Hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada Pendidikan Menengah di Kota Gorontalo / Abd. Kadim Masaong - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada Pendidikan Menengah di Kota Gorontalo / Abd. Kadim Masaong

Masaong, Abd. Kadim (2009) Hubungan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada Pendidikan Menengah di Kota Gorontalo / Abd. Kadim Masaong. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masaong Abd. Kadim. 2008. Hubungan Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Sekolah pada Pendidikan Menengah Di Kota Gorontalo. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Achmad Sonhadji KH M.A. Ph.D (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd dan (III) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata kunci kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya kepemimpinan iklim sekolah kinerja sekolah. Manusia merupakan mahluk ciptaan Allah Swt yang paling mulia dan sempurna. Kemuliaan dan kesempurnaan itu ditandai dengan dikaruniainya otak dan akal untuk menjalankan fungsinya sebagai pemimpin. Otak manusia terbagi atas tiga aspek yaitu cortex cerebri system limbic dan lobus temporal. Cortex cerebri berfungsi mengatur kecerdasan intelektual system limbic berfungsi mengatur kecerdasan emosional dan lobus temporal berfungsi mengatur kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan ini dapat berfungsi secara bersinerji dan dapat pula berfungsi secara terpisah sehingga berdampak pada bervariasinya gaya kepemimpinan kepala sekolah. Bervariasinya gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh pula terhadap iklim dan kinerja sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo. Selain itu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel baik hubungan secara langsung maupun hubungan tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian survey yang menggunakan pendekatan cross sectional survey . Populasi penelitian ini adalah keseluruhan subyek yang berkaitan dengan kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo. Anggota populasinya adalah guru-guru pada pendidikan menengah yang berjumlah 885 orang. Sampel diambil dari anggota populasi sebesar 16% atau 145 orang yang dapat mewakili populasi dengan teknik random dan strata. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuessioner untuk menjaring data keenam variabel yaitu (1) data kecerdasan intelektual (2) data kecerdasan emosional (3) data kecerdasan spiritual (4) data gaya kepemimpinan kepala sekolah (5) data iklim sekolah dan (6) data kinerja sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berada dalam kategori tinggi (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah berada dalam kategori baik (3) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kepala sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (4) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (5) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kepala sekolah dengan iklim sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (6) terdapat hubungan tidak langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kepala sekolah dengan iklim sekolah melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (7) terdapat hubungan tidak langsung yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kepala sekolah dengan kinerja sekolah melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (8) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (9) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (10) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo (11) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja sekolah melalui iklim sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo dan (12) terdapat hubungan secara bersama-sama yang signifikan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah pada pendidikan menengah di Kota Gorontalo. Berdasarkan temuan penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) diharapkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Nasional dan Kanwil Departemen Agama agar dalam pelaksanaan rekrutmen seleksi dan pengangkatan kepala sekolah tidak hanya melihat dari aspek kecerdasan (2) disarankan kepada Dinas Pendidikan Nasional dan Departemen Agama dalam pengembangan kapasitas guru dan staf lebih diutamakan yang bersentuhan langsung dengan pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (3) diharapkan pada kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun program sekolah senantiasa berorientasi pada pendidikan berbasis multiple intelligence (kecerdasan intelektual emosional dan spiritual peserta didik) secara seimbang (4) kepala sekolah dan guru-guru diharapkan selalu meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya karena kecerdasan ini dapat dikembangkan tanpa mengenal batas umur (5) diharapkan pada kepala sekolah agar dalam upaya peningkatan kinerja sekolah senantiasa berorientasi pada pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual warga sekolah dan (6) bagi para peneliti yang berminat meneliti tentang kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja sekolah disarankan agar memperluas variabel penelitian karena masih terdapat beberapa variabel yang dapat berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan kinerja sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63800

Actions (login required)

View Item View Item