Tajuddin, Ratmawati (2010) Hubungan kualifikasi kepala sekolah, intensitas pendidikan dan pelatihan, lingkungan kerja dan motivasi kerja dengan kompetensi kepala sekolah dasar negeri di kota Makassar / Ratmawati Tajuddin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kualifikasi kepala sekolah intensitas pendidikan dan pelatihan lingku-ngan kerja motivasi kerja dan kompetensi kepala sekolah. Maju tidaknya sekolah akan sangat ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah dalam mengelola dan mengatur potensi sekolah. Untuk memainkan peranan kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah dan untuk mewujudkan suatu prestasi yang lebih baik dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah maka kepala sekolah seharusnya memiliki potensi-potensi dalam berbagai aspek yang terkait dengan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah. Kemajuan dan perkembangan suatu sekolah sangat ditentukan oleh atensi dan kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga kiprah kepala sekolah di dalam menjalankan visi misi dan strategi sekolah dapat terwujud. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kompetensi kepala sekolah termasuk diantaranya adalah pendidikan pengalaman pelatihan lingkungan kerja dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualifikasi kepala sekolah intensitas pendidikan dan pelatihan lingkungan kerja motivasi kerja dan kompetensi kepala sekolah SDN di Kota Makassar. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Populasi penelitian ini adalah 367 orang kepala sekolah SDN di Kota Makassar. Dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michel untuk taraf kepercayaan 1% diperoleh jumlah sampelnya 239 orang. Penetapan besaran sampel tiap sub-populasi menggunakan teknik proportional random sampling dan pengambilan individu menjadi anggota sampel digunakan teknik undian. Pengumpulan data digunakan kuesioner model skala poin lima pilihan. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik multivariat SEM dengan bantuan program software Amos (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi kualifikasi kepala sekolah berada pada kategori sangat tinggi intensitas pendidikan dan pelatihan pada kategori tinggi lingkungan kerja pada kategori sangat baik motivasi kerja pada kategori sangat tinggi dan kompetensi kepala sekolah berada pada kategori tinggi. (2) ada hubungan yang signifikan antara kualifikasi kepala sekolah intensitas pendidikan dan pelatihan lingkungan kerja dan motivasi kerja dengan kompetensi kepala sekolah. (3) tidak ada hubungan yang signifikan secara langsung antara intensitas pendidikan dan pelatihan dengan motivasi kerja (4) ada hubungan yang signifikan secara langsung antara lingkungan kerja dengan motivasi kerja (5) ada hubungan yang signifikan secara langsung antara kualifikasi kepala sekolah dengan kompetensi kepala sekolah (6) ada hubungan yang signifikan secara langsung antara intensitas pendidikan dan pelatihan dengan kompetensi kepala sekolah (7) tidak ada hubungan yang signifikan secara langsung antara lingkungan kerja dengan kompetensi kepala sekolah (8) ada hubungan yang signifikan secara langsung antara motivasi kerja dengan kompetensi kepala sekolah (9) ada hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara lingkungan kerja dengan kompetensi kepala sekolah melalui motivasi kerja. Saran penelitian kepada (1) Kementerian Pendidikan Nasional agar hasil temuan penelitian dapat menyusun standar penilaian kinerja kepala sekolah beasiswa pendidikan pendidikan karakter merumuskan kebijakan tentang standar lingkungan kerja sekolah dan memasukkan dimensi kompetensi pedagogik pada Permen diknas No. 13 tahun 2007. (2) Pemerintah Daerah dan KPN Kota Makassar agar temuan penelitian ini dapat melakukan evaluasi kinerja kepala sekolah pada standar kompetensi kepala sekolah membuat komitmen dalam bentuk evaluasi kinerja kepala sekolah melakukan pemilihan kepala sekolah berprestasi secara berkala merumuskan kebijakan untuk perbaikan mutu lingkungan kerja sekolah dan mengadakan sosialisi pelatihan penjenjangan/diklatpim khususnya bagi kepala SDN di Kota Makassar. (3) lembaga pendidikan dan pengembangan profesional kepala sekolah agar temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar assesment analisis kebutuhan terhadap kompetensi kepala sekolah menyusun kurikulum pelatihan karakter kekepalasekolahan melakukan follow up pasca. (4) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan agar temuan ini memberikan gambaran kompetensi kepala sekolah di Kota Makassar dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi kepala sekolah menyusun kurikulum dengan mempertimbangkan ukuran kinerja kepala sekolah dan karakter kekepalasekolahan dapat dijadikan sebagai bahan ajar khususnya pada jurusan manajemen pendidikan/admninistrasi pendidikan dan membuka jurusan khusus untuk kepala sekolah bagi calon kepala sekolah. (5) kepada kepala sekolah dasar negeri di Kota Makassar agar hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan sebagai gambaran kompetensi yang dimilikinya yang dipersepsikan oleh guru-guru mereka dimensi komptensi kepala sekolah dipajang di ruang kerja kepala sekolah dan memperbaiki lingkungan kerja sekolah. (6) teoretisi manajemen pendidikan pada khususnya agar temuan penelitian ini dijadikan masukan dalam pengembangan teori-teori ilmu manajemen pendidikan. Dan (7) para peneliti lain yang menaruh minat kuat untuk meneliti tentang kompetensi kepala sekolah agar temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan dalam mencari dan atau menelusuri variabel-variabel lainnya di luar variabel yang diteliti dalam disertasi ini agar dapat menambah wawasan bagi peneliti-peneliti berikutnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63834 |
Actions (login required)
View Item |