Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kabupaten Malang / Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kabupaten Malang / Novita Sari

Sari, Novita (2016) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 kabupaten Malang / Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Novita. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Badawi M. Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M. Pd. Kata Kunci Lingkungan Sekolah Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Kesulitan-kesulitan yang ditemui saat observasi antara lain (1) siswa merasa kesulitan dalam mengungkapkan gagasan dalam menulis deskripsi (2) siswa tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran (3) siswa belum dapat menuangkan ide kedalam tulisan atau karangan mereka juga kesulitan menerapakan huruf kapital pada kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah (2) kemudian bagaimanakah peningkatan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan dalam 2 siklus pada materi menulis karangan deskripsi dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang yang berjumlah 22 anak. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi wawancara dokumentasi dan tes. Pada penelitian ini ditemukan bahwa (1) siswa dapat mengungkapkan isi gagasan dengan runtut (2) siswa lebih antusias dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran karena siswa secara langsung mengamati objek (3) siswa dapat menggunakan tanda baca dengan baik dan (4) siswa dengan berani dan percaya diri membacakan hasil karangan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis siswa pada siklus 1 memperoleh rata-rata nilai 80 siklus 2 memperoleh rata-rata nilai 86. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase 54% siklus 2 memperoleh persentase 81%. Berdasarkan uraian di atas peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penerapan media lingkungan sekolah dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 Kabupaten Malang. Peneliti juga memberikan saran agar pemanfaatan lingkungan sekolah ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran menulis bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam menggunakan media yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6381

Actions (login required)

View Item View Item