Upaya yayasan dan pimpinan universitas dalam peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi (studi multi situs di Universitas Obor 1, Universitas Obor 2, Universitas Obor 3) / Ahmad Sidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya yayasan dan pimpinan universitas dalam peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi (studi multi situs di Universitas Obor 1, Universitas Obor 2, Universitas Obor 3) / Ahmad Sidi

Sidi, Ahmad (2009) Upaya yayasan dan pimpinan universitas dalam peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi (studi multi situs di Universitas Obor 1, Universitas Obor 2, Universitas Obor 3) / Ahmad Sidi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi dalam rangka menghadapi persaingan di era global. Karena perguruan tinggi akan menghadapi masa depan yang penuh tantangan laju perubahan yang demikian cepat tuntutan masyarakat yang lebih maju kehidupan yang sarat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang dirasakan oleh perguruan tinggi. Untuk itu perlu adanya peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi memperhatikan keadaan internal dan eksternal dari suatu perguruan Tinggi. Dengan melihat tuntutan dan tantangan perguruan tinggi kedepan yang tidak semakin ringan maka hal ini merupakan problem yang harus dapat depecahkan dengan penuh perhitungan dan terencana. Dari berbagai macam problema yang harus dihadapi ketiga Universitas tersebut peneliti ingin mengetahui langkah apa yang ditempuh dalam peningkatan sumberdaya manusia di perguruan tinggi tentu peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di ketiga Universitas dengan menetapkan fokus penelitian 1). Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Lembaga Yayasan dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia Perguruan Tinggi di ketiga situs penelitian 2). Bagaimana upaya yang dilakukan pimpinan Perguruan Tinggi dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia Rektorat di ketiga situs penelitian Penelitian ini dilakukan di tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Obor 1 Universitas Obor 2 Universitas Obor 3 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan studi multi-situs. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi (1) teknik pengamatan partisipatif dan berperan serta (2) teknik wawancara mendalam (3) teknik dokumentasi. Sedangkan informannya dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan credibility (keterpercayaan) transferability (keteralihan) dependability (kebergantungan) dan confirmability (kepastian). Begitu data secara keseluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan analisis dalam situs maupun analisis antar situs. Melalui penelitian ini diperoleh temuan-temuan. Pertama Memasukkan pengurus yayasan dalam struktur organisasi universitas dalam rangka sebagai pengawas pembina pembimbing rekomendasi dan evaluasi kinerja diakhir tahun akademik dan memberikan kebijakan mengangkat dosen tetap yayasan yang berasal dari dosen tidak tetap yang memiliki kualifikasi integritas dan loyalitas kepada universitas ikut terlibat dalam evaluasi kinerja dosen dan karyawan memberikan mandat kepada universitas untuk membuka program studi yang dianggap strategis dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat serta mengadakan sarana prasarana penunjang proses akademik universitas merupakan upaya yayasan untuk mengembangkan perguruan tinggi Kedua pengurus yayasan masuk dalam struktur organisasi dalam rangka melakukan kerjasama dengan pihak eksternal mendukung memberi kesempatan kepada dosen dan karyawan untuk mengikuti program pendidikan dan ketrampilan lanjutan memandirikan dari unit-unit akademik dan fakultas mengembangkan hubungan informal dengan staf dan dosen dengan tetap memberlakukan tata tertib universitas dengan konsisten serta memberikan penghargaan selain gaji untuk dosen yang memiliki kualitas dan loyalitas kepada universitas dan melakukan evaluasi kinerja pada tiap akhir tahun akademik merupakan upaya pimpinan perguruan tinggi dalam rangka mengembangkan organisasinya. Dari berbagai temuan diatas disarankan perlu adanya perubahan mindset (way of thinking) dan komitmen dari pengurus yayasan dan pimpinan universitas untuk memberikan dan memfasilitasi yang terbaik bagi penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yang dibinanya untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan pendidikan dari masyarakat tanpa didominasi oleh kepentingan pribadi atau kelompok pengurus. Tentunya perubahan komitmen dan midset yang dimaksud bukan pada tataran retorika semata tetapi harus terwujud dalam serangkaian perilaku dan kebijakan yang mampu menumbuhkan semangat dan contoh atau tauladan serta memberikan fasilitas yang memadai untuk benar-benar bekerja demi kepentingan pengembangan perguruan tinggi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63813

Actions (login required)

View Item View Item