Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif (studi multikasus pada tiga SD/MI Kota Malang) / Sugeng Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif (studi multikasus pada tiga SD/MI Kota Malang) / Sugeng Utomo

Utomo, Sugeng (2009) Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif (studi multikasus pada tiga SD/MI Kota Malang) / Sugeng Utomo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Di Indonesia ekspetansi pendidikan sekolah dasar dilakukan sejak dilancarkanya beberapa instruksi presiden (Inpres) tahun 1973/ 1974. Melalui proyek-proyek yang diadakan atas dasar inpres tersebut kesempatan diperluas kepada anak usia 7-16 tahun untuk mendapatkan pendidikan. Namun meskipun secara kuantitatif Indonesia telah mampu mengupayakan pemerataan pendidikan sekolah dasar permasalahan yang dihadapi pendidikan sekolah dasar di Indonesia ini sekarang justru terletak di kualitasnya. Sebab kualitas pendidikan belum memenuhi target yang diharapkan sehingga dari segi peningkatan mutunya masih jauh lebih banyak dan perlu diupayakan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana manajemen substasi kepala sekolah yang efektif dalam mengelola sekolah unggul pada 3 SD/MI di kota Malang Bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam mengelola 3 SD/MI unggul di Kota Malang. Lokasi Penelitian ini di MIN Malang I SDN Kauman I Malang SDN Madyopuro IV Malang. Sekolah tersebut adalah sekolah-sekolah yang prestasi akademis dan non akademis unggul di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta pasif (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik Snawball Sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data (b) penyajian data (c) penarikan kesimpulan. (d) analisis data individu (e) analisis data lintas kasus. Agar memperolah keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria (1) kredibilitas data (2) transferbilitas (3) dependebilitas data (4) konfirmabilitas. Dari hasil paparan data penelitian di lapangan ditemukan sebagai berikut manajemen yang efektif pada ke tiga kasus penelitian adalah sebagai berikut kasus 1 (satu) a) pengelolaan rotasi kelas berdasarkan pengelompokan prestasi (achievement grouping) dapat menjadi sarana evaluatif bagi perkembangan akademik murid dan dapat memperbaiki prestasi belajar murid secara individu b) Penyediaan dan Pengelolaan Fasilitas Laboratorium c). Pengelolaan Perpustakaan yang baik dengan tersediaanya buku teks buku bacaan dan piranti elektronik yang memadai dapat mempertinggi kualitas aktifitas belajar murid d). Kurikulum yang diterapkan mengacu pada kurikulum tahun 2004 yaitu kurikulum KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Temuan penelitian di kasus 2 (dua) adalah a) Sistem kenaikan kelas yang ketat dan apa adanya sesuai dengan standar akademik yang ditetapkan sekolah telah meningkatkan persaingan di antara para siswa untuk selalu meningkatkan kualitas belajarnya b) Fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang tepat jumlah dan mutu c) Dalam mengelola perpustakaan Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah melaksanakan pengawasan dan Wakil Kepala Sekolah melaporkan ke Kepala Sekolah. d) Kurikulum juga dikembangkan sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003. Untuk kepemimpinan yang efektif pada tiga kasus yakni kasus 1 adalah a) Visi terwujudnya madrasah berstandar nasional yang handal dan Islami. Misi (1) menciptakan suasana madrasah yang Islami (2) menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif dan berwawasan teknologi (3) menciptakan SDM yang adaptif kompetitif dan kooperatif dengan mengembangkan multi kecerdasan (4) menjadikan lingkungan madrasah sebagai sumber belajar (5) membangun citra madrasah sebagai mitra terpercaya masyarakat di bidang pendidikan. b) Stuktur organisasi Sekolah MIN I Malang mengharuskan adanya Wakil Kepala Sekolah. Jumlah Wakil Kepala Sekolah berjumlah 3 Wakil Kepala Sekolah. (c) Untuk meningkatkan potensi guru Guru-guru MIN selalu diadakan pembinaan. (c) Peningkatan aktivitas dan wawasan siswa dilaksanakan melalui ekstrakurikuler. Pada kasus 2 (dua) adalah a) Visi membangun SDM unggul yang berakhlak mulia. Misi sekolah tersebut adalah (1) meningkatkan kompetisi akademik dan non akademik (2) meningkatkan mutu kompetisi dan profesional guru (3) meningkatkan mutu sarana dan prasarana pembelajaran (4) meningkatkan mutu pembelajaran yang pakem (5) menyelenggarakan sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.dan (6) menyelenggarakan pembelajaran secara bilingual. b) Struktur organisasi sekolah SDN Kauman I terdiri dari Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah Dewan Sekolah Urusan kurikulum urusan kesiswaan urusan ketenagaan urusan sarana prasarana urusan keuangan dan urusan humas serta guru. c) Peningkatan potensi guru dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kotamadya. d) Peningkatan aktivitas dan wawasan siswa dilaksanakan melalui ekstrakurikuler. Pada sitius 3 manajemen yang efektif temuannya sebagai berikut a) Tatatertib ini telah ditulis dan disosialisasikan kepada siswa wali murid dan masyarakat. b) Fasilitas dan ruang yang sangat memadai baik secara kuantitatif maupun kualitatif. c) Pengelolaan perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Madyopuro menekankan pada kedisiplinan siswa. d) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Kurikulum 2006/2007 Kurilulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Temuan penelitian kasus tiga pada kepemimpinan Kepala Sekolah yang efektif a) Visi terciptanya SDM yang unggul bertaqwa dan berakhlak Mulia. Misi (a) meningkatkan kompetisi akademik dan non akademik (b) meningkatkan mutu kompetisi dan profesional guru (c) meningkatkan mutu sarana dan prasarana pembelajaran (d) meningkatkan mutu pembelajaran yang pakem (e) menyelenggarakan sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. c) Peningkatan potensi guru dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kotamadya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63822

Actions (login required)

View Item View Item