Model dan paket pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen strategik di Sekolah Dasar Matahari Terbit Surabaya / Erny Roesminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Model dan paket pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen strategik di Sekolah Dasar Matahari Terbit Surabaya / Erny Roesminingsih

Roesminingsih, Erny (2009) Model dan paket pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen strategik di Sekolah Dasar Matahari Terbit Surabaya / Erny Roesminingsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roesminingsih E. 2009. Model dan Paket Pelatihan Penigkatan Mutu Guru dalam Perspektif Manajemen Strategik di SD Matahari Terbit Surabaya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. H.A Sonhadji K.H. MA. Ph.D dan (III) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci Model Pelatihan Paket Pelatihan Manajemen Strategik Sekolah Dasar Guru mempunyai peran yang sangat signifikan bagi keberhasilan pembelajaran siswanya. Dalam memerankan fungsi dan perannya indikator yang paling kuat bersingguangan adalah mutu guru. yang menunjukkan kemampuan guru untuk bertanggung jawab terhadap berbagai macam tugas serta pengetahuan yang dimiliki dapat digunakan sebagai seni dan cara untuk bekerja. Dikatakan guru yang bermutu jika guru menguasai ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi pengembangannnya. Kebutuhan terhadap paradigma baru pendidikan didasarkan atas perubahan sehubungan dengan kondisi dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan dalam masyarakat. Salah satu perbaikan yang paling strategik adalah memperbaiki manajemen pendidikannya melalui pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen stategik. Dengan berbekal otonomi sekolah yang dimiliki SD Matahari Terbit Surabaya sekolah mempunyai kesempatan untuk bereksplorasi dalam upaya meningkatkan efektivitas sekolah termasuk dalam pengembangan sumber daya manusianya. Diharapkan dengan guru yang berkompeten guru akan menjadi change agent bagi kegiatan improvement sekolahnya sebagai perwujudan upaya akuntabilitas pada lingkungan. Yang menjadi permasalahan adalah SD Matahari Terbit belum mempunyai model dan paket pelatihan yang bersifat strategik dalam mengahadapi persaingan dan mengupayakan komitmen mutu dalam upaya menciptakan guru yang bermutu. Sementara pelatihan yang selama ini dilakukan dan diikuti belum memenuhi kebutuhan sekolah sebagai unit satuan terkecil penyelenggara pendidikan dalam perspektif perubahan Dalam penelitian pengembangan ini dihasilkan model paket dan evaluasi pelatihan peningkatan mutu guru dalam perspektif manajemen strategik yang mempunyai spesifikasi (a) identifikasi kebutuhan organisasi yang terdiri dari analisis SWOT pemilihan alternative strategi dan perumusan strategi (b) analisis kebutuhan (c) perencanaan pelatihan (d) pelaksanaan pelatihan dan (e) evaluasi. Model yang bersifat sistemik ini dapat membantu efisiensi dan efektivitas sekolah melalui fungsi masing-masing komponenya. Selain sistemik model pelatihan ini juga mencakup beberapa dimensi (a) dimensi waktu dan orientasi masa depan (b) dimensi internal dan eksternal (c) dimensi pendayagunaan sumber-sumber (d) keikutsertaan manajemen puncak. Dengan mengacu cara kerja model yang sistemik dan mencakup beberapa dimesi di atas maka model pelatihan ini mempunyai beberapa keunggulan profitabilitas produktivitas tinggi posisi kompetitif keunggulan teknologi keunggulan sumber daya manusia dan iklim kerja yang lebih baik. Paket pelatihan yang dihasilkan terdiri atas (a) perencanaan pelatihan meliputi tujuan pelatihan strategi pelatihan metode pelatihan silabus materi pelatihan dan session plan (d) pelaksanaan pelatihan yang dalam hal ini berupa pedoman pelatihan dan (e) evaluasi. Paket pelatihan ini dapat membantu organisasi dan terutama guru dalam berapa hal (a) perencanaan pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan secara berkelanjutan dapat disesuaikan dengan kondisi realitik organisasi (b) paket pelatihan ini dapat berfungsi sebagai pengendali mutu guru secara berkelanjutan (c) membangun paradigma guru (d) dapat membangun profesional guru (e) paket pelatihan sebagai salah satu sarana untuk mengkomunikasikan ide (f)mendorong guru untuk berperilaku aktif dan proaktif. Evaluasi pelatihan terdiri dari (a) evaluasi unjuk kerja berupa penguasaan isi materi (b) evaluasi efektivitas dan efisiensi pelatihan (c) evaluasi pelaksanaan pelatihan (d) evaluasi kompetensi guru dan (e) evaluasi komitmen guru pada sekolah. Evaluasi pelatihan yang dilakukan dapat memberikan beberapa manfaat dan sekaligus merupakan karakteristik dari evaluasi. (a) mempunyai relevansi yang tinggi (b) sebagai sistem kontrol dan pengendalian (c) mampu memberikan rekomendasi (d) berorientasi masa depan (e) bersifat khusus (f) kecocokan (g) menarik/atraktif (h) pertumbuhan Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran dideskripsikan sedangkan data tentang aspek kegunaan kelayakan ketepatan ujuk kerja mengenai pengasaan materi efisiensi efektifitas proses pelatihan kompetensi guru dan komitmen guru terhadap sekolah digunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil uji coba dapat diketahui bahwa 44% guru memahami kebutuhan organisasi yang sehat. Sedangkan kompetensi yang diukur meliputi empat kompetensi yaitu kometensi pedagogik sosial kepribadian dan professional. Penilaian unjuk kerja yang dilakukan oleh teman sejawat menunjukkan kenaikan sebesar 44%. kompetensi yang dinilai dari atasan mengalami kenaikan sebesar 6 75% kenaikan tingkat komitmen guru sebesar 25%. Dari hasil uji kelompok terbatas diketahui bahwa efektifitas/kegunaan pelatihan bagi guru dan sekolah mencapai 3 50 atau 87% . Aspek keefisienan mencapai skor 3 30 atau 82% penguasaan materi baik dari segi kognitif afektif dan spikomotorik dapat diterima dengan sangat baik yaitu sebesar 86%. Perspektif manajemen strategik pada pelatihan peningkatan mutu guru di SD Matahari Terbit Surabaya merupakan keunggulan dan keunikan sebagai individu guru dan sekolah. Semua bermuara pada upaya improvement mutu guru yang menciptakan daya kompetirif guru dan sekolah dalam menghadapi perubahan yang terjadi baik di lingkungan intern maupun ekstern.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63820

Actions (login required)

View Item View Item