Hubungan karakteristik sekolah, partisipasi masyarakat, iklim sekolah dan kemampuan manajemen dengan keefektifan sekolah pada sekolah menengah atas negeri di Provinsi Bali / Wayan Paramartha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan karakteristik sekolah, partisipasi masyarakat, iklim sekolah dan kemampuan manajemen dengan keefektifan sekolah pada sekolah menengah atas negeri di Provinsi Bali / Wayan Paramartha

Paramartha, Wayan (2011) Hubungan karakteristik sekolah, partisipasi masyarakat, iklim sekolah dan kemampuan manajemen dengan keefektifan sekolah pada sekolah menengah atas negeri di Provinsi Bali / Wayan Paramartha. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemam- puan manajemen keefektifan sekolah. Keefektifan sekolah sebagai sebuah studi mengkaji faktor input proses output/outcome dan hubungan antar faktor tersebut. Hasil studi di berbagai negara menunjukkan bahwa keefektifan sekolah telah banyak membantu dalam memecahkan masalah pendidikan termasuk peningkatan mutu pendidikan. Salah satu konsekuensi logis dari pendekatan manajemen berbasis sekolah adalah menuntut kemampuan manajemen sekolah melalui dukungan partisipasi masya- rakat sebagai stakeholder. Dukungan ini perlu diperkuat oleh kondisi iklim sekolah dan karakterisitik sekolah yang kondusif. Dukungan tersebut amat me- nentukan keberhasilan pelaksanaan keefektifan sekolah yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan langsung dan tidak langsung antara karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemampuan manajemen dan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Negeri di Provinsi Bali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan hubungan karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemampuan manajemen dan keefektifan sekolah serta untuk menemukan bukti empirik tentang ada tidaknya hubungan langsung dan tidak langsung yang signi- fikan antara karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemam- puan manajemen dan keefektifan sekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Provinsi Bali. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian survei dengan pende- katan kuantitatif. Sedang dilihat dari cara analisis data penelitian ini termasuk tipe penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di Provinsi Bali melibatkan 72 SMA Negeri dan sampel penelitian sebanyak 346 guru PNS diambil dari populasi sebesar 3689 guru yang menyebar di sembilan (9) Kabupaten/Kota Provinsi Bali dengan teknik Proporsional Random Sampling dan pengambilan individu menjadi anggota sampel digunakan teknik undian. Data penelitian di- kumpulkan dengan kuesioner model skala Likert lima pilihan yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) atau Pemodelan Persa- maan Struktural. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata tingkat karakteristik se- kolah berada pada kategori tinggi partisipasi masyaraka pada kategori tinggi iklim sekolah pada kategori tinggi kemampuan manajemen pada kategori tinggi dan keefektifan sekolah pada dalam kategori tinggi (2) secara komprehensif mo- del konseptual hubungan variabel yang dikembangkan memenuhi standar persya- ratan Goodness-of-Fit sehingga dapat digunakan untuk menguji hipotesis. Dari hasil pengujian hipotesis (1) ada hubungan langsung yang signifikan antara ka- rakteristik sekolah dengan partisipasi masyarakat (2) ada hubungan langsung yang signifikan antara karakteristik sekolah dengan iklim sekolah (3) ada hubu- ngan langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan iklim seko- lah (4) ada hubungan langsung yang signifikan antara karakteristik sekolah dengan kemampuan manajemen (5) ada hubungan langsung yang signifikan an- tara partisipasi masyarakat dengan kemampuan manajemen (6) ada hubungan langsung yang signifikan antara iklim sekolah dengan kemampuan manajemen (7) ada hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan manajemen dengan keefektifan sekolah dan (8) ada hubungan langsung yang tidak signifikan antara iklim sekolah dengan keefektifan sekolah (9) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara karakteristik sekolah dengan kemampauan manajemen melalui iklim sekolah (10) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan kemampauan manajemen melalui iklim sekolah (11) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara karakteristik sekolah dengan keefektifan sekolah (12) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah (13) tidak ada hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara karakteristik dengan keefektifan sekolah melalui kemampuan manajemen (14) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah melalui kemampuan manajemen (15) tidak ada hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara iklim sekolah dengan keefektifan sekolah melalui kemampuan manajemen (16) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara karakteristik dengan keefektifan sekolah melalui iklim sekolah (17) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keefektifan sekolah melalui iklim sekolah. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disarankan bahwa (1) kepala sekolah dapat menentukan strategi dalam memanajemen organisasi sekolah sehingga dengan strategi yang dilaksanakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan keefektifan sekolahnya (2) kepada guru-guru dapat menambah pengetahuan tentang karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemampuan manajemen dan keefektifan sekolah. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan dapat menyadari bahwa keefektifan sekolah adalah amat penting dalam meningkatkan citra sekolah di mata publik (3) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bali dapat dijadikan masukan sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan yang paling tepat dalam melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota dalam rangka pembinaan terhadap sekolah kepala sekolah dan guru-guru sehingga imple-mentasi program-program pendidikan dapat berjalan padu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan (4) peneliti lain hendaknya meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan sekolah yang belum diteliti seperti variabel hasil pengajaran variabel konsep diri variabel kesejahtraan guru dan sebagainya. (5) kepada para teoretisi manajemen pendidikan pada khususnya agar temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam pengembangan teori-teori ilmu manajemen pendidikan khususnya yang berkaitan dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu karakteristik sekolah partisipasi masyarakat iklim sekolah kemampuan manajemen dan keefektifan sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63814

Actions (login required)

View Item View Item