Pengembangan media pembelajaran cerita bergambar PARJA (Paramasastra-Aksara Jawa) pada siswa kelas V SDN Petungsri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan/ Nico Indra Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran cerita bergambar PARJA (Paramasastra-Aksara Jawa) pada siswa kelas V SDN Petungsri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan/ Nico Indra Permana

Permana, Nico Indra (2016) Pengembangan media pembelajaran cerita bergambar PARJA (Paramasastra-Aksara Jawa) pada siswa kelas V SDN Petungsri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan/ Nico Indra Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nico Indra Permana. 2016.PengembanganMedia Pembelajaran Cerita Bergambar PARJA (Paramasastra-Aksara Jawa) pada Siswa Kelas V SDN Petungasri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. H. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd (II) Drs. H. M. Thoha A.R S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan mediacerita bergambar PARJA Aksara Jawa Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data yang menyebutkan bahwa kurangnya minat siswa terhadap aksara Jawa disebabkan karena kurang lengkapnya sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa. Salah satu cara untuk membangkitkan minat belajar siswa yaitu dengan mengembangkan suatu prototipe atau media pembelajaran. Merujuk pada hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mediaberupabuku-ceritabergambarPARJA(Paramasastra-aksaraJawa)yang menarik dan praktis untuk dimanfaatkan pembelajaranbahasaJawadenganmateriaksaraJawakelas V SDN Petungasri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (dalamSukmadinata 2005 169-170).Berikutprosedur yang dilaluipeneliti (1) pene-litiandanpengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangandrafproduk (4) ujicobasatu-satu (5) revisi produk hasil uji coba satu-satu (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi produk hasil uji coba kelompok kecil (8) uji coba lapangan (9) revisiprodukhasilujilapangankelompokbesarsekaligussebagaiprodukakhir. Instru-men yang dipakaiadalahkuisioner. Jenis data merupakan data kuantitatifdankuali-tatif. Setelahujievaluasioleh para ahliterhadap media cergam PARJA hasilda-riahli mediamemperolehhasil82 6%dantermasukkriteriavalid sedangkanolehahli-materimemperoleh84% dantermasukkriteria valid. Aspekkepraktisanoleh gurukelas Vmemperoleh persentase sebesar95% dantermasukkriteriapraktis. Padaujico-basatu-satu kemenarikanmenurutsiswamemperolehhasil91 3% dantermasukkrite-riamenarik. Padaujikelompokkecilmemperoleh93 3% dantermasukkriteriamenarik. Sedangkan pada hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar93 6% dantermasukkategorimenarik. Dari hasilpenelitianinidapatdisim-pulkanbahwakartukuartetjualbelivalid menarik danpraktisuntukdigunakandalam-pembelajaranbahasa Jawa materi aksara Jawa kelas V SDN Petungasri 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Adapunsaran dariahlimedia yaitu untuk memperbaiki kata-kata dalamteks-narasidenganmemanfaatkankosakatabahasaJawastandar bukanmenggunakanko-sakataJawamalangan. Sedangkan saran dariahlimateriialahmenambahkaninstruk-siuntukgladhennulisataulatihanmenulisaksaraJawasetelahsiswamen-gerjakangladhenmacaataulatihanmembacateksaksaraJawa di halamanpetunjuk-penggunaan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6380

Actions (login required)

View Item View Item