Hubungan persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik, peranan dosen, iklim kelas, layanan perpustakaan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada program PGSD dan PGTK LPTK Negeri di Pulau Jawa / Sita Ratnaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik, peranan dosen, iklim kelas, layanan perpustakaan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada program PGSD dan PGTK LPTK Negeri di Pulau Jawa / Sita Ratnaningsih

Ratnaningsih, Sita (2009) Hubungan persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik, peranan dosen, iklim kelas, layanan perpustakaan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada program PGSD dan PGTK LPTK Negeri di Pulau Jawa / Sita Ratnaningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya peningkatan mutu pendidikan yang diadakan LPTK (Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan) di Indonesia umumnya masih belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mahasiswa tersebut banyak faktor yang dapat mendukung antara lain adalah persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik peranan dosen iklim kelas layanan perpustakaan dan motivasi belajar mahasiswa. Sehubungan dengan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan langsung antara 1) persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik dengan motivasi belajar 2) peranan dosen dengan motivasi belajar 3) peranan dosen dengan iklim kelas 4) peranan dosen dengan layanan perpustakaan 5) layanan perpustakaan dengan motivasi belajar 6) layanan perpustakaan dengan prestasi belajar 7) iklim kelas dengan motivasi belajar 8) motivasi belajar dengan prestasi belajar 9) hubungan tidak langsung antara persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar 10) peranan dosen dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar 11) iklim kelas dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar. Desain penelitian ini menggunakan metode survei tipe korelasional. Sebagai populasi penelitian adalah mahasiswa semester IV jurusan PGSD PGTK pada LPTK Negeri di Pulau Jawa yang mengikuti ujian tahun ajaran 2007/2008. Berdasarkan tabel Krejcie dan nomogram Harry King dari 1008 mahasiswa diambil 205 orang sebagai sampel. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan dianalisis memakai teknik analisis SEM ( Structural Equation Modelling) dengan program AMOS 4.10. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) rata-rata tingkat persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik peranan dosen iklim kelas layanan perpustakaan dan motivasi belajar mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi 2) model yang dikembangkan adalah baik (fit). Hal ini berarti model yang dikembangkan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini 3) ada hubungan langsung antara a) peranan dosen dengan motivasi belajar c) peranan dosen dengan iklim kelas d) peranan dosen dengan layanan perpustakaan e) layanan perpustakaan dengan motivasi belajar f) layanan perpustakaan dengan prestasi belajar g) iklim kelas dengan motivasi belajar h) motivasi belajar dengan prestasi belajar dan hubungan tidak langsung antara i) persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar j) peranan dosen dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar k) iklim kelas dengan prestasi belajar melalui motivasi belajar. Berdasarkan temuan penelitian kesimpulan dan implikasi hasil penelitian maka beberapa saran yang disampaikan adalah sebagai berikut 1) ketua jurusan PGSD PGTK hendaknya mengadakan wawancara khusus terhadap para calon mahasiswa yang masuk nominasi diterima pada waktu seleksi penerimaan mahasiswa baru PGSD PGTK di LPTK Negeri pada masing-masing lembaga tersebut 2) para dosen di lingkungan jurusan PGSD PGTK di LPTK Negeri di Pulau Jawa agar memperhatikan kondisi kelas tempat diadakan perkuliahan dan melengkapi berbagai fasilitas didalam kelas sehingga dapat tercipta kondisi kelas yang lebih nyaman untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang berlangsung antara mahasiswa dan dosen dikelas 3) dosen perlu lebih akrab dengan mahasiswa untuk mengintensifkan interaksi antara dosen dengan mahasiswa serta interaksi antar mahasiswa sehingga iklim kelas jadi kondusif dalam situasi yang menyenangkan dan kondusif 4) para dosen perlu mengadakan aturan didalam kelas jurusan PGSD PGTK pada LPTK Negeri di Pulau Jawa yang dibuat oleh para dosen bersama dengan mahasiswa serta disetujui oleh ketua jurusan untuk menjunjung disiplin kelas yang tinggi 5) para dosen jurusan PGSD PGTK di LPTK Negeri di Pulau Jawa agar memberikan penguatan motivasi intrinsik mahasiswa dengan mengingatkan bahwa belajar merupakan tanggung jawab mahasiswa serta mereka didorong untuk meningkatkan prestasi belajarnya sehingga dapat membangkitkan rasa antusiasme dan minat mahasiswa untuk mempelajari bahan kuliah dan praktek dilapangan 6) mahasiswa disamping harus giat mengikuti kuliah harus rajin untuk belajar keperpustakaan karena perpustakaan merupakan salah satu fasilitas penunjang untuk keberhasilan belajar para mahasiswa untuk itu maka pihak kampus sebaiknya menyediakan perpustakaan dengan segala fasilitasnya dengan baik 7) untuk peneliti mendatang yang ingin meneliti tentang prestasi belajar lebih diutamakan terhadap variabel-variabel yang belum diungkap atau mungkin setelah ada perbaikan manajemen dalam kampus-kampus tentang peningkatan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63806

Actions (login required)

View Item View Item