Optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran pada sekolah dasar di Kota Malang (Studi multi situs pada tiga sekolah dasar) / Suharningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran pada sekolah dasar di Kota Malang (Studi multi situs pada tiga sekolah dasar) / Suharningsih

Suharningsih (2009) Optimalisasi kinerja guru dalam proses pembelajaran pada sekolah dasar di Kota Malang (Studi multi situs pada tiga sekolah dasar) / Suharningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suharningsih 2009. Optimalisasi Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran pada Sekolah Dasar di Kota Malang (Studi Multisitus Pada Tiga Sekolah Dasar). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (2) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (3) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci optimalisasi kinerja guru kepala sekolah supervisi Penelitian ini berawal dari perubahan sekolah dasar yang tidak pernah diperhitungkan karena mutunya rendah menjadi sekolah dasar yang menjadi juara tingkat nasional karena mutunya tinggi. Perubahan ini tidak mungkin terjadi tanpa melakukan upaya perbaikan. Dalam rangka meningkatkan mutu sekolah upaya yang dilakukan kepala sekolah dengan meningkatkan perannya dalam manajemen sumber daya sekolah. Salah satu sumber daya sekolah adalah manajemen sumber daya manusia terutama manajemen kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sebagai tugas utama. Demikianlah sehingga menjadi sumber daya yang bermutu perlu dilihat dari bagaimana upaya kepala sekolah mengoptimalkan cara kerja guru untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada optimalisasi kinerja guru sekolah dasar dijabarkan menjadi (1) kinerja guru melaksanakan proses pembelajaran dimulai dengan menyusun rencana pembelajaran diakhiri dengan melaksanakan pembelajaran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor di situs penelitian (2) upaya kepala sekolah mengoptimalkan kinerja guru melaksanakan proses pembelajaran dimulai dengan menyusun rencana pembelajaran diakhiri dengan melaksanakan pembelajaran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor di situs penelitian. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah dasar kota Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument). Penunjukkan informan penelitian menggunakan teknik bola salju (snow ball sampling) dengan terlebih dahulu menentukan informan kunci (key informan). Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipan dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut selanjutnya diperiksa. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi pengecekan anggota (member check) dan diskusi teman sejawat. Sedangkan auditabilitasnya dilakukan dengan meminta beberapa orang auditor terutama pembimbing untuk mengauditnya. Selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis melalui analisis dalam situs dan analisis lintas situs. Melalui penelitian ini diperoleh temuan-temuan Pertama kinerja guru sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran diawali dengan penyusunan rencana pembelajaran dan diakhiri dengan pelaksanaan pembelajaran sebagai implementasi rencana pembelajaran. Kedua kesuksesan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran merupakan keberhasilan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga semua siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Ketiga kesuksesan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran berkat (a) kemampuan dan semangat guru yang tinggi (b) pembinaan yang diberikan kepala sekolah secara rutin baik di sekolah dengan memanfaatkan pertemuan sekolah maupun di gugus dengan memfungsikan pertemuan KKG (c) kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sehingga bisa melakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan kunjungan kelas dan diskusi kelompok dan (d) keberhasilan kepala sekolah menciptakan iklim sekolah yang kondusif dengan menciptakan kondisi fisik sekolah dan kondisi sosio emosional yang menyenangkan sehingga guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bersemangat. Akhirnya berdasarkan temuan-temuan diatas disarankan agar Pertama bagi pengembangan ilmu dan teknologi. Temuan penelitian tentang optimalisasi kinerja guru sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan standar nasional. Oleh karena itu disarankan agar dapat dipakai sebagai dasar teoritik dalam kajian tentang optimalisasi kinerja guru sehingga dapat memperkaya khasanah pengetahuan yang berkenaan dengan pengembangan ilmu manajemen pendidikan. Kedua bagi guru. Oleh karena guru sekolah dasar selaku tenaga kependidikan yang berada di garis terdepan dalam perwujudan interaksi belajar mengajar bertanggung jawab langsung atas keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu disarankan agar selalu berusaha semaksimal mungkin mengikuti perkembangan dengan terus belajar mencari ide-ide dan prosedur-prosedur baru berusaha meningkatkan kualitas kinerja melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Dalam kaitan dengan temuan penelitian tentang kinerja guru sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran telah memenuhi standar proses maka disarankan agar para guru sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran mengikuti temuan penelitian ini. Ketiga bagi kepala sekolah. Temuan penelitian tentang kesuksesan optimalisasi atau upaya kepala sekolah untuk menjadikan kinerja guru sebaik-baiknya dalam melaksanakan proses pembelajaran merupakan keberhasilan kepala sekolah dalam memilih kegiatan yang menentukan kesuksesan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu melakukan pembinaan supervisi dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif. Oleh karena itu disarankan bagi kepala sekolah agar temuan penelitian ini dapat dijadikan contoh untuk memilih dan menentukan kegiatan dalam upaya menjadikan kinerja guru sebaik-baiknya dalam melaksanakan proses pembelajaran. Keempat bagi Dinas Pendidikan. Dengan temuan penelitian yang positif menunjukkan bahwa keberhasilan optimalisasi kinerja guru sekolah dasar maka disarankan agar temuan penelitian ini dapat (a) dikembangkan di sekolah yang lain baik dalam wilayahnya (b) mengenal guru-guru yang berpotensi untuk menerima tanggungjawab yang lebih besar dan untuk memastikan bahwa potensinya dapat berkembang (c) memberikan pembinaan dan motivasi kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya memilih dan menentukan kegiatan dalam mengoptimalkan kinerja guru melaksanakan proses pembelajaran (d) secara periodik selalu mengidentifikasi kebutuhan pengembangan pendidikan di sekolah-sekolah dalam wilayahnya. Kelima bagi pemerhati pendidikan yang ingin meningkatkan mutu sekolah disarankan agar temuan penelitian ini dapat dijadikan contoh. Terakhir disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63804

Actions (login required)

View Item View Item