Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i

Rifa'i, Muhamad (2009) Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rifa i Muhamad. 2009. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Budaya Organisasi Motivasi Berprestasi dan Komitmen pada Organisasi dengan Kinerja Dosen pada Universitas dalam Pesantren di Jawa Timur. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. H.A. Sonhadji. K.H. MA. Ph.D (III) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. Kata kunci gaya kepemimpinan budaya organisasi motivasi berprestasi komitmen pada organisasi kinerja dosen. Keberhasilan suatu organisasi termasuk organisasi bidang pendidikan dalam mencapai tujuanya diantaranya sangat ditentukan oleh mutu kepemimpinan yang terdapat pada organisasi yang bersangkutan. Salah satu aspek kepemimpinan yang dianggap penting adalah gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan berkaitan dengan cara yang digunakan oleh pimpinan untuk mengatur mempengaruhi bawahan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh manajer juga berhubungan dengan variabel organisasional lainya yaitu budaya organisasi motivasi berprestasi dan komitmen pada organisasi yang sangat dibutuhkan dalam mengarahkan kinerja para anggota organisasi karena kinerja yang ditunjukkan oleh para anggota organisasi akan berdampak pada pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan budaya organisasi motivasi berprestasi dan komitmen pada organisasi dengan kinerja dosen pada universitas dalam pesantren di Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel untuk responden penelitian ini sebanyak 146 dosen yang ditentukan secara proporsional random sampling teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Untuk menguji pola hubungan model yang dibentuk digunakan alat analisis yang mampu menjelaskan secara simultan hubungan tersebut yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 4 00. Deskripsi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk data tentang gaya kepemimpinan berkategori sangat tingi 17 81% tinggi 18 49% sedang 23 97% rendah 21 23% dan sangat rendah 18 49%. Deskripsi data tentang budaya organisasi berkatagori sangat tinggi 21 92% tinggi 25 34% sedang 23 97% rendah 15 07% dan sangat rendah 13 70%. Deskripsi data tentang motivasi berprestasi berkatagori sangat tingi 17 12% tinggi 29 45% sedang 28 77% rendah 14 38% dan sangat rendah 10 27%. Deskripsi data tentang komitmen pada organisasi berkatagori sangat tingi 10 96% tinggi 22 60% sedang 31 51% rendah 17 12% dan sangat rendah 17 81%. Deskripsi data tentang kinerja dosen berkatagori sangat tingi 30 14% tinggi 41 10% sedang 11 64% rendah 8 22% dan sangat rendah 8 90%. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki hubungan baik secara langsung maupun tidak langsung yang positif dan signifikan dengan budaya organisasi motivasi berprestasi komitmen pada organisasi dan kinerja dosen. Sehingga seluruh hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dibuktikan kebenaranya. Hasil penelitian ini berhasil mengkonfirmatori teori-teori dan temuan-temuan penelitian sebelumnya tentang hubungan gaya kepemimpinan budaya organisasi motivasi berprestasi dan komitmen pada organisasi dengan kinerja dosen. Analisis struktural juga mengungkapkan model yang cocok antara data dengan model struktural yang diuji. Lebih lanjut temuan penelitian ini mendukung teori-teori dan penelitian sebelumnya. Dari temuan penelitian dapat disarankan hal-hal sebagai berikut (1) kepada pimpinan perguruan tinggi dalam pembuatan program peningkatan kinerja dosen perlu juga mengembangkan ketrampilan manajerial dan perlunya strategi inovatif dalam menciptakan budaya organisasi yang sehat dan dinamis motivasi berprestasi dikalangan para dosen dan komitmen pada organisasi yang tinggi untuk menciptakan organisasi yang dinamis (2) kepada para dosen untuk terus berupaya meningkatkan kemampuanya dengan cara memutakhirkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki (3) kepada pengelola pesantren dalam mengambil kebijkan dalam pengelolaan unit pendidikan di dalam pesantren perlu memperhatikan unsur gaya kepemimpinan budaya organisasi motivasi berprestasi dan komitmen pada organisasi guna mencapai kinerja anggota organisasi khususnya kinerja para staf pengajar (4) kepada Kopertis dan Kopertais hendaknya dalam mengeluarkan kebijakan peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang menjadi binaanya perlu dengan cara melakukan pembinaan berbasis kinerja dan peningkatan prestasi baik secara organisasional atau institusional maupun secara individual dosen (5) kepada Depag (Departemen Agama) disarankan dalam mengambil kebijakan peningkatan kualitas lembaga pendidikan pesantren khususnya pesantren yang mengelola pendidikan tinggi perlu memperhatikan aspek organisasional dan aspek individual orang-orang yang terlibat di dalam organisasi dan (6) kepada peneliti manajemen pendidikan disarankan untuk melakukan penelitian yang serupa dengan menggunakan variabel lainya atau meneliti dengan pendekatan yang berbeda yaitu pendekatan kualitatif. ABSTRACT Rifa i Muhamad. 2009. The Relationship Among Leadership Style Organizational Culture Achievement Motivation Organizational Commitment with Lecturers Performance at University in the Islamic Boarding Schools in East Java. Dissertation Study Program of Educational Management Postgraduate Program State University of Malang Supervisor (I) Prof.Dr. Hendayat Soetopo M.Pd (II) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (III) Prof. Dr. Willem Mantja Mpd. Keywords leadership style organizational culture achievement motivation organizational commitment lecturer performance. The organization s successes including educational organizations in reaching their goals are really determined partially by leadership quality in the organization. One of important leadership aspects is leadership style. Leadership style related with the used way of leader to regulate influence the subordinates in reaching the organization s goals. Leadership styles that are used by managers also related with other organizational variables that is organizational culture achievement motivation organizational commitment that are really needed in directing the organization s member performance because the member performance that is shown by organizational member will impact the organization s goal entirely. This research aimed at knowing the relationship of leadership style organizational culture achievement motivation and organizational commitment with the lecturers performance at university in the Islamic boarding school in east java. The used approach in the research was qualitative research. The sample collection for research respondents are 146 lecturer by proportional random sampling the data collection technique by using questionnaire. To test the formed model relationship the research use analysis device that able to explain simultaneously the relation that is Structural Equation Modeling (SEM) by using Analysis of Moment Structure (AMOS) of version 4.00 Research description showed that for leadership style data for category of very high 17.81% high 17.49% middle 23.97% and low 21.23% and very low 18.49%. Data description about organizational culture for category of very high 21.92% high 25.34% middle 23.97% low 15.07% and very low 13.70%. Data description about organizational commitment for category of very high 10.96% high 22.60% middle 31.51% low 17.12% and very low 17.81%. Data description about lecturer performance for category of very high 30.14% high 41.10% middle 11.64% low 8.22% and very low 8.90%. The SEM analysis results showed that leadership styles have good positive significant relation directly or indirectly with organizational culture achievement motivation organizational commitment and lecturer performance. So all hypothesis in the research can be accepted and proven its truth The results able to confirm the previous theories or findings about relation between leadership style organizational culture achievement motivation and organizational commitment with the lecturers performance. Structural analysis also revealed that the model is appropriate with the structural model under test. Furthermore the results support previous theories and researches. From the results it is suggested (1) for the leader of institute of higher education in making lecturer performance improvement program should consider the managerial skill and needs innovative strategy in creating healthy and dynamic organizational culture achievement motivation in the lecture realm high commitment to organization to create dynamic organization (2) for lecturers to improve continuously their capability by updating their owned knowledge and skill (3) for the boarding school management in making policy for the educational unit management in the boarding school should consider the leadership style organizational culture achievement motivation and organizational commitment to reach organizational member performance especially for the instructors staff (4) for the Kopertis and Kopertais they should make policy for improving institute of higher education quality under their management by conducting performance based development and achievement improvement organizationally and institutionally or individually for the lecturer (5) to Depag (Department of Religious Affairs) it is suggested to make decision for improving the quality of boarding school should consider the organizational and individual aspects of the involved persons in the organization and (6) for the educational management researcher it is suggested to conduct similar research by using other variable or research with different approach that is qualitative

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63798

Actions (login required)

View Item View Item