dalam memasukan variabel-variabel lainnya di luar variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim organisasi sekolah profesionalisme guru dan kepuasan kerja guru sehingga temuan hasil penelitiannya nanti akan dapat menambah wawasan bagi peneliti-peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63835

Actions (login required)

View Item View Item