Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan lualitas pembelajaran (Studi multi situs pada SD Widada, SD Mawar, dan SD Iman Kabupaten Bayuangga) / Ahmad Yusuf Sobri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan lualitas pembelajaran (Studi multi situs pada SD Widada, SD Mawar, dan SD Iman Kabupaten Bayuangga) / Ahmad Yusuf Sobri

Sobri, Ahmad Yusuf (2009) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan lualitas pembelajaran (Studi multi situs pada SD Widada, SD Mawar, dan SD Iman Kabupaten Bayuangga) / Ahmad Yusuf Sobri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sobri A.Y. 2009. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Studi Multi Kasus pada SD Widada SD Mawar dan SD Iman Kabupaten Bayuangga. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. Dr. Salladien (III) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd Kata kunci pemimpin pembelajaran motivasi kerja supervisi kualitas pembelajaran Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai peran dan tanggungjawab yang besar terhadap keberhasilan sekolahnya. Ada tiga peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu pemimpin pembelajaran motivator pembelajaran dan supervisor pembelajaran. Peran kepala sekolah tersebut memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang optimal di sekolah. Berdasarkan hal tersebut seorang kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mengembangkan pendidikan. Hal ini juga menjadi perhatian bagi tiga kepala sekolah dasar yang dijadikan latar penelitian yaitu SD Widada SD Mawar dan SD Iman Kabupaten Bayuangga. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada tiga sekolah dasar di Bayuangga. Ada tiga fokus yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu (1) peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (2) peran kepala sekolah dalam memotivasi guru dan (3) peran kepala sekolah dalam mensupervisi guru. Berdasarkan karakteristik subyek dan fokus penelitian tersebut penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi multi kasus. Kehadiran dan keterlibatan peneliti dalam berperan sebagai pengamat nonpartisipasi dan pengamat partisipasi pasif. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan prinsip funnel design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui kredibilitas data dependabilitas dan konfirmabilitas data. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai berikut. Pertama peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dituntut memiliki pengetahuan dan wawasan pembelajaran yang luas. Pengetahuan dan wawasan pembelajaran yang luas dikarakteristikkan sebagai berikut pemahaman kepala sekolah pada praktik pembelajaran di kelas memajukan tujuan sekolah memiliki kontrol pelaksanaan kurikulum menciptakan program pembelajaran yang unggul dan menerapkan model pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa memberi kebebasan dan kewenangan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran berdiskusi atau berbagi pengalaman dengan guru mendiagnosis program pembelajaran secara berkelanjutan memberikan pilihan topik pembelajaran bagi guru. Kedua peran kepala sekolah dalam memotivasi guru dilakukan dengan menciptakan kepuasan kerja semangat kerja guru dan iklim kerja yang kondusif. Upaya tersebut terjadi bila kepala sekolah menciptakan komunikasi yang harmonis diantara personel sekolah menghargai pekerjaan guru memadukan program pembelajaran sekolah dengan praktik pembelajaran guru di kelas pengembangan kerjasama tim memberi penghargaan kepada guru yang memiliki komitmen dan prestasi dalam pembelajaran penyediaan bahan dan peralatan pembelajaran dan pengelolaan administrasi sekolah yang tertib. Ketiga peran kepala sekolah dalam mensupervisi guru ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Beberapa teknik supervisi pendidikan yang telah dilakukan oleh kepala sekolah pada tiga latar penelitian meliputi kunjungan kelas pertemuan pribadi rapat rutin kunjungan antar sekolah pemberdayaan kelompok kerja guru program pengembangan kompetensi guru melibatkan guru senior dalam supervisi sejawat dan evaluasi pembelajaran siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) kepala SD yang menjadi subyek penelitian agar mempertahankan dan meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik yang selama ini telah dicapai sehingga tetap memperoleh kepercayaan dan dukungan dari masyarakat (2) Dinas Pendidikan Kabupaten agar sekolah dasar mendapatkan perhatian yang serius terutama dalam persyaratan pengangkatan kepala sekolah yang professional (3) Jurusan Administrasi Pendidikan untuk memantapkan program-program di Jurusan Administrasi Pendidikan khususnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (4) peneliti lain untuk meneliti hal serupa pada kasus yang berbeda dimana temuan penelitiannya dapat mendukung dan memperkuat hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63802

Actions (login required)

View Item View Item